Meta-Analysis: The Effect of Inquiry Learning Model on Students Critical Thinking Skill
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agnezi, L. A., & Rahmah, S. (2020). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 136–145. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.296
Amijaya, L. S., Ramdani, A., & Merta, I. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pijar Mipa, 13(2), 94–99. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.468
Andayani, F. C., Raharjo, & Budijastuti, W. (2021). the critical thinking skills on animal tissue learning: Inquiry based student activity sheet development. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 6(1), 12–26.
Fitriani, H., Asy’Ari, M., Zubaidah, S., & Mahanal, S. (2018). Critical Thinking Disposition of Prospective Science Teachers at IKIP Mataram, Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1108/1/012091
Fitriyani, R., Haryani, S., & Susatyo, E. B. (2017). Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2), 1957–1969.
Furmanti, T., & Hasan, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis , Motivasi dan Keaktifan Siswa di SMP N 5 Seluma. SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTERPRENEURSHIP VI TAHUN 2019, 1–9.
Harahap, H. S., Turnip, J., & Sembiring, A. K. (2020). Pengaruh Metode Inkuiri Terbimbing Dan Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Biologi Siswa Di Smp Swasta Hkbp Simantin Pane. Bio-Lectura, 7(1), 23–35. https://doi.org/10.31849/bl.v7i1.4002
Hiryanto, H. (2017). Pedagogi, Andragogi dan Heutagogi Serta implikasinya dalam pemberdayaan masyarakat. Dinamika Pendidikan, 22(1), 65–71.
Husna, D., Indriwati, S. E., & Saptasari, M. (2020). Pengaruh Inkuiri Terbimbing pada Kemampuan Akademik Berbeda terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 82. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13143
Iskandar, A. M., Nurfadiah, D., Yuli, W. I., & Desnita, D. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 7(1), 48. https://doi.org/10.29303/jpft.v7i1.2714
Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63–72.
https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963
Kurniawati, A., Festiyed, & Asrizal. (2019). Meta-Analisis Efektifitas Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik. Pillar Of Physics Education, 12(4), 849–856.
Maryam, Kusmiyati, Merta, I. W., & Artayasa, I. . P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI MIA MAN 2 Mataram. JURNAL Pijar MIPA, 14(3), 154–161. Retrieved from http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/106
Maryam, M., Kusmiyati, K., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pijar Mipa, 15(3), 206. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1355
Prayogi, S., Yuanita, L., & Wasis. (2018). Critical inquiry based learning: A model of learning to promote critical thinking among prospective teachers of physic. Journal of Turkish Science Education, 15(1), 43–56. https://doi.org/10.12973/tused.10220a
Ramadan, E., Irwandi, I., & Oktavidiati, E. (2019). Perbedaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Discovery Learning terhadap sikap ilmiah, berpikir kritis dan Hasil Kognitif SMP 2 Kepahiang. SEMINAR NASIONAL SAINS DAN ENTERPREUNEURSHIP VI TAHUN 2019, 1–6.
Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 439–444.
Susilowati, S., Sajidan, S., & Ramli, M. (2018). Keefektifan perangkat pembelajaran berbasis inquiry lesson untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 49–60. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.17836
Yanti, R., Siregar, N., & Nasution, N. F. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Lumut Kelas X Mipa Sma Negeri 5. Edugenesis, 2(2), 1–7.
Yuhana, Maridi, & Dwiastuti, S. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala, 138–142.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/jobe.v5i2.12940