Metacognitive Skills of High School Students Based on Interest in Learning Mathematics

Rizki Desiana Suandi, Siska Firmasari, Jajo Firman Raharjo

Abstract


Important metacognitive skills are possessed by students because then the student can control his or her mind in learning. The student who can control himself or herself in learning has been able to sort out appropriate learning methods for himself or herself so that the student can come to know his or her interest in learning. Interest in learning is one of the internal factors that will affect the results of learning, not only will interest in learning also affect students' metacognitive skills. The goal of this study is to analyze the characteristics students have of the metacognitive skills covered by the interest in studying mathematics and not only is it to describe the metacognitive skills covered by the interest in studying mathematics. This research uses a qualitative approach with descriptive methods with research subjects 6 students majoring in accounting, who was selected following the research conducted random selection. The tools used in the study are observation of metacognitive skills and interest in learning, interviews that also include metacognitive and interest in learning, and finally, a test problem containing an indicator of metacognitive skills. This study suggests that for students who have an interest in learning high math, their metacognitive skills will be high by meeting all the available indicators, along with the results of learning by a test with good results. Students who are not interested in learning, then during learning will not be maximized because a major key to learning is interest.

 

Keterampilan metakognitif penting dimiliki setiap siswa karena dengan begitu siswa dapat mengendalikan pikirannya sendiri dalam belajar. Siswa yang dapat mengontrol dirinya sendiri dalam belajar maka ia sudah bisa memilah cara belajar yang sesuai untuk dirinya sendiri dan sudah dapat mengetahui minatnya dalam pembelajaran. Minat belajar termasuk faktor internal dan berdampak pada hasil belajar, minat belajar juga berdampak kepada keterampilan metakognitifnya. Tujuan penelitian yaitu menganalisis karakteristik yang siswa miliki terhadap keterampilan metakognitif yang ditinjau dari minat belajar matematika penelitian memiliki tujuan mendeskripsikan keterampilan metakognitif yang ditinjau dari minat belajar matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dengan subjek penelitian 6 siswa jurusan akuntansi, yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan yaitu observasi untuk keterampilan metakognitif dan minat belajar, wawancara yang mencakup keterampilan metakognitif dan minat belajar, dan soal tes yang memuat indikator keterampilan metakognitif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang memiliki minat belajar matematika yang tinggi maka keterampilan metakognitifnya akan tinggi memenuhi semua Indikator yang ada, didukung juga dengan hasil belajar yang baik. Siswa yang minat belajarnya sedang maka keterampilan metakognitifnya juga akan sedang dimana pada setiap indikatornya sudah cukup memenuhi, didukung dari hasil belajar yang memperoleh cukup baik dalam menyelesaikan soal tes. Untuk siswa yang memiliki minat belajar rendah metakognitifnya akan rendah pada setiap indikatornya siswa tersebut kurang memenuhi, didukung juga dari hasil belajar sebatas untuk menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan siswa masih belum mampu. Siswa yang tidak minat dalam belajar, maka selama pembelajaran tidak akan maksimal dikarenakan sebuah kunci utama pembelajaran yaitu minat.


Keywords


An Interest in Studying Mathematics; Mathematics Learning; Metacognitive Skill

Full Text:

PDF

References


Amaliyah, R. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Sejarah Kelas Xi Ipa 4 Sma Negeri 12 Surabaya. 12(2).

Andini, L., & Azizah, U. (2021). Analisis Korelasi Keterampilan Metakognitif dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 472. doi: 10.33394/jk.v7i2.3327

Apriyanto, M. T., & Herlina, L. (2020). Analisis Prestasi Belajar Matematika pada Masa Pandemi Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika, (1), 135–144. Retrieved from http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4774

Chrissanti, M. I., & Widjajanti, D. B. (2015). Keefektifan Pendekatan Metakognitif Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Minat Belajar Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 51–62. doi: 10.21831/jrpm.v2i1.7150

Dirgantoro, P. S., & Kurnia. (2018). Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. doi: 10.31943/mathline.v3i1.78

Fitrih, D. M., Ardiana, N., & Pratiwi, Y. (2018). Analisis Keterampilan Metakognitif Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Xi Man Panyabungan. Jurnal MathEdu, 1(1), 43–52. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/297

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How To Design And Evaluate Research In Education. In News.Ge.

Ilmiah, P., Apriyanti, R., Studi, P., Matematika, P., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Surakarta, U. M. (2016). Analisis keterampilan metakognitif siswa dalam pemecahan masalah matematika aplikasi perbandingan.

Irawati, M. (2018). Profil Minat dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika kela VII SMP Negeri 5 Yogyakarta pada Pokok Bahasan Penyajian Data dengan Menggunakan Media Pembeajaran Kahoot.

Irmayani, S., Nyeneng, I. D. P., & Viyanti. (2013). Pengaruh Keterampilan Metakognisi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Melalui Metode Pembelajaran Discovery. Вестник Нгиэи, (8 (27)), 119–130.

Irmayani, S., Nyeneng, I. D. P., & Viyanti. (2020). Pengaruh Keterampilan Metakognisi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Melalui Metode Pembelajaran Discovery. The Japanese Journal of Rehabilitation Medicine, 57(6), 571–573. doi: 10.2490/jjrmc.57.571

Jainuddin;, Salim, S., & Sirajuddin. (2020). Pengaruh Minat dan Kedisiplinan Siswa dengan Gaya Kognitif Field Indefendent terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK Farmasi Yamasi Makassar. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2), 120–131.

Kodri, K., & Anisah, A. (2020). Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Pembelajaran Ekonomi Abad 21 di Indonesia. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 9. doi: 10.33603/ejpe.v8i1.2815

Kurniawan, F., Nugraheni, P., Purwaningsih, W. I., & Wibowo, T. (2019). Keterampilan Metakognitif Siswa Climber dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Tadris Matematika, 2(2). doi: 10.21274/jtm.2019.2.2.163-174

Prayanti, N., Sadra, M., & Sudiarta, M. (2014). Pengaruh Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah Berorientasi Masalah Matematika Tebuka Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Keterampilan Metakognitif Siswa Kelas Vii Smp Sapta Andika Denpasar Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Jurusan Pendidikan Matematika Ganesha, 3(1), 103175.

Purba, N. T., Ardiana, N., & Harahap, S. D. (2021). Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa Dalam Memahami Pelajaran Matematika. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 129–133. doi: 10.37081/mathedu.v4i3.2735

Rizkia, A. M. (2020). Profil keterampilan metakognitif peserta didik pada pembelajaran biologi di sman tangerang selatan.

RUSTAN, R. (2014). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Dengan Kombinasi Model Pembelajaran Inkuiri Sains dengan Metode Pictorial Riddle Peerta Didik Kelas Viii Smp Negeri 1 Keera Kabupaten Wajo. (April).

Sulistiyono, F. (2014). Peningkatan Minat Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Tematik Kelas I Melalui Metode Story Telling di Sd N Gembongan Sentolo Kulon Progo.

Widyastuti, E., & Widodo, S. A. (2018). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika Keaktifan Siswa Dan Fasilitas Belajar Disekolah Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Smk Se-Kecamatan Umbulharjo. Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 873–881.

Zulfiani, Herlanti, Y., Rosyidatun, E. S., Hasiani, S., Rohmatullah, G., & Zuqistya, N. (2018). Pengembangan Instrumen Keterampilan Metakognitif Pada Konsep Jamur. Edusains, 10(2), 243–253. Retrieved from http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains/article/view/7919




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jpmk.v6i1.19548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: jpm@iainkudus.ac.id

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186