PENGARUH PEMBELAJARAN 5 HARI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 BAE KUDUS

Sugi hardjo

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran 5 hari sekolah terhadap prestasi belajar matematika peserta didik dan (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran 5 hari sekolah terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian dilaksanakan pada semsester ganjil tahun pelajaran 2018/2019, dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Bae Kudus, dengan cacah sampel 137 peserta didik. Analisis data menggunakan uji t–test beda rerata untuk data berpasangan, dengan taraf signifikansi α = 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh pembelajaran 5 hari sekolah terhadap prestasi belajar matematika peserta didik, hal ini ditunjukkan dengan nilai thit = –17,429 dan DK = {t| t < –1,656 atau t > 1,656 }, ternyata thit ∈ DK sehingga H0 ditolak. (2) Hasil perhitungan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,111 artinya besarnya pengaruh 5 hari sekolah terhadap prestasi belajar matematika sebesar 11,1%, dan diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,334 dengan interpretasi korelasinya berkategori lemah, artinya pembelajaran 5 hari sekolah bukan satu – satunya faktor yang menentukan prestasi belajar matematika peserta didik melainkan adanya faktor – faktor lain yang tidak ada di dalam penelitian ini.

Keywords


5 Hari Sekolah, Prestasi Belajar, Prestasi Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Budiyono. 2009. Statistik Untuk Penelitian Edisi ke 2. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Dina Melan Sari. 2018. Pengaruh Full Day School terhadap Prestasi Belajar Siswa. Bandar Lampung: Skripsi FISIP Universitas Lampung (Unpublished).

Hasan. 2006. Full Day School (Model Alternatif Pembelajaran Bahasa Asing). www.ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/tadris/article/view/194/15.

Holm. 2014. Parental Perspectives On Danish Full-Day Schools For Ethnicminority Students. International Journal About Parents In Education 2014, Vol 8 No 1 26 – 33

Nurul Fauziyatul Iffa. 2018. Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Prestasi Belajar PAI Siswa Di MI YPPI 1945 Babat Lamongan. Surabaya: Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya. (Unpublished)

Poerwadarminta. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka Slameto 2010

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Triyono. 2018. Menelisik Persepsi Civitas Akademik terhadap Pelaksanaan 5 Days School Bagi SMA Sederajat di Jawa Tengah Tinjauan Psikologis dan Akademis (Studi di SMA Negeri 1 Bae Kudus). Semarang: Lapaoran Hasil PKM Penelitian UNNES. (Unpublished)

Yudefrizal. 2017. Dampak Sistem Full Day School terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. (Unpublished)

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed. Methods). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: [email protected]

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186