Pendekatan Problem Based Learning Model Diskusi Kelompok Berbantuan Video YouTube untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Statistika

Wachid Nugroho

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar statistika melalui pendekatan problem based learning (PBL) model diskusi kelompok berbantu video YouTube. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa kelas XII pada salah satu Madrasah Aliyah di Salatiga. Data penelitian dikumpulkan melalui 1) pengamatan guru dan wawancara mengenai aktivitas belajar siswa; 2) pengisian lembar evaluasi diri siswa terhadap aktivitas belajar; dan 3) pre-tes dan tes tertulis 20 soal pilihan ganda di akhir siklus I dan II. Data pengamatan dan wawancara, lembar evaluasi diri siswa, serta penilaian belajar (pre-tes dan tes siklus I dan II) dianalisis secara deskripsi komparatif, baik kuantitatif maupun kualitatif pada aspek peningkatan aktivitas dan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan persentase peningkatan keaktivan siswa 4,17% dari capaian siklus I (70,83%) ke siklus II (75,00%). Nilai rata-rata kelas meningkat 11,04 dari siklus I (62,71) ke siklus II (73,75). Sedangkan persentase ketuntasan kelas meningkat 25 % dari siklus I (54,17%) ke siklus II (79,17%). Temuan ini mengungkap pendekatan (PBL) model diskusi kelompok berbantu video YouTube dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar statistika siswa.

 

The purpose of this action research is to determine the increase in activity and learning outcomes of statistics through a problem based learning (PBL) approach to group discussion models assisted by YouTube videos. The subjects of this study were 24 students of class XII at one Madrasah Aliyah in Salatiga. Research data were collected through 1) teacher observations and interviews regarding student learning activities; 2) filling out student self-evaluation sheets on learning activities; and 3) pre-test and written test of 20 multiple choice questions at the end of cycles I and II. Observational and interview data, student self-evaluation sheets, and learning assessments (pre-test and test cycles I and II) were analyzed in a comparative description, both quantitatively and qualitatively in the aspect of increasing activity and learning outcomes. The results showed the percentage increase in student activity was 4.17% from the achievement of the first cycle (70.83%) to the second cycle (75.00%). The average value of the class increased by 11.04 from the first cycle (62.71) to the second cycle (73.75). While the percentage of class completeness increased by 25% from the first cycle (54.17%) to the second cycle (79.17%). These findings reveal that the YouTube video-assisted group discussion (PBL) approach can be used as an alternative to improve student statistics learning activities and outcomes.


Keywords


Activities and Learning Outcomes; Mathematics; Problem Based Learning; Statistics; YouTube Videos

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z. (2020). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah, Pembelajaran Berbasis Proyek Literasi, dan Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis. JPPD (Jurnal Profesi Pendidikan Dasar). Vol 7 No 1 hal 37-52 https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.10736

Anwar, K. dan Jurotun, J. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA pada Dimensi Tiga Melalui Model Pembelajaran PBL Berbantuan Alat Peraga. Kreano (Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. Vol 10 (1) (2019): 94-104 https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.193666

Apriliawati. (2011). Penerapan Strategi Motivasi ARCH dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: UNESA

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Budiarsa, I. G. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII TKJ A SMK Negeri 3 Tabanan melalui Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Teknik Diskusi Kelompok. Indonesian Journal of Educational Development Volume 1 Nomor 1, April 2020 hal 85-95 DOI: 10.5281/zenodo.3760711

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Harsono. (2004). Pengantar Problem Based Learning. Yogyakarta: Medika Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

Hesti, F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI MIA 3 Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/209 di Madrasah Aliyah Negeri 1 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1), 759–771. https://doi.org/10.31004/jptam.v3i2.419

Hudah, N. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Metode Diskusi pada Siswa Kelas VI SD Negeri 24 Indralaya.. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 12(2), 42-51. https://doi.org/10.33557/jedukasi.v12i2.788

Ibrahim, N. (2002). Pengajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Jihad, A. dan Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo

Kusumawati, A. I., Sulistyo, S., & Hariani, L. S. (2016). Efektivitas Metode Diskusi dan Metode Talking Stick terhadap Prestasi Belajar serta Pengaruhnya terhadap Kemandirian Belajar Siswa (Studi pada Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 1 Wagir). Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 1(1). https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrpe/article/view/1315

Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 672-688. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21686

Nugroho, K. U. Z., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pemahaman Konsep Matematika melalui Media YouTube dengan Pendekatan Etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(01), 96–106.

