PERAN MAHASISWA PGMI IAIN KUDUS SEBAGAI AGENT OF CHANGE DI MASA PANDEMI COVID-19

Rochanah Rochanah

Abstract


Abstrak

 

The purpose of this study was to find out what roles PGMI students can play as agents of change during the COVID-19 pandemi. This type of research is a field research with a qualitative approach. In collecting data, researchers used interview techniques. In particular, the problems that the researchers raised in this study were; What is the role of students as agents of change in supporting children's learning activities during the Covid-19 pandemi? The focus of this research is in the neighborhood where the students live, namely the Pantura area, covering Kudus, Pati, Jepara, Demak. This research is a qualitative research with a descriptive-analytical method. Data collection techniques through interviews. This study resulted in a conclusion that the role of students as agents of change in the education sector during the Covid-19 pandemi includes; become a facilitator in learning activities, create fun learning, provide education about healthy lifestyles, instill adab, provide skills to children.


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran apa saja yang dapat dilakukan mahasiswa PGMI sebagai agent of change di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan Teknik awancara. Secara khusus, permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah; bagaimana peran mahasiswa sebagai agen perubahan mendukung kegiatan pembelajaran anak pada masa pandemi Covid-19? Lokus penelitian ini adalah di lingkungan tempat tinggal siswa yakni wilayah Pantura, meliputi Kudus, Pati, Jepara, Demak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif-analitis. Teknik pengumpulan data melalui wawancara. Penelitian ini menghasilkan suatu kesimpulan bahwa peran mahasiswa sebagai Agent of change dalam bidang pendidikan di masa pandemi Covid-19 meliputi;  menjadi fasilitator dalam kegiatan pembelajaran, menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, memberikan edukasi tentang pola hidup sehat, menanamkan adab, memberikan keterampilan pada anak.


Keywords


Role of Student; Agent Of Change; Covid-19 Pandemic

Full Text:

PDF

References


Ahsani, Eva Luthfi Fakhru. 2020. “Strategi Orang Tua Dalam Mengajar Dan Mendidik Anak Dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19.” Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini 3(1): 37–46.

Asyhari, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Al-BiRuNi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika.

Buana, D. R. (2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 dan Kiat Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar'i., 218.

Dalyono, M. (2001). Psikologi Pendidikan: Komponen MKDK. Jakarta: Rineka Cipta.

Ebtanasti, D. F. (2014). Survei Pilihan Karir Mahasiswa Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK, -.

Hakim, S. N. (2017). Dampak kecanduan internet (internet addiction) pada remaja PROSIDING TEMU ILMIAH X IKATAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN INDONESIA Peran Psikologi Perkembangan dalam Penumbuhan Humanitas pada Era Digital. 281.

Indrawati. (2009). Modul Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan.

Iru, L. (2012). Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi dan Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Istichomaharani, I. S. (2016). “Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Kreatif di Era Masyarakat Ekonomi Asean” Mewujudkan Peran Mahasiswa Sebagai “Agent of Change, Social Control, Dan Iron stock” Stiba Satya Widya Sura. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2 . Surabaya: STIBA Satya Widya Surabaya.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran nomor 4 tahun 2020. Jakarta: Kemendikbud.

Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia) . Jurnal Sosial Humaniora Terapan., 117.

Nasari, F. (2015). Penerapan K-Means Clustering Pada Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus Universitas Potensi Utama). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia , (p. 73).

Rahmawati, M. (2019). Guru sebagai Fasilitator dan Efektivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 51.

Rochanah. (2019). Meningkatkan Kecintaan Anak pada Al Quran melalui Kebun Qur'an (Studi Kasus di Pondok Pesantren Enterpreneur al Mawaddah). Elementary: Islamic Teacher Journal, 332.

Sahipul Anwar, S. K. (2019). Peran Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam Aceh Tenggara sebagai Agents of Social Change. ANTHROPOS: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya, 180.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Alfabeta.

Uno, H. B. (2011). Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yunus, N. R. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar'i.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i2.8094

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License