Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Siswa Materi Bentuk Aljabar dengan Model Berkirim Salam dan Soal

Helda Nur'ami Hamdani, Rahaju Rahaju, Tri Candra Wulandari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran berkirim salam dan soal. Sebanyak 41 siswa kelas VII menjadi subjek penelitian ini. Instrumen pengumpulan data terdiri atas lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Pembelajaran berkirim salam dan soal diawali dengan mengelompokan siswa secara heterogen. Setiap kelompok membuat salam, soal, dan kunci jawaban pada dua lembar kertas yang disediakan. Lembar pertama untuk menuliskan salam dan soal, sedangkan lembar kedua untuk menuliskan kunci jawaban. Selanjutnya, perwakilan kelompok mengirimkan soal kepada kelompok lain yang diawali dengan mengucapkan salam. Masing-masing kelompok menyelesaikan soal, kemudian mempersentasikan jawaban. Kelompok pengirim soal serta kelompok lain memberi tanggapan. Hasil akhir setiap siklus menunjuk peningkatan prestasi belajar siswa dari 47% (pra tindakan), menjadi 75,61% (pada siklus 1), dan meningkat lagi menjadi 87,8% (siklus 2).

 

The purpose of this study was to determine the increase in student achievement after participating in learning to send greetings and questions. A total of 41 grade VII students were the subjects of this study. The data collection instruments consisted of observation sheets, tests, and documentation. Learning to send greetings and questions begins with a heterogeneous grouping of students. Each group makes greetings, questions, and answer keys on the two sheets of paper provided. The first sheet is for writing greetings and questions, while the second sheet is for writing down the answer keys. Next, the group representative sent the questions to the other groups which began with saying hello. Each group completed the questions, then presented the answers. The question-sending group and other groups gave their responses. The end result of each cycle shows an increase in student achievement from 47% (pre-action), to 75.61% (in cycle 1), and increases again to 87.8% (cycle 2).

 

 


Keywords


Algebra; Mathematical Learning Achievement; Sending Greetings and Questions Model

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010) Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Baeti, N., & Mikrayanti, M. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 4(2), 189-194.

Cahyaningtyas, M. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas X-1 SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. SOSIALITAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sos- Ant. 3 (1).

Choyriyyah, M., & Sujadi, A. A. (2014). Pembelajaran Matematika dengan Metode Joyful Learning dengan Media Papan Permainan pada Materi Bilangan Bulat Kelas VII SMP Muhammadiyah Sidareja. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 265-272.

Emda, A. (2018). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.

Ekapti, R. F. (2016). Respon siswa dan guru dalam pembelajaran IPA terpadu konsep tekanan melalui problem based learning. Jurnal Pena Sains, 3(2).

Febianti, Y, N. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar dengan Pemberian Reward and Punishment yang Positif. EDUNOMIC: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 6 (2), 93-102. DOI: http://dx.doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1445.

Fitri. N.D. (2017). Pengaruh Teknik Berkirim Salam dan Soal terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII SMPN 3 Lembah Gumanti. Jurnal Riset Fisika Edukasi dan Sains, 3 (2) 66-74. DOI:http://ejournal.stkip-pgri-sumbar.ac.id/index.php/JRFES

Gazalli, R, Y. (2016). Pembelajaran Matematika yang Bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. 2 (3), 181-190. DOI: https://doi.org/ 10.33654/math.v2i3.47

Huda, M. (2015). Cooperative Leraning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Khanifatul. (2013). Pembelajaran Inovatif: Strategi Mengelola kelas Secara Efektif dan Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kusumawati, A. D., & Sutriyono, S. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Operasi Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Salatiga. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 9(1), 30-36.

Lie, A. (2010). Cooperative learning : Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia

Maesaroh, S. (2014). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Beajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1 (1) 150-168. DOI:https://media.neliti.com/media/publications/104663.html.

Mariyanti, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berkirim Salam dan Soal untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Materi Barisan Bilangan Siswa Kelas IX D SMPN 3 Kediri. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran. 5 (1). 21-31. DOI: https://doi.org/ 10.29407/pn.v5i1.12866

Mayasari, D, & Himmah, W, Z. (2020). Efektivitas Model Probem Posing Tipe Pre-Solution Posing terhadap Kemamuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3 (2) 127-138. DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v3i2.8184

Medyasari, L. & Muhtarom, S. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Kartu Soal Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar pada Materi Turunan Fungsi Aljabar, Aksioma: Pendidikan Matematika. 8(1) 65-75. DOI:https://doi.org/ 10.26877/aks.v8i1.1511

Mariyanti, S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berkirim Salam dan Soal untuk Meningkatkan Pemahaman MatematikaMateri Bilangan Siswa Kelas IX D SMPN 3 Kediri. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5 (1) 21-31. DOI:https://ojs.unpkediri.ac.id/index/php/pinus/article/view/123866/1305

Moleong. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nizaar, M. (2017). Perilaku mencontek Sebagai Indikasi Gagalnya Efikasi Diri (Self Efficacy). Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an. 1(1). 27-32. DOI: http://dx.doi.org/10.30738/tc.v1i1.1577

Pampo, M, M, S. & Wahyuningsih, F. Penerapan Teknik Berkirim Salam dan Soal untuk Ketrampilan Berbicara Bahasa Jerman Siwa Kelas XI MIPA 1 SMAN 3 Sidoarjo. (2017). Laterne 6 (1) DOI:. http://www.neliti.com/id/publication/251498/penerapan-teknik-salam-dan-soal-untuk-keterampilan-berbicara-bahasa-je

Pratiwi, N, K. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa SMK Kesehatan di kota tangerang. Jurnal Pujangga, 1 (2) 75-105. DOI:http://journal.unas,ac.id/pujangga/article.html

Sanjaya, W. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum KTSP. Jakarta:Kencana

Setiawati, M. (2016). Model Pembelajaran Berkirim Salam dan Soal dengan Media BUS untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Metafora, 2 (2) 157-170. DOI:http://fish.unesa.ac.id/download/Mamik-Ningtyas.pdf&ved

Susilowati, I. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Fungsi Komposisi dan Fungsi Invers Menggunakan Model Pembelajaran Teknik Berkirim Salam dan Soal. Majalah Ilmiah Inspiratif, 2 (3). DOI:http://ojs.unpkediri.ac.id/indes.php/pinus/article/view/1249&ved.

Syam, A. & Amri (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Koderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Di Progam Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muahammadiyah Parepare. Biotek: Jurnal Pendidikan Biologi. 5 (1). 87-101. DOI: https://doi.org/10.24252/jb.v5i1.3448

Tampubolon, S. W., & Syahputra, E. (2018). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal dengan Think Pair Share di SMP Swasta Imelda Medan. Inspiratif: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Utami, S., Arcat, A., & Hardianto, H. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam Dan Soal Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah Rambah (Doctoral dissertation, Universitas Pasir Pengaraian).

Warkintin. (2014). Hubungan Keaktifan Mengemukakan Pendapat dalam Proses Pembelajaran dengan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Vox Edukasi 5(2) 125-130. DOI:http://www.neliti.com/id/publications/271404




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: [email protected]

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186