BERPIKIR REFLEKTIF DALAM PEMECAHAN MASALAH PECAHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL TINGGI DAN GENDER
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Arends, Richarrd. (2008). Learning to Teach, Buku I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Budiyono. (2009). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Choy, C.S & Oo, P.S. (2012). Reflective Thinking And Teaching Practices: A Precursor For Incorporating Critical Thinking Into The Classroom?. International Journal of Instruction, vol. 5, no. 1, hal. 1308-1470.
Dindyal. (2005). Emphasis on Problem Solving in Mathematics Texbooks from Two Different Reform Movement. Johor baru malaysia: the mathematics educational into the 21st century project university teknologi malaysia, reform, revolution and paradigm shifts in mathematics education, johor baru, malaysia, nov 25th-dec 1st 2005.
Erman Suherman. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: IMSTEP-JICA.
Gurol, A. (2011). Determining the reflective thinking skills of pre-service teachers in learning and teaching process. Energy Education Science and Technology Part B: Social and Educational Studies 2011, vol. 3, no. 3, hal. 387-402.
H. B. Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Kedua. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Hepsi Nindiasari, Yaya Kusuma, Utari Sumarmo, dan Jozua Sabandar. (2014). Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, vol. 1, no. 1, hal. 80-90.
Hery Suharna. (2012). Berpikir Reflektif (Reflective Thinking) Siswa SD Berkemampuan Matematika Tinggi dalam Pemahaman Masalah Pecahan. 385-386. Universitas Khairun Ternate Press, Ternate.
Hmelo, D., & Ferrari, M. (1997). The problem-based learning tutorial: Cultivating higher order thinking skills. Journal for the Education of the Gifted, 20 (4), 401-422.
Jozua Sabandar. (2010). Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. Tersedia pada: file. upi. Edu / ai. Php ? dir…% 20 MATEMATIKA/…Berpikir%20Reflektif2. Diakses tanggal 15 April 2014.
Mahasneh, A. M. (2013). The relationship between Reflective Thinking and Learning Styles among Sample of Jordanian University Students. Journal of Education and Practice. vol. 4, no. 21, hal. 50-55.
Moleong, Lexy J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Moss, J. (2010). A Partnership in Induction and Mentoring: Noticing How we Improve Our Practice. Australian Journal of Teacher Education, vol. 35, issue. 7, hal. 43-53.
Muhammad Irfan. (2013). Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Math Anxiety dan Gender. Surakarta: Tesis PPs UNS. Tidak diterbitkan.
Pentatito G. (2008). Efektivitas Pendekatan Realistik dalam Menyelesaikan Soal Cerita dan Sikap terhadap Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Purworejo Kabupaten Purworejo. Surakarta: Tesis PPs UNS. Tidak diterbitkan.
Santrock, J. W. (2010). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.
Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.
Song, H.D., Koszalka, T. A., & Grabowski, B. L. (2005). Learners' Perceptions of Design Factors Found in Problem-Based Learning (PBL) that Suport Reflective Thinking. Educational Resources Information Center. Vol 1, no. 2, hal. 217.
Sugiono. (2007). Statistika untuk Penelitian, Cetakan Keduabelas. Bandung: Alfabeta
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suparno P. (2010). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Syamsul Yusuf. (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4455
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial and Administration Office:
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322
Email: [email protected]