INTEGRASI NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/MI KURIKULUM 2013

Latifah Nuraini

Abstract


Pendidikan memiliki peran penting dalam pembangunan suatu bangsa. Pendidikan harus mampu mengakomodasi kebutuhan insan pembelajar agar mempunyai kesiapan dalam menghadapi perubahan zaman. Pendidikan harus lebih reaktif dan antisipatif terhadap nilai budaya dan karakter bangsa yang mulai tergerus oleh perkembangan zaman. Penanaman nilai-nilai kearifan lokal pada proses pembelajaran di sekolah khususnya dalam pembelajaran matematika, dianggap dapat membendung degradasi moral dan tetap mewujudkan manusia Indonesia yang berkarakter dan berdaya saing tinggi. Integrasi nilai-nilai kebudayaan juga sesuai dengan kurikulum saat ini, khususnya pada pembelajaran tematik SD/MI, dan diwujudkan dalam buku siswa tematik Kurikulum 2013. Tujuan dari kajian literatur pada artikel ini adalah mengkaji, menganalisa, dan mendeskripsikan bagaimana nilai-nilai kearifan lokal dapat diintegrasikan dalam pembelajaran untuk mencapai pembelajaran bermakna dan menghasilkan manusia yang bermoral, berkarakter, dan berbudaya.


Keywords


Kurikulum 2013, Integrasi, Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

References


Andhi. T.th. Teori Belajar Kognitif Jerome S. Bruner, https://www.academia.edu/13973326/Teori_Belajar_Kognitif_Jerome_S._Bruner Diakses pada 28 Oktober 2018 pukul 06.06.

Dazrullisa. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Minat Belajar Siswa”, Genta Mulia, Volume IX No. 2, Juli 2018.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah Jakarta: Depdiknas..

Surahmi, E. 2016. “Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Matematika SD sebagai Bentuk Interaksi Sosial Siswa”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Madura, Pamekasan 28 Mei 2016.

Ibrahim dan Suparni. 2008. Strategi Pembelajaran Matematika, Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga.

Kemendikbud. 2013. Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Buku Siswa

Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kemdikbud.

Masniladevi dan Helsa, Y. 2015. “Kearifan Lokal Minangkabau sebagai Sumber Belajar Matematika dalam Pendidikan Dasar”, Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2013. Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah, Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013.

Misnasanti, C. Ad Dien, dan Astuti, A.D. 2016. “Internalisasi Nilai Kearifan Lokal pada Pembelajaran Matematika di Era Post-Modern”, Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan.

Hamalik, O. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.

Umbara, U. 2015. “Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Budaya Masyarakat dalam Pembelajaran Matematika Realistik”, Kumpulan Makalah Seminar ACER-N Universitas Pasundan, Volume 1, 2015.

Tisngati, U. 2015. “Pembelajaran Matematika Berbasis Kearifan Lokal Menggunakan Model AKIK”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: jpm@iainkudus.ac.id

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186