Developing LEGAMAT on Geometric Distribution: A Teaching Tools for Understanding Mathematics Concept

Desi Cahyaningsih, Alya Khairunnisa, Azzahra Indah Safitri, Nur Kholifah, Resti Jumrotin, Rondiah Novi Rani, Ratu Ilma Indra Putri, Novita Sari, Yovika Sukma

Abstract


The traditional approach to teaching geometric distributions, which focuses on proving theorems, makes it difficult for students to apply the concept in everyday life. Moreover, the content delivered by the teacher is challenging for students to understand.  Therefore, developing learning media to increase student interest and understanding of the concept was necessary. In response to these challenges, the researchers developed 'Lempar Gelang Matematika (LEGAMAT)', a set of teaching tools for geometric distributions, accompanied by a student worksheet. Consequently, this study aimed to produce valid and practical teaching tools. This study employed a design research method with two stages: the preliminary stage (preparation and design stage of teaching tools and Student Worksheet) and the formative evaluation stage (evaluation and revision stage). The participants of this research were nine pre-service teachers. The data were collected by walkthrough, observation, and interview. The collected data was analyzed qualitatively. Based on the results of expert judgments and trials at the one-to-one stage, it was found that the set of LEGAMAT teaching tools was valid in media appearance aspects, easiness aspects, aesthetic aspects, and usage requirements aspects. It is practical to be used by students based on the observation in the small group stage. The researchers suggested that further studies continue until the field test stage to determine the effectiveness of the teaching tools. Additionally, they recommended developing other teaching tools related to geometric distribution topics.

 

Proses pembelajaran distribusi geometri, yang biasanya terbatas pada pembuktian teorema, membuat siswa sulit ketika konsep tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, materi yang disampaikan oleh guru sulit untuk dipahami oleh siswa. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan media pembelajaran untuk menambah minat belajar serta membantu siswa memahami materi pembelajaran tersebut. Berdasarkan hal tersebut, peneliti mengembangkan media pembelajaran berupa Alat Peraga yaitu Lempar Gelang Matematika (LEGAMAT) dengan Lembar Kerja Peserta Didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan alat peraga yang valid dan praktis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Design Research tipe Development Study yang terdiri dari dua tahap yaitu tahap pendahuluan (tahap persiapan dan perancangan alat peraga dan Lembar Kerja Peserta Didik) dan tahap evaluasi formatif (tahap evaluasi dan revisi). Adapun subjek dari penelitian ini adalah 9 orang mahasiswa calon guru. Pengumpulan data dilakukan dengan cara walkthrough, observasi, dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil expert judgement dan uji coba tahap one-to-one diperoleh hasil bahwa seperangkat ajar LEGAMAT valid baik isi, konstruk, dan bahasa. Seperangkat alat ini praktis digunakan oleh mahasiswa calon guru berdasarkan observasi pada tahap kelompok kecil. Peneliti menyarankan agar peneliti selanjutnya melanjutkan penelitian hingga tahap field test, sehingga dapat mengetahui keefektifan perangkat pengajaran dalam proses pembelajaran. Peneliti juga menyarankan untuk mengembangkan perangkat pengajaran lain yang berkaitan dengan topik sebaran geometri.


Keywords


Design Research; Geometric distribution; LEGAMAT; Teaching Tools

Full Text:

PDF

References


Abbas, B., Halimah, A., Nursalam, N., & Mattolian, L. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 97–110.

Aisyanah, N., & Kurniasari, Z. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Strategi Alat Peraga Puzzle Dadu terhadap Minat Belajar dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Materi Peluang SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 3(1), 33–44.

Akker, V. den. (1999). Principles and Methods of Development Research. In Design Approaches and Tools in Education and Training (pp. 1–14). Kluwer Academic Publishers.

Arum, N. M., Masfuah, S., & Khamdun. (2020). Permainan Lempar Gelang Menggunakan Model Stad Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 1–10.

Asmara, A., & Sari, D. J. (2021). Pengembangan soal aritmetika sosial berbasis literasi matematis siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2950–2961.

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Binangun, H. H., & Hakim, A. R. (2016). Pengaruh penggunaan alat peraga jam sudut terhadap hasil belajar matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 204–214.

Borovcnik, M., & Kapadia, R. (2021). Research and Developments in Probability Education. International Electronic Journal of Mathematics Education, 4(3), 111–130. https://doi.org/10.29333/iejme/233

Desmawati, A., Respatiwulan, & Sari, D. R. (2017). Proses Percabangan Pada Distribusi Geometrik. In Universitas Sebelas Maret.

Ekayani, N. L. P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.

Febrilia, B. R. A. (2017). Pembelajaran distribusi Poisson dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Jurnal Didaktik Matematika, 4(1), 1–14.

Munawar, M., La Fua, J., Kadir, A., & Halmuniari, H. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Alat Peraga Terhadap Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 1 Watopute. KULIDAWA, 1(1), 6–10.

Nasaruddin, N. (2018). Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 3(2), 21–30.

Noto, M. S., Tonah, & Wahyuni, I. (2017). Pendekatan Metakognisi Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Semester IV Mata Kuliah Statistika Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 30–40.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.

Plomp, Tjeerd. (2007). Educational Design Research: an Introduction to Educational Design Research. In T Plomp & N. Nieveen (Eds.), An Introduction to Educational Design Research (pp. 9–35). SLO, Netherlands institute for curriculum development.

Rusmawati, R. (2017). Penggunaan Alat Peraga Langsung Pada Pembelajaran Matematika Dengan Materi Pecahan Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Suara Guru, 3(2), 307–314.

Saputra, R., Thalia, S., & Gustiningsi. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer dengan Adobe Flash Pro CS6 Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 67–80. https://doi.org/10.22342/jpm.14.1.6794.67-80

Sastri, L. Y., Musdi, E., & Hardeli, -. (2018). Validity of React Model Based Learning Devices to Improve Mathematical Communication Ability. 285(Icm2e), 109–113. https://doi.org/10.2991/icm2e-18.2018.25

Sudarno, S., & Mukid, M. A. (2016). Pemodelan Grafik Pengendali Total dan Rataan Diskrit untuk Generalisasi Distribusi Geometrik. Media Statistika, 9(1), 63–73.

Suryana, A., & Seruni, S. (2019). Advanced Mathematical Thinking dalam Pembelajaran Matematika Tingkat Lanjut. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 15. https://doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5194

Telaumbanua, Y. (2020). Efektifitas penggunaan alat peraga pada pembelajaran matematika pada sekolah dasar pokok bahasan pecahan. Warta Dharmawangsa, 14(4), 709–722.

Umarella, S., Saimima, M. S., & Hussein, S. (2018). Urgensi Media dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Al-Iltizam, 3(2), 234–241.

Yuzan, S., Yanuar, F., & Devianto, D. (2019). Pendugaan Parameter dari Distribusi Geometrik dengan Metode Bayes. Jurnal Matematika UNAND, 8(3), 85–92.

Zulkardi, Z. (2006). Formative evaluation: what, why, when, and how.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpmk.v7i1.26085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: jpm@iainkudus.ac.id

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186