Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa di Era Pandemik Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)
Abstract
Pemanfaatan perkembangan teknologi sangat bermanfaat dalam dunia pendidikan. Terlebih lagi dengan mewabahnya virus Corona yang mulai memasuki Indonesia awal tahun 2020 ini. Oleh karena itu dunia pendidikan Indonesia yang semula dilakukan secara luring kini dilakukan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar Matematika siswa secara daring yang melibatkan 24 siswa pada salah satu SMA di Sukoharjo. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu melalui instrumen angket motivasi sebanyak 17 pernyataan dengan memanfaatkan Google Classroom. Pernyataan-pernyataan dalam angket merupakan pernyataan yang dijabarkan dari indikator-indikator mengenai motivasi belajar matematika siswa secara daring. Berdasarkan nilai rata-rata dan standar deviasi yang didapat dari hasil angket, menghasilkan rata-rata nilai 84,04 dan standar deviasinya 28,81. Berdasarkan batas kategori pencapaian hasil, 100% siswa tergolong memiliki motivasi belajar matematika secara daring yang Sedang. Selain itu, pengujian validitas menunjukkan bahwa semua item pernyataan angket tersebut valid karena rhitung > rtabel dan nilai Cronbach Alpha 0,91 yang artinya nilai terbut lebih besar dari nilai koefisien reliabilitas (0,60).
Technological development’s use is very useful in the education world. Moreover, the outbreak of Corona virus began to enter Indonesia in early 2020. Therefore, the education world in Indonesia was originally done offline but now being carried out online. This study aims to determine the students' motivation to learn Mathematics online involving 24 students at one high school in Sukoharjo. This research method is qualitative research with a descriptive approach. Data collection technique used by researchers 17 questionnaire instrument using Google Classroom. The statements in the questionnaire elaborated from indicators regarding student’s motivation to learn mathematics online. Based on the average value and standard deviation obtained from the questionnaire results, the average value is 84.04 and the standard deviation is 28.81. Based on the achievement category limit, 100% of students are classified as having middle online mathematics learning motivation. In addition, the validity test shows that all items of the questionnaire statement are valid because rcount> rtable and the Cronbach Alpha value is 0.91, which means that the value is greater than the value of the reliability coefficient (0.60).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, A. K. (2017). Kajian Konseptual Model Pembelajaran Blended Learning berbasis Web untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51-64.
Aisah, I. (2016). Effect of Fun Teaching Methods Using Flash Card on Motivation and Learning Mathematics. ITEJ (Information Technology Engineering Journals). https://doi.org/10.24235/itej.v1i1.5
Apriana, A., & Hidajat, D. (2020). Analysis of Google Classroom ’ s Online Learning Motivation on Mathematics Subjects. Journal of Mathematical Pedagpgy; ISSN 2715-7458; E-ISSN 2715-7466, 2(1), 18–25.
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Vokasional), 5(2), 11–16.
Dewi, C. (2017). The Use of E-Learning As Learning Medium at Secondary Vocational School. Journal of Innovation and Applied Technology. https://doi.org/10.21776/ub.jiat.2017.003.01.10
Hartanto, W. (2016). Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18.
Hidajat, D., Wulandari, A. A., & Susilowati, D. (2018). Pengaruh Penggunaan Miniatur Mobil Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Edudikara, ISSN: 2541-0261, 3(1), 14–22.
Hrastinski, S. (2019). What Do We Mean by Blended Learning? TechTrends. https://doi.org/10.1007/s11528-019-00375-5
Ibrahim, D. S., & Suardiman, S. P. (2014). Pengaruh Penggunaan E-Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(1). https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2645
Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemik Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1). https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Prayitno, W. (2015). Implementasi Blended Learning dalam Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah. LPMP.
Puspitasari, P., Sari, P., Putri, J., & Wuryani, W. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 227–232.
Putri, L. A., & Dewi, P. S. (2020). Media Pembelajaran Menggunakan Video Atraktif pada Materi Garis Singgung Lingkaran. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(1), 32–39. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.568
Rajagukguk, W. (2016). Incorporating Learning Motivation and Self-Concept in Mathematical Communicative Ability. 9(4), 155–164. https://doi.org/10.5539/ies.v9n4p155
Rohmah, L. (2011). Konsep E-Learning dan Aplikasinya pada Lembaga Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2).
Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Ummul Quro.
Suartama, I. K., Setyosari, P., Sulthoni, & Ulfa, S. (2019). Development of an instructional design model for mobile blended learning in higher education. International Journal of Emerging Technologies in Learning. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i16.10633
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan.
Ulfa, M. (2019). Strategi Preview , Question , Read , Reflect , Recite , Review (PQ4R) pada Pemahaman Konsep Matematika. Mathema Journal, 1(1), 48–55.
Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252
Wulantina, E., & Sugama, M. (2019). Persepsi Siswa terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Jurnal Inovasi Matematika. https://doi.org/10.35438/inomatika.v1i2.156
Yusra, D., & Saragih, S. (2016). The Profile of Communication Mathematics and Students’ Motivation by Joyful Learning-based Learning Context Malay Culture. Journal of Education, Society & Behavioural Science, 15(4), 1–16. https://doi.org/10.9734/bjesbs/2016/25521
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10148
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Editorial and Administration Office:
Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322
Email: [email protected]