ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SAINS TERINTEGRASI PENDIDIKAN KARAKTER
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahsani, E. L. F., Ni’mah, N., Rifqiyani, L., Rahmawati, P., & Auliya, R. (2021). Peran Guru Dalam Mempertahankan Budaya Indonesia Untuk Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Eduscience : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 71–77.
Ahsani, E. L. F., Rusilowati, A., & Anni, C. T. (2020). The Development of Integrated Science Teaching Materials Based on the Science Literacy of Fifth Graders. 1st ICONECT International Conference Education, Culture and Technology, Query date: 2020-08-14 14:24:03, 65–71.
Afandi, M. (2016). Character Education Investment in SD/MI. Elementary Journal. July, 2(2).
Azizi, M., & Prasetyo, S. (2017). Kontribusi Pengembangan Media Komik IPA Bermuatan Karakter Pada Materi Sumber Daya Alam untuk Siswa MI/SD. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 185–194.
Chowdhury, M. (2018). Emphasizing morals, values, ethics, and character education in science education and science teaching. MOJES: Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 4(2), 1–16.
Fajrin, L., & Muqowim. (2020). Problematika Pengintegrasi Nilai-Nilai Keislaman pada Pembelajaran IPA di MI Miftahul Huda Jepara. Elementary, 8(2), 295–312.
Hadi, K., & Manurung, B. (2019). The Effect of Teaching Materials Based on Local Value Integrated by Character Education through PBL Models on Students’ High Order Thinking Skill. Britain International of Humanities and Social Sciences (BIoHS) Journal, 1(2), 213–223.
Ichsan, I. (2011). Menata Kembali Pendidikan Karakter di Sekolah. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 3(2).
Irawati, F. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Pendekatan Brpikir Matematis Rigorous (RMT) Pada Materi Bangun Ruang di Kelas VIII D SMP Nusantara Krian. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 4(1), 9–16.
Kemendikbud. (2013). Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. (2013), 1–135.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41–49.
Mannan, M. N. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal untuk mengembangkan karakter positif siswa SD. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 141–146.
Marjan, J., Arnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. a N. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu ’ allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pendidikan IPA, 4(1), 1–12. Diambil dari http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1316/1017
Maunah, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).
Minarti, I. B., Susilowati, S. M. E., & Indriyanti, D. R. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Bervisi Sets Berbasis Edutainment pada Tema Pencernaan. Journal of Innovative Science Education, 1(2).
Mubarok, H. (2019). High Order Thinking Skill dalam Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar di Era Industri 4.0. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(2), 215–230.
Munip, A. (2017). Strategi Guru Kelas dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SD. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4, 45–60.
Mustaqim, M. (2015). Model Pendidikan Karakter Terintegrasi pada Pembelajaran di Pendidikan Dasar. Elementary, 3(1).
Nikmah, A., & Susilowati, R. (2020). PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI MEMBACA “NARRATIVE TEXT” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MI SALAFIYAH KAJEN PATI. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 121–138.
Nugraha, I. (2019). Fun Chemistry for Kids : Upaya Peningkatan Minat Belajar Sains bagi Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah Sapen melalui Percobaan Sains Sederhana dengan menggunakan Alat Bekas Pakai dan Bahan sehari- hari. Jurnal Bakti Saintek, 3(1), 31–38. https://doi.org/10.14421/jbs.1367
Nugroho, I. (2016). Positivisme Auguste Comte: Analisa Epistemologis dan Nilai Etisnya Terhadap Sains. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 11(2), 167–177.
Nugroho, I., & Imron, I. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Pada Keterampilan Proses dan Karakter Islami Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sains di Madrasah Ibtidaiyah. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(2), 130–137.
Otten, E. H. (2000). Character Education. ERIC Digest.
Pala, A. (2011). The Need for Character Education. International Journal of Social Sciences and Humanity Studies, 3(2), 23–32.
Patimah, P. (2015). Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1).
Rahayuningtyas, D. R., Rizqi, P. A., Putri, R. F. M., Sawwama, A., & Ahsani, E. L. F. (2021). Peran Guru Dalam Mempertahankan Cultural Heritage Indonesia Dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(April), 27–37. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/pensa.v3i1.1126
Sadia, W. (2013). Model pendidikan karakter terintegrasi pembelajaran sains. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2).
Widiyatmoko, A. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berkarakter Menggunakan Pendekatan Humanistik Berbantu Alat Peraga Murah. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v9i1.9867
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
indexed by: