Problematika Guru dalam Mengajar Materi Aljabar di Era Pandemik Coronavirus Disease 2019 (Covid-19)

Putri Nur Malasari, Nur Afifaturrohmaniyyah

Abstract


Keharusan dalam pelaksanaan pembelajaran online yang disebabkan oleh pandemik Covid-19 menimbulkan munculnya masalah-masalah dalam pembelajaran matematika khususnya materi aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dihadapi guru dalam mengajarkan materi aljabar di era pandemik Covid-19. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data berasal dari tujuh guru matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kudus dan Tangerang yang memberikan jawaban atas pertanyaan dalam google form. Hasil penelitian ini menunjukkan problematika yang dialami guru dalam mengajar materi aljabar di era pandemik Covid-19 adalah keterbatasan alat penunjang pembelajaran sehingga guru sulit menerangkan penerapan operasi hitung aljabar, soal aplikasi aljabar, dan menyederhanakan bentuk aljabar secara online. Terbatasnya ruang dan waktu, jaringan internet yang tidak stabil serta kuota yang tidak memadai mengakibatkan interaksi antara guru dan siswa tidak dapat optimal dilakukan.

 

The necessity of implementing online learning caused by the Covid-19 pandemic has created problems in learning mathematics, especially algebraic material. This study aims to find out the problems faced by teachers in teaching algebra material in the Covid-19 pandemic era. The research method uses descriptive qualitative research. Sources of data came from seven junior high school mathematics teachers (SMP) in Kudus and Tangerang who provided answers to questions in the google form. The results of this study indicate that the problems experienced by teachers in teaching algebra material in the Covid-19 pandemic era are the limitations of learning support tools so that teachers find it difficult to explain the application of algebraic arithmetic operations, algebra application questions, and simplify algebraic forms online. Limited space and time, unstable internet networks, and inadequate quotas have resulted in the interaction between teachers and students not being optimal.


Keywords


Algebra; Covid-19; Teacher Problems

Full Text:

PDF

References


Amaniyah, I., Rahmawati, I., & Lailiyah, S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Google Meet dan Whatsapp Group untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemik Covid 19. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 28-42.

Andersen, M. (2020). Early Evidence on Social Distancing in Response to COVID-19 in the United States. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3569368

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemik Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282-289.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemik Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy.

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748

Clark, R. C. (2016). E-learning and the science of instruction : proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning / Ruth C. Clark, Richard E. Mayer. In E-learning and the science of instruction : proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning.

Depoux, A., Martin, S., Karafillakis, E., Preet, R., Wilder-Smith, A., & Larson, H. (2020). The pandemikc of social media panic travels faster than the COVID-19 outbreak. In Journal of Travel Medicine. https://doi.org/10.1093/jtm/taaa031

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551-561.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemik Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES). https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Hamidy, A. (2021). Zoom Meeting vs Google Classroom: Perbedaan Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Platform Pembelajaran Daring. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 61-68.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemik Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP).

Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemikc covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179-189.

Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang Dialami Siswa Dalam Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 533-541.

Kusumaningrum, B., & Wijayanto, Z. (2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif?(Studi Kasus Pada Pembelajaran Selama Masa Pandemik Covid-19). Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(2), 139-146.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Third Edition. In The SAGE Handbook of Applied Social Research Methods.

Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(1), 56-65.

Santosa, F. H., Negara, H. R. P., & Bahri, S. (2020). Efektivitas pembelajaran google classroom terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 3(1), 62-70.

Suliani, M., Juniati, D., & Ulfah, F. (2021). Learning Mathematics in Madrasah Aliyah Muhammadiyah 2 Banjarmasin during the covid-19 pandemic era. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1747, No. 1, p. 012018). IOP Publishing.

Surat Edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No. 1 Tahun 2020.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study at home: analisis kesulitan belajar matematika pada proses pembelajaran daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20-26.

Vogel, C. (2008). Algebra: Changing the Equation. District Administration, 44(6), 34.

Widodo, A., & Nursaptini, N. (2020). Problematika Pembelajaran Daring dalam Perspektif Mahasiswa. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 100-115.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jmtk.v4i1.10083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Editorial and Administration Office:

Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus)
Tadris Matematika, Tarbiyah Faculty, Institut Agama Islam Negeri Kudus
Jl. Conge Ngembalrejo Po Box 51, Kudus, Jawa Tengah, Indonesia, Kode Pos: 59322

Email: jpm@iainkudus.ac.id

P-ISSN 2615-3939 | E-ISSN 2723-1186