Developing Android-Based Transformational Geometry E-Module Using Adobe Animate CC

Nanang Nabhar Fakhri Auliya, Ahmad Zulfikri

Abstract


This research aims to develop android-based Transformational Geometry e-module teaching material meeting the media eligibility criterion so that it can be implemented as teaching materials for the Transformational Geometry lecture. The research method is Research and Development referring to one of models or learning system design approaches namely the ADDIE model that has been developed by Raiser and Mollenda in the 1990s consisting five stages including analysis, design, development, implementation, and evaluation (feedback). The research subjects involved are two media experts, two teaching materials experts, and thirty 5th semester students of Mathematics Education, IAIN Kudus. The results show that the media experts obtain a total score of 159 with an average score of 79,5 and categorized as “proper”. Based on validation result, the teaching material experts obtain a total score of 166 with an average score of 83 and categorized as “very proper”.  Meanwhile, based on limited and large-scale trials, the total score is 434 with an average score of 86,8 having “very proper” category and 1941 with an average score of 77,64 having “proper” category. Thus, it can be concluded that the android-based Transformational Geometry e-module is suitable to be implemented in learning process in and outside the classroom.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-module Geometri Transformasi berbasis android yang memenuhi kriteria kelayakan media agar dapat diimplementasikan sebagai bahan ajar mata kuliah Geometri Transformasi. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah metode Research and Development yang mengacu pada salah satau model atau pendekatan desain sistem pembelajaran yaitu model ADDIE yang telah dikembangkan oleh Raiser & Mollenda pada tahun 1990-an, yang terdiri dari 5 (lima) tahap meliputi Analysis (analisis), Design (desain atau perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi atau eksekusi), Evaluation (evaluasi atau umpan balik). Subjek uji coba yang terlibat adalah dua orang ahli media, dua orang ahli materi, dan mahasiswa semester 5 program studi Tadris Matematika IAIN Kudus yang berjumlah 30 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahawa ahli media yaitu memperoleh jumlah skor 159 dengan skor rata-rata 79,5, yang termasuk pada kategori “Layak”. Hasil validasi ahli materi memperoleh jumlah skor 166 dengan skor rata-rata 83, yang termasuk pada kategori “Sangat Layak”. Sedangkan pada uji coba terbatas dan uji coba skala besar memperoleh jumlah skor keseluruhan sebesar 434 dengan rerata skor 86,8 dengan kategori “Sangat Layak” dan 1941 dengan rerata skor 77,64 dengan kategori “Layak”. Maka, hal tersebut dapat diambil keputusan bahwa e-module Geometri Transformasi berbasis android layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas maupun di luar kelas.


Keywords


ADDIE; Android; E-module; Transformational Geometry

Full Text:

PDF

References


Auliya, N. N. F. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Cs. 6 dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas X Materi Pokok Pertidaksamaan Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(1). http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4457

Charissudin, A., dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Animasi Menggunakan Aplikasi Swishmax. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education 3, no. 1: 13. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.1.7522

Gufran, G., & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(2). http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v4i2.1060

Irawati, A. E., & Setyadi, D. (2021). Pengembangan E-Modul Matematika pada Materi Perbandingan Berbasis Android. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3148-3159. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.467

Masyfuq, Y. (2017). Media Pembelajaran Pembuktian Pernyataan Perihal Himpunan dengan Diagram Venn Menggunakan Adobe Flash Profesional CS6, Jurnal Teknik Informatika, no. 3: 2.

Niam, M. Z. A., & Auliya, N. N. F. (2022). Pengembangan Aplikasi Math Mobile Learning “Smartline” Menggunakan Adobe Animate pada Materi Garis dan Sudut Di Tingkat SMP. ARITHMETIC: Academic Journal of Math, 4(2), 161-184. http://dx.doi.org/10.29240/ja.v4i2.5606

Ozdamli, F., Karabey, D., & Nizamoglu, B. (2013). The effect of technology supported collaborativelearning settings on behaviour of students towards Mathematics learning. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 83, 1063-1067. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.06.198

Prastowo, Andi. (2013). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press

Sari, D. P. (2018). Pengembangan Modul Kalkulus pada Materi Limit dengan Pendekatan Problem Based Learning Bernuansa Nilai-Nilai Keislaman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.6, No.1

Slameto. (2001). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Suarsana, I. M. (2013). Pengembangan e-modul berorientasi pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia). 2. 2.https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sunismi. (2015). Pengembangan E-Module Kalkulus I Sebagai Panduan Mahasiswa Untuk Mengoptimalkan Individual Learning. JPM (Jurnal Pendidikan Matematika). Vol 1 (2)

Suryadie. (2014). Pengembangan modul elektronik IPA terpadu tipe shared untuk siswa kelas VIII SMP/MTs. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Ula, I. R dan Fadila, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Learning Content Development System Pokok Bahasan pola Bilangan SMP. Desimal: Jurnal Matematika, Vol.1 https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2563

Wahyuni, F. T. (2018). Berpikir Reflektif dalam Pemecahan Masalah Pecahan Ditinjau dari Kemampuan Awal Tinggi dan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus). Vol.1, No.1 http://dx.doi.org/10.21043/jpm.v1i1.4455

Yulia, Irma. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis E-Modul dengan Model Discovery Learning Pada Pokok Bahasan Statistika. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Yusuf, A. S. (2019). Perancangan Media Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Computer Assisted Instruction Model Tutorial pada Topik Fotosintesis Menggunakan Adobe Animate CC untuk SMP. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 16, No. 1, pp. 42-48).

Zahroh, A., Abidin, Z., & Nursit, I. (2019). Pengembangan E-Module Matematika Interaktif Berbasis Adobe Animate CC Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 14(7), 123-129.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpmk.v6i1.19944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: jpm@iainkudus.ac.id

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186