Analisis Validitas Isi Butir Soal sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Berbasis Nilai-Nilai Islam

Budi Utomo

Abstract


Soal merupakan salah satu instrumen yang digunakan untuk mengukur keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Soal yang akan dijadikan sebagai alat evaluasi harus memenuhi ciri-ciri soal/tes yang baik diantaranya adalah soal tersebut harus valid. Salah satu cara untuk mengetaui valid atau tidaknya soal yang digunakan perlu diadakan analisis terhadap soal tersebut, salah satunya dengan analisis validitas isi soal terkait. Selama ini di beberapa sekolah atau madrasah, khususnya di MA NU TBS Kudus dalam pembuatan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) ataupun Penilain Akhir Semester (PAS) khususnya Matematika, belum pernah dianalisis isi soalnya terkait dengan kesesuaian antara tiap butir soal dengan silabus yang ada pada kurikulum 13 saat ini atau dengan kata lain analisis validitas isi terhadap butir-butir soal tersebut. Mengingat urgensi dari soal sebagai alat untuk mengukur keberhasilan pembelajaran, sangat penting untuk diadakan penelitian tentang analisis butir soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas isi dari butir soal PTS Mata Pelajaran Matematika Wajib XI MA NU TBS Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019 sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran berbasis nilai-nilai islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dikarenakan penelitian ini tidak menggunakan data dalam bentuk angka dan akan mendeskripsikan validitas isi dari soal Penilaian Tengah Semester Gasal mata pelajaran Matematika wajib kelas XI MA NU TBS Kudus tahun pelajaran 2018/2019.Berdasarkan hasil analisis rasional validitas isi yang membandingkan antara soal dengan silabus /kurikulum disimpulkan bahwa validitas isi satu paket soal yang dibuat oleh guru mapel Matematika Wajib kelas XI sudah terpenuhi. Namun dalam penulisan soal masih perlu ketelitian, karena masih ada soal yang tidak ada jawaban dipilihan yang ditawarkan, yaitu soal no.4, disamping itu juga perlu kecermatan dalam menuliskan simbol-simbol, arsiran yang terdapat dalam soal PTS, yaitu nomor 11, 20, 22 dan 25, dan kesesuaian bahasa atau kalimat yang digunakan dalam soal tersebut kurang baik, yaitu pada nomor 7, 8, 14, 21, 22, 23 dan 25.

Keywords


validitas isi, butir-butir soal, PTS

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Penelitian.Jakarta : PT. Bumi Aksara

Azwar, Saifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Brown, H. Douglas. 2004. Language Assessment. Principles and Classroom Practices. San Fransisco : Pearson Education, Inc.

Haris, David P. 1969. Testing English as a Second Language. New York: McGraw-Hill Book Company

Khairiyyah, Masyrifatul, dkk. 2012. Validitas Isi dan Ketepatan Konstruksi Butir TesSoal Ujian Nasional Bahasa Indonesia SMA/MA Tahun Pelajaran 2011/2012. Malang: Jurnal Online Malang.

Lexy J, Maleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja, Rosadakarya

Oribhabor, C.B & Emafo, O.D. 2016. Determining the Reliability and Content Validity of the Mathematic Tests Constructed by Senior Secondary School Mathematic Teachers in Edo State, Nigeria. African Journal of Education , Science and Technology, April. Vol 3. No.2

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika SMA/MA/SMK/MAK

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sudjana, Nana. 2013. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : SInar Baru Algensindo.

Surapranata, Sumarna. 2005. Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Zahro, Erlina A. 2012. Analisis Soal Ulangan Semester I kelas X SMA N Banyumas Pelajaran Matematika Tahun Pelajran 2011/2012. Skripsi. Tidak Diterbitkan. IAIN Walisongo Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v1i2.4868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: [email protected]

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186