Does E-Worksheet Based on Tri-N Principles Give Support to Improve Students' Ability to Think Critically and Creatively?

Dyah Ayu Retno Budi Latifah, Sri Adi Widodo, Istiqomah Istiqomah, Krisna Satrio Perbowo

Abstract


The rationale of this study was students' critical and creative thinking skills in learning mathematics are still low. Many strategies to improve those abilities, one of the strategies is using e-worksheets. This research aims to explore the effect of e-worksheets based on Tri-N Principles give support to improve the creative and critical thinking ability of students in learning mathematics. Tri-N was chosen since one of Ki Hajar Dewantara's principles, including Niteni, Nirokke, and Nambahi. These principles have provided support to improve the creative and critical thinking ability of students in learning. An experimental method with a posttest-only design type was used in this research. The random cluster was used to take a research sample of 52 students from the Junior High School of Pembangunan Piyungan in two classes. The instrument used is a mathematical test in the form of a description which aims to measure students' mathematical critical and creative thinking abilities. The hypothesis test uses multivariate analysis because this study has two dependent variables. The results revealed that the calculated F is  with a significance coefficient of .000. For this reason, it can be concluded that e-worksheets based on Tri-N principles improve critical and creative thinking skills. So, e-worksheets based on Tri-N principles can be used as an alternative to improve the creative and critical thinking ability of students in learning mathematics.

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa masih belum optimal. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan dua kemampuan tersebut, diantaranya menggunakan e-worksheet pada pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh e-worksheet berbasis Tri N terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada pembelajaran matematika. Dipilihnya Tri-N karena salah satu ajaran Ki Hajar Dewantara ini yang dapat menuntun siswa untuk memiliki kemampuan berpikir kritis, kreatif, inovatif dan pemahaman konsep melalui kegiatan Niteni, Nirokke, Nambahi. Metode eksperimen dengan tipe posttest only design digunakan pada penelitian ini. Random cluster digunakan untuk mengambil sampel penelitian dengan ukuran 52 siswa SMP Pembangunan Piyungan yang tergabung dalam dua kelas. Instrumen yang digunakan adalah tes matematika berbentuk uraian yang bertujuan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa. Uji hipotesis menggunakan analisis multivariat karena penelitian ini memiliki dua variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa F hitung sebesar  dengan koefisien signifikansi sebesar . Untuk itu dapat disimpulkan bahwa e-worksheet berbasis Tri-N meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif daripada bahan ajar e-worksheet biasa. Berkaitan dengan ini bahan ajar e-worksheet berbasis Tri-N dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematis siswa SMP.


Keywords


Critical Thinking Skills; Creative Thinking Skills; E-Worksheet; Tri-N

Full Text:

PDF

References


Agnafia, D. N. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran biologi. Florea: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 6(1), 45–53. https://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369

Agustina, I., Mulyono, R., & Mulyanto, M. (2024). Ajaran Tamansiswa pada lembaga pendidikan sebagai bidang garap manajemen pendidikan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 109–121. https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.12362

Aini, S. N., Pramasdyahsari, A. S., & Setyawati, R. D. (2023). Pengembangan Instrumen Tes Berpikir Kritis Matematis Berbasis PjBL STEM Menggunakan Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 07(2), 2118–2126.

Almuharomah, F. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Pengembangan modul fisika STEM terintegrasi kearifan lokal “beduk” untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 1. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5630

Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94–99. https://doi.org/10.29303/jpm.v13.i2.468

Angraini, L. M., Arcat, A., & Sohibun, S. (2022). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Computational Thinking Matematis Mahasiswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 370. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.6937

Aripin, U., & Purwasih, R. (2017). Penerapan pembelajaran berbasis alternative solutions worksheet untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 225–233. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.989

Aziza, R., Widodo, S. A., & Agustito, D. (2019). Efektivitas Think Pair Share dengan Komik Ditinjau dari Kemampuan Memecahkan Masalah Matematis. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 261. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.858

Budiyono. (2015a). Statistika Untuk Penelitian. UNS Press.

Budiyono, B. (2015b). Pengantar metode statistika multivariat. Surakarta: UNS Press.

Creswell, J. W. (2012). EducationalResearch, PearsonEducation. Inc., Boston, MA.