Nugroho, W. (2020). Pendekatan Inquiry Model Drill and Practice Berbasis Aplikasi Moodle Berbantuan Video YouTube untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Limit Fungsi. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 10(2), 70-80. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.337

Nuryati, T. (2019). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Sistem Koordinat dengan Metode Diskusi Kelompok di Kelas VIII-B SMP Negeri 3 Subang. JPG: JURNAL PENELITIAN GURU FKIP UNIVERSITAS SUBANG, 2(01), 108–114. http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/JPG/article/view/455

Pradika, L. & Syamsuri. (2019). Pengaruh Diskusi Kelompok dalam Pembelajaran Matematika terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMP di Kota Serang. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika Vol 1 No 1 hal 47-59 http://dx.doi.org/10.48181/tirtamath.v1i1.68866

Ratnawati. (2020). Meningkatkan Minat dan Hasil Pembelajaran Matematika Materi Jenis Sudut Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Siswa Kelas III SDN 9 Melai Semester 2 Tahun Pelajaran 2018/2019. JGK: Jurnal Guru Kita. Vol 4 No 4 hal 90-99 https://doi.org/10.24114/jgk.v4i4.20532

Rozali, N. A., & Halim, N. D. (2019). Kesan Pembelajaran Berasaskan Inkuiri Dengan Integrasi Video Terhadap Pencapaian Pelajar Dalam Pembelajaran Matematik (Effect of Inquiry Based Learning with Video Integration towards Students’ Achievement in Learning Mathematics). Innovative Teaching and Learning Journal (ITLJ), 3(2), 42-60.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

----------. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu, Teori Praktik dan Penilaian. Jakarta: Grafindo

Sardiman. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sasmita, H. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Self-Concept Siswa Kelas VIII MTs Tuma;ninah Yasin Metro Pelajaran 2019/2020. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

Sudjana, Nana. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Suhaemi, S. (2019). Peranan Metode Diskusi Menggunakan Media Stik Es Krim dalam Meningkatkan Motivasi, Minat dan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Srengseng Sawah 12 Pagi Jakarta. https://doi.org/10.31227/osf.io/fjqwp

Sukardi, D.K. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Sulistyo. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Operasi Hitung Campuran Pada Siswa Kelas VI. Journal of Education Action Research, Vol. 5, No. 3, Tahun 2021, pp. 398-404 http://dx.doi.org/10.23887/jear.v5i3.374744

Sunarsih, I. (2019). Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Operasi Hitung Dan Bilangan Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Metode Diskusi. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 137-142. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Triyono, T. (2018). Penelitian Tindakan Kelas: Apa dan Bagaimana Melaksanakannya?. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.26385.12649

Ulum, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Memahami Persamaan Kuadrat dengan Metode Kerja Kelompok. Jurnal Theorems: The Original Research of Mathematics. 5(2), 93-102. http://dx.doi.org/10.31949/th.v5i2.20488

Usman, U. (2008). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Widayanti, R. dan Nur’aini, K.D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema (Jurnal Pendidikan Matematika) Volume 2 (1) Januari 2020 hal 12 – 23 https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.480

Wulandari, E. (2020). Analisis Konten Sumber Belajar Virtual Materi Statistika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(2), 116-125. https://doi.org/10.33222/jumlahku.v6i2.1124

Wulandari, E., & Nugroho, W. (2020). Sikap Siswa terhadap Video Pembelajaran Jarak Jauh Materi Statistika pada Media Sosial Youtube. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: jpm@iainkudus.ac.id

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186