Analisis Validitas Isi Butir Soal PTS mapel Matematika Wajib kelas XI MA NU TBS Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Dalam kurikulum 13 ada istilah yang baru dalam mengukur kemampuan para peserta didik di tengah semester dengan sebutan PTS (Penilaian Tengah Semestar) yang pada kurikulum sebelumnya disebut UTS. Pembuatan soal PTS ini dilaksanakan oleh guru mapel masing-masing. Soal yang telah dibuat sebagai salah satu alat untuk mengevaluasi terhadap pembelajaran di kelas, tentunya harus sesuai dengan silabus yang ada pada kurikulum saat ini. Selama ini di MA NU TBS dalam pembuatan soal PTS khususnya Matematika, belum pernah dianalisis isi soalnya terkait dengan kesesuaian antara tiap butir soal dengan silabus yang ada pada kurikulum 13 saat ini atau dengan kata lain analisis validitas isi terhadap butir-butir soal tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk diadakan penelitian tentang analisis butir soal PTS tersebut.
Dari hasil penelitian terhadap satu paket soal yang dibuat oleh guru mapel Matematika Wajib kelas XI diperoleh bahwa secara umum tiap soal yang ada sudah sesuai dengan silabus yang ada pada kurikulum 13. Namun dalam penulisan soal masih perlu ketelitian, karena masih ada beberapa soal yang tidak ada jawaban di obtionnya, disamping itu juga perlu kecermatan dalam menuliskan simbol-simbol yang terdapat dalam soal PTS tersebut dan kesesuaian bahasa atau kalimat yang digunakan dalam soal tersebut.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Penelitian. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Brown, H. Douglas. 2004. Language Assessment. Principles and Classroom Practices. San Fransisco : Pearson Education, Inc.
Haris, David P. 1969. Testing English as a Second Language. New York: McGraw-Hill Book Company
https://www.matematrick.com/2016/06/silabus-matematika-wajib-dan-peminatan_28.html
Suprananto, Kusaen. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v1i2.4150
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Editorial and Administration Office:
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322
Email: [email protected]