Dalilan, R., & Sofyan, D. (2022). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP ditinjau dari Self Confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 141–150. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i1.1585

Damayanti, S., & Rochmiyati, S. (2019). Telaah Penerapan Tri-N (Niteni, Nirokke, Nambahi) Pada Buku Bahasa Indonesia Kelas Ix Smp. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 388–397. https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.174

Demir, S. (2022). Comparison of normality tests in terms of sample sizes under different skewness and Kurtosis coefficients. International Journal of Assessment Tools in Education, 9(2), 397–409. https://doi.org/10.21449/ijate.1101295

Dewi, I. N., Akbar, P., & Afrilianto, M. (2019). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan disposisi matematis siswa SMP melalui pendekatan kontekstual. Journal on Education, 1(2), 279–287. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.65

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 433–441.

Fernando, T. J., Darvina, Y., Sari, S. Y., Dwiridal, L., & Rahim, F. R. (2021). The Effect of Hots-Oriented Worksheets with Barcode Assistance in Online Learning on Critical Thinking and Creatives of Students of Class XI SMAN 1 HARAU. Pillar of Physics Education, 14(1), 15–24. https://doi.org/10.24036/10679171074

Firanti, A., & Paidi, P. (2016). Pengembangan Lkpd Pembelajaran Biologi Berbasis Masalah Dan Keefektifannya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Reflektif. Integrated Lab Journal, 4(2), 259–268. https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/integratedlab/article/view/1141

Fitriani, A., Baharullah, B., & Husniati, A. (2022). Pengaruh Pendekatan Problem Solving Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Higher Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. PEDAGOGIKA, 135–149. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v13i2.1465

Hasibuan, N. H., Gusmania, Y., & Rahman, S. (2022). Efektivitas Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Kodular untuk Kemampuan Pemahaman Literasi Matematika Siswa SDS Edustar. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(2), 501–510. https://doi.org/10.30606/absis.v4i2.1218

Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya Kemampuan Berbahasa dan Bernalar terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517–8528. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3650

Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425.

Ichsan, I., Subroto, D. E., Dewi, R. A. P. K., Ulimaz, A., & Arief, I. (2023). The Effect of Student Worksheet With Creative Problem Solving Based On Students Problem Solving Ability. Journal on Education, 5(4), 11583–11591. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2108

Ilaboya, I. R., Iyeke, S. D., & Abulu, E. I. (2021). Multivariate Analysis of Vehicular Emissions in Parts of Benin City, Edo State, Nigeria. Journal of Applied Sciences and Environmental Management, 25(4), 649–654. https://doi.org/10.4314/jasem.v25i4.26

Indaryati, I., & Jailani, J. (2015). Pengembangan Media Komik Pembelajaran Matematika Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Developing Comic Media for the Teaching of Mathematics To Enchance the Motivation and Mathematics Learning Outcomes Grade V. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 84–96.

Indriani, F. F., & Sakti, N. C. (2022). Pengembangan e-LKPD Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPS SMA. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(1), 65–77. https://doi.org/10.18592/ptk.v8i1.6414

Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh project based learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21. https://doi.org/10.17977/um052v7i1p9-21

Islamiyati, T., Mustakim, U. S., Widyaningrum, I., Kamali, A. S., & Asyura, I. (2023). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Alternative Solutions Worksheet Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik. Metakognisi, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.57121/meta.v5i1.52

Ismail, R. N., Arnawa, I. M., & Yerizon, Y. (2020). Student worksheet usage effectiveness based on realistics mathematics educations toward mathematical communication ability of junior high school student. Journal of Physics: Conference Series, 1554(1), 012044. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012044

Ismiyanti, Y. (2020). The Effect of Bamboo Dance Learning Model on Interest and Learning Achievement of Social Sciences Class III SDN 2 Temulus. ICIC 2020: Proceedings of the 1st International Conference on Islamic Civilization, ICIC 2020, 27th August 2020, Semarang, Indonesia, 279. https://doi.org/10.4108/eai.27-8-2020.2303201

Istiqomah, N., Arigiyati, T. A., Wijayanti, A., & Widodo, S. A. (2021). Validitas E–LKPD matematika berbasis tri n pada pokok bahasan bentuk aljabar. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2), 113–120.

