Pengembangan Media Pembelajaran Blabak Trarerodi pada Materi Geometri Transformasi: Tahap Expert Review
Abstract
Pembelajaran matematika pada umumnya hanya menggandalkan buku dan kemampuan guru dalam menyampaikan materi, sehingga terjadi beberapa permasalahan di kelas. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan suatu media untuk membantu pembelajaran di kelas. Blabak Trarerodi merupakan salah satu media yang dapat digunakan pembelajaran di kelas khusus pada materi geometri transformasi. Blabak Trarerodi terdiri atas materi translasi, refleksi, rotasi dan dilatasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan dengan yang dilakukan peneliti adalah analisis, mendesain media, mengembangkan, mengujicobakan dan merefleksi. Akan tetapi pada penelitian ini hanya sampai tahapan pengembangan media. Hasil dari media ini tentunya sudah diperlihatkan kepada ahli media. Ahli yang memberikan validasi adalah dua teman sejawat yang dalam pembelajarannya juga menggunakan media dengan menggunakan angket yang isinya tentang tampilan dan keefektifan media Ketika digunakan. Hasil dari validasi ini menunjukkan media sudah bisa digunakan dengan beberapa revisi dari masukan validator. Selain itu, media ini juga dapat dibuat sendiri oleh siswa karena langkah dan tata cara penggunaan media juga tersedia.
Mathematics learning in general only relies on books and the teacher's ability to convey material, so that there are several problems in the classroom. To overcome this, we need a media to help learning in the classroom. Trarerody Blabak is one of the media that can be used for learning in special classes on transformation geometry material. Trarerody Blabak consists of material translation, reflection, rotation and dilation. The method used in this research is development with what researchers do are analysis, media design, development, testing and reflection. However, in this study only up to the stage of media development. The results of this media must have been shown to media experts. The experts who provided validation were two colleagues who in their learning also used the media by using a questionnaire whose contents were about the appearance and effectiveness of the media when used. The results of this validation show that the media can already be used with several revisions from the validator's input. In addition, this media can also be made by students themselves because the steps and procedures for using the media are also available.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anwar, S., & Anis, M. B. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash Profesional pada Materi Sifat-Sifat Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 83-98.
Auliya, N. N. F. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Cs. 6 dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas X Materi Pokok Pertidaksamaan Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(1).
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. HALAQA: Islamic Education Journal, 3(1).
Dinak, M. R. (2016). Penerapan Transformasi Geometri untuk Visualisasi Objek Maya Berbasis Android. Disertasi. UIN Maulana Malik Ibrahim.
Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. Jurnal At-Tafkir, 11(1). 85-99.
Fitria, Uce, L., & Hayati, Z. (2019). Penggunaan Media Papan Raba untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan pada Anak Kelompok A Di TK Alifba 1 Iskandar Muda Banda Aceh. UIN Ar-Raniry.
Irmawati, D. A. (2020). MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA: Cara Gembira Belajar Matematika. Pemeral edukreatif.
Izah, S. J., & Malasari, P. N. (2021). Studi Etnomatematika: Masjid Sunan Bonang dalam Pembelajaran Geometri. CIRCLE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 44-58.
Jamil, A. F. (2019). Geometri Transformasi (Vol. 1). Malang: UMMPress.
Januszewski, A., & Molenda, M. (2008). Technology: A Definition With Commentary. New York: Lawrence Erlbaum Associates.
Jufri, D. H. . (2016). Teknik Analisis dalam Komponen Pembelajaran. Jurnal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 5(2).
Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 7(1), 49-56.
Malasari, P. N., Herman, T., & Jupri, A. (2019). Kontribusi Habits of Mind Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 153-164.
Malasari, P. N., Herman, T., & Jupri, A. (2020). Inquiry Co-Operation Model: An Effort to Enhance Students’ Mathematical Literacy Proficiency. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 4(1), 87-96.
Masitoh, & Habudin. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Papan Berpaku Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Bangun Datar. Ibtida’i, 5(1).
Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, 1(2).
Oktaviani, T. D., Andari, K. D. W., & Bua, A. T. (2020). Pengembangan Media Papan Baca Pintar Berbasis Literasi Sains Di SDN 011. JURNAL PENA KARAKTER: Jurnal Pendidikan Anak Dan Karakter, 2(2).
Putra, B. S., Hunaifi, A. A., & Saidah, K. (2018). Pengembangan Media Papan Tempel pada Pembelajaran Materi Daur Hidup Hewan Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Rahayu, P., & Paksi, H. P. (2018). Pengembangan Media Papan Flanel Berputar untuk Membantu Guru Memahamkan Materi Dampak Globalisasi Terhadap Siswa SD. JPGSD, 6(4).
Razaq, A. (2009). Strategi dan Model Pembelajaran Sejarah. Cendekia Insani.
Richey, R. C., & Klein, J. (2007). Design and Development Research: Methods, Strategies, and Issues. Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
Roebyanto, G. (2014). Geometri Pengukuran dan Statistik. Malang: Penerbit Gunung Samudera.
Sakti, H. G., & Farhan, H. (2020). Pengaruh Media Papan Flanel Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3).
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surur, A. M. (2018). Peningkatan Kemampuan Khatabah (Public Speaking Skill) Santri Ma’had Darul Hikmah IAIN Kediri. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 1(2).
Surur, A. M. (2020a). Ragam Strategi Pembelajaran Dilengkapi dengan Evaluasi Formatif. CV. AA. Rizky.
Surur, A. M. (2020b). Thorndike’s Learning Theory Application for Improving Creative Thinking Abilities And Publications. The Atlantis Press Proceedings.
Surur, A. M., & Cholifah, K. N. (2018). Good Governance Pada Kepengurusan Pondok Pesantren Putri Al-Amien. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 261–274.
Surur, A. M., Rais, P., & Habib. (2017). The Application Program of The Preparation of The Syllabus and Learning Implementation Plan (RPP) 2013 Curriculum on Teachers Madrasah Ibtidaiyah. Proceedings International Conference on Islamic Education (ICIED), 2(1), 246–253.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2).
Zakiyah, M., & Malasari, P. N. (2021). Etnomatematika: Identifikasi Batik Bakaran Berdasarkan Konsep Geometri Transformasi. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 287-294.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12047
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Editorial and Administration Office:
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322
Email: [email protected]