Julian, R., & Suparman, S. (2020). Analisis kebutuhan E-LKPD Untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah. Science, Technology, Engineering, Economics, Education, and Mathematics, 1(1).

Jumiati, Y. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(1), 11–18. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p11-18

Kim, Y. J., & Cribbie, R. A. (2018). ANOVA and the variance homogeneity assumption: Exploring a better gatekeeper. British Journal of Mathematical and Statistical Psychology, 71(1), 1–12. https://doi.org/10.1111/bmsp.12103

Le Boedec, K. (2016). Sensitivity and specificity of normality tests and consequences on reference interval accuracy at small sample size: a computer‐simulation study. Veterinary Clinical Pathology, 45(4), 648–656. https://doi.org/10.1111/vcp.12390

Lena, N. M. S. (2017). Media Pembelajaran Matematika Berbasis. 1(May), 258–265.

Lestari, D. I., Supriyono, S., & Sugiharti, E. (2014). Keefektifan Pembelajaran MEA Berbantuan Lembar Kegiatan Peserta Didik terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. UNNES Journal of Mathematics Education, 3(1).

Lidia, W., Hairunisya, N., & Sukwatus Sujai, I. (2018). Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 3(2), 81–87. https://doi.org/10.17977/um022v3i22018p081

Maharani, I. N., Kunci, K., Bahan, :, Matematika, A., Konsep, P., & Bilanga, O. (2017). Model Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–10.

Mahendrawan, E., Solihat, I., & Yanuarti, M. (2022). Efektivitas Penggunaan LKS Problem Based Learning (PBL) Materi Aritmatika Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 338–347. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1119

Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas penerapan model pembelajaran flipped classroom pada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Educational Technologia, 1(2). https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/9147

Marwany, M., Nirmala, B., & Muslim, S. (2023). The Concept of Independent Learning to Stimulate Creativity of Early Children: A Study of Ki Hajar Dewantara’s Philosophy. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1489–1496. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.1496

Mayarni, M., & Yulianti, Y. (2020). Hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi ekologi. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 39–45. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.39-45

Milati, A., Matematika, J. P., Ilmu, F., Dan, T., & Hidayatullah, U. I. N. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik. 1(1), 43–52.

Muharni, L. P. J., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK Menggunakan Peta Wilayah Untuk Menfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 148–163. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.395

Mulyasari, D. W. (2023). Pengambangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar di Banyuwangi. UNS (Sebelas Maret University).

Munika, R. D., Marsitin, R., & Sesanti, N. R. (2021). E-LKPD Berbasis Problem Based Learning Disertai Kuis Interaktif Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Tadris Matematika, 4(2), 201–214. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.2.201-214

Mutia, A. D. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TALEGONG KABUPATEN GARUT. FKIP UNPAS.

Mutia, N. B., & Prasetyo, Z. K. (2018). The effectiveness of students’ worksheet based on multiple representations to increase creative thinking skills. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(4), 631–637. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i4.8487

Ningrum, N. K., Setiati, N., & Subali, B. (2022). Development of Comic-based Worksheet to Improve Learning Motivation and Critical Thinking. Indonesian Journal of Science and Education, 6(2), 6–17.

Nisa, A. F., Prasetyo, Z. K., & Istiningsih, I. (2019). Tri N (Niteni, Niroake, Nambahake) Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. El Midad, 11(2), 101–116. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1897

Nisa, A. H., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 14–25.

Nordstokke, D. W., Zumbo, B. D., Cairns, S. L., & Saklofske, D. H. (2019). The operating characteristics of the nonparametric Levene test for equal variances with assessment and evaluation data. Practical Assessment, Research, and Evaluation, 16(1), 5. https://doi.org/10.7275/5t99-zv93

Novitasari, N., Febriyanti, R., & Wulandari, I. A. (2022). Efektivitas LKS berbasis etnomatematika dengan pendekatan STEM terhadap kemampuan berpikir kritis. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 57–66.

Nurhikmayati, I. (2019). Efektivitas bahan ajar berbasis saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Theorems, 3(2), 26–35.

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1308–1314. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i10.10062

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10490

Permaganti, B., & Zanthy, L. S. (2023). Studi Analisis: Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2), 651–660. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.13890

Priyadi, R., Mustajab, A., Zaky Tatsar, M., & Kusairi, S. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMA kelas X MIPA dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 6(1). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/10020

Purnama, A., & Suparman, S. (2020). Studi Pendahuluan: E-LKPD Berbasis PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Peserta Didik. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 131. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i1.8169

Purwaningsih, E., Usdiana, E. N., Yuliati, L., Kurniawan, B. R., & Zahiri, M. A. (2021). Improvement of students’ creative thinking skills in optical subject with STEM worksheets. AIP Conference Proceedings, 2330(1). https://doi.org/10.1063/5.0043259

Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis Pendekatan Investigasi terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 86–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.456

Rahayu, E. L., Akbar, P., & Afrilianto, M. (2019). Pengaruh metode mind mapping terhadap strategi thinking aloud pair problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis. Journal on Education, 1(2), 271–278. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.64

Rahmadansah, R., Haryanto, H., Sanova, A., Asrial, A., Yusnidar, Y., & Raidil, M. (2022). Pengaruh model pembelajaran TAI berbantuan e-LKPD interaktif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi asam basa. Jurnal Zarah, 10(1), 38–46.

Rani Rahim, Rizka Fahruza siregar, Rini Ramadhani, & Yuan Anisa. (2022). Implementasi Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Komik untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa di SD Amalyatul Huda. Jurnal Abdidas, 3(3), 519–524.

Razali, N. M., & Wah, Y. B. (2011). Power comparisons of Shapiro-Wilk , Kolmogorov-Smirnov , Lilliefors and Anderson-Darling Tests. Journal of Statistical MOdeling and Analytics, 2(1), 21–33.

Rismayanti, T. A., Anriani, N., & Sukirwan, S. (2022). Pengembangan E-Modul Berbantu Kodular pada Smartphone untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 859–873. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1286

Riyati, I., & Suparman, S. (2019). Design student worksheets based on problem-learning to enhance mathematical communication. Asian Journal of Assessment in Teaching and Learning, 9(2), 9–17. https://ojs.upsi.edu.my/index.php/AJATeL/article/view/2013

Rochmiyati, S., & Putro, D. B. W. (2020). Penerapan Tri-N Pada Buku Siswa Bahasa Indonesia VIII Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbahasa. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(1), 48–55.

Samura, A. ode. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Journal of Mathematics and Science, 5(1), 20–28.

Saputra, H. (2020). Kemampuan Berfikir Kritis Matematis. Perpustakaan IAI Agus Salim Metro Lampung, 2(April), 1–7.

Sariningsih, R., & Kadarisma, G. (2016). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa SMP melalui pendekatan saintifik berbasis etnomatematika. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 3(1), 53–56. https://doi.org/10.22460/p2m.v3i1p53-56.478

Satwika, Y. W., Laksmiwati, H., & Khoirunnisa, R. N. (2018). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis mahasiswa. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik, 3(1), 7–12. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p7-12

Setianingsih, L., & Purwoko, R. Y. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 4(2), 143–156. https://doi.org/10.15642/jrpm.2019.4.2.143-156

Sibyan, A. L., Setyawan, D. N., Ernawati, T., & Ayuningtyas, A. D. (2019). Implementasi Ajaran Ki Hadjar Dewantara (Niteni, Nirokke, Nambahi) Dalam Lembar Kerja Peserta Didik. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(2), 198–206. https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.700

Siswono, T. Y. E. (2004). Identifikasi proses berpikir kreatif siswa dalam pengajuan masalah (problem posing) matematika berpandu dengan model wallas dan creative problem solving (CPS). Buletin Pendidikan Matematika, Vol 6(2), 1–16.

Siswono, T. Y. E. (2005). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pengajuan masalah. Pendidikan Matematika Dan Sains, 10(1), 1–15.

Siswono, T. Y. E. (2011). Level of student’s creative thinking in classroom mathematics. Educational Research and Review, 6(7), 548–553. http://www.academicjournals.org/ERR

Siswono, T. Y. E. (2016a). Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif sebagai Fokus Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 11–26.

Siswono, T. Y. E. (2016b). Proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan dan mengajukan masalah matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1). https://doi.org/10.17977/jip.v15i1.13

Sitorus, R. M., & Nazaruddin, I. (2021). Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Berpikir Kritis Siswa yang Diajar Menggunakan Pembelajaran Konvensional Dengan Kontekstual. FARABI: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 1–17. https://doi.org/10.47662/farabi.v4i1.78

Soeyono, Y. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA Developing Mathematics Teaching Materials Using Open-ended Approach to Improve Critical and Creative Thinking Skills of SMA. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 205–218.

Subakti, D. P., Marzal, J., & Hsb, M. H. E. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik budaya jambi menggunakan model Discovery Learning berbasis STEM untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1249–1264.

Sunarsih, S., Nisa, A. F., Mulyani, M., & Muhtar, M. (2023). Implementasi Ajaran Tri N Terintegrasi Model Problem-Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa Kelas 6 SD. JS: Jurnal Sekolah, 7(3), 446–454. https://doi.org/10.24114/js.v7i3.45418

Susilawati, S., & Zulfah, Z. (2020). Tahap Preliminary Research Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Kewirausahaan pada Materi SPLTV Kelas X SMA. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 55. https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.686

Sutanto, S., Arrifa, S. N., & Zulfiati, H. M. (2023). Application of the Tri-N-Based PBL Learning Model (Niteni, Nirokke, Nambahi) in Class V Elementary School Social Studies Learning. JURNAL PENDIDIKAN IPS, 13(1), 81–89.

Syahputri, D. N., Solikhin, F., & Nurhamidah, N. (2023). Pengembangan e-LKPD Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta Didik pada Materi Reaksi Redoks. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 67–74. https://doi.org/10.15294/jipk.v17i1.37598

Tinedi, V., Djamas, D., & Ratnawulan, R. (2015). Pengaruh LKS Berbasis Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kompetensi Siswa Kelas VIII SMP Adabiah Kota Padang. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, 5(1).

Ulandari, N., Putri, R., Ningsih, F., & Putra, A. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 227–237. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.99

Ulva, D. Y., & Fitri, A. (2022). Analisis Kebutuhan Modul Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP N 4 Batang. Journal of Nusantara Education, 2(1), 11–21.

Wahyuningtyas, D. A., Rohmanurmeta, F. M., & Widyastuti, S. (2023). Efektivitas model problem-based learning berbantu LKPD etnosains ponorogo terhadap kemampuan berpikir kritis IPA SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5050. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7522

Wati, W. K., & Sari, P. M. (2023). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 80–88. https://doi.org/10.33084/tunas.v8i2.5147

Widada, S. (2020). Ajaran Tri-N Ki Hajar Dewantoro berbantuan LKS terstruktur untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan …, 10(2), 15–22.

Widiatmoko, D. U. (2022). Konstruksi Profil Pelajar Pancasila Dan Dimensi Karakter Luhur Dalam Arus Utama Kurikulum Merdeka. Seminar Nasional Pendidikan, 1, 16–28.

Widodo, S. A., Wijayanti, A., Irfan, M., Pusporini, W., Mariah, S., & Rochmiyati, S. (2023). Effects of Worksheets on Problem-Solving Skills: Meta-Analytic Studies. International Journal of Educational Methodology, 9(1), 151–167. https://doi.org/10.12973/ijem.9.1.151

Wijayanti, N., Arigiyati, T. A., Aulia, F., & Widodo, S. A. (2021). Development of E-Worksheet on Linear Equations and Inequalities Topics Based on Tri-N. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), 245–260.

Wijayanto, Z. (2019). Implementation of 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) in Stimulating Critical Thinking Ability. Proceeding: Intercultural Collaboration Indonesia €“Malaysia" Implementation of Tamansiswa Philosophy", 146–157.

Wulansari, R., Rusnayati, H., Saepuzaman, D., Karim, S., & Feranie, S. A. (2019). The influence of scientific creativity and critical worksheets (SCCW) on creative thinking skills and critical scientific as well as students’ cognitive abilities on project-based learning work and energy concepts. Journal of Physics: Conference Series, 1280(5), 052039. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1280/5/052039

Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41–47.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpmk.v7i1.26054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: [email protected]

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186