PENGALAMAN BELAJAR DARING SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA PANDEMI COVID-19 DI SD INKLUSIF

Rehan Nil Jannah, Nurul Lathifa Wulandari, Setia Budi

Abstract


Abstract

The purpose of this research is to find out how the online learning experience of students with special needs in inclusive elementary schools in the covid-19 pandemic. This research is considered interesting because even though the whole world is being rocked by the covid-19 pandemic, education must continue to run well and each student still gets the learning experience that should be, including students with special needs. This research is a field research, with a qualitative approach and type of descriptive writing. For data collection, the authors use interview techniques and direct observation. The results of this study are students with special needs in inclusive elementary schools are given the opportunity to be able to understand the lessons, in a virtual classroom that is specifically provided by the teacher. Because some of the material provided by the teacher has not been modified according to the obstacles of the child. This is what makes children with special needs can try to learn through virtual classrooms google meet, obtain learning videos that can be accessed via youtube, to access material through google. Not only that, children with special needs can also operate the application whatsapp to communicate with teachers and classmates, both through chat and video calls. With this online learning, children with special needs get new experiences in utilizing technology, so that they can grow their confidence.

 

Abstrak

Proses pembelajaran bagi siswa berkebutuhan khusus harus tetap berjalan, walaupun di sebagian besar wilayah dunia tengah digemparkan dengan pandemi covid-19. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengalaman belajar daring siswa berkebutuhan khusus di SD inklusif pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini dinilai menarik karena walaupun seluruh dunia tengah digemparkan dengan pandemi covid-19, pendidikan harus tetap berjalan dengan baik dan setiap siswa tetap mendapatkan pengalaman belajar yang seharusnya, termasuk siswa berkebutuhan khusus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan pendekatan kualitatif serta jenis penulisan deskriptif. Untuk pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara dan observasi langsung. Hasil dari penelitian ini adalah siswa berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusif diberikan kesempatan untuk dapat memahami pelajaran, di dalam ruang kelas virtual yang disediakan khusus oleh guru. Karena beberapa materi yang diberikan guru belum dimodifikasi sesuai dengan hambatan anak. Hal inilah yang membuat anak berkebutuhan khusus dapat mencoba belajar melalui ruang kelas virtual google meet, memperoleh video pembelajaran yang dapat diakses melalui youtube, hingga mengakses materi melalui google. Tidak hanya itu, anak berkebutuhan khusus juga dapat mengoperasikan aplikasi whatsapp untuk berkomunikasi dengan guru maupun teman sekelasnya, baik melalui chatting maupun video call. Dengan adanya pembelajaran daring ini membuat anak berkebutuhan khusus mendapat pengalaman baru dalam memanfaatkan teknologi sehingga menumbuhkan kepercayaan diri mereka.

 


Keywords


Pengalaman belajar daring, siswa berkebutuhan khusus, pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Agustiningsih. (2015). Video Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Dalam Rangka Mendukung Keberhasilan Penerapan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 50. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.72

Ahmed, R. (2018). Effects of online education on encoding and decoding process of students and teachers. MCCSIS 2018 - Multi Conference on Computer Science and Information Systems; Proceedings of the International Conferences on e-Learning 2018, 2018-July, 42–48.

Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 3(1), 37–46.

Alam, S. (2020). Penilaian dan Angka Rapor Pembelajaran Daring. Media Indonesia.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Fansen. (2020). PENGARUH PEKERJAAN ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI PAUD YASPORBI KOTA BENGKULU. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) BENGKULU.

Herviani, V. K., Istania, Sasongko, T. B., & Ramadhan, L. F. (2018). EVALUASI PESERTA DIDIK SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSIF DI KOTA BONTANG. Jurnal Pendidikan Inklusi, 1(70), 146–153.

Imania, K. A., & Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47. https://doi.org/10.31980/jpetik.v5i1.445

Jauhari, M. N., Sambira, & Zakiah, Z. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhapad Pelaksanaan Pembelajaran Penjas Adaptif Di Sekolah Luar Biasa. SATAND: Sports and Develop, 1(1), 63–70.

Lase, D. (2019). Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. JURNAL SUNDERMANN, 1(1), 28–43. https://doi.org/ttps://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18

Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., Negeri, U. I., & Semarang, W. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi (Studi terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud.go.id). Walisongo Journal of Information Technology, 1(2), 151–160. https://doi.org/10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Pratama, R. A., & Pratiwi, I. M. (2019). HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE BERDASARKAN KEMANDIRIAN BELAJAR. 6(1), 96–107.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Priyono Budi Santoso, Wijayanti, L. M., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. 2, 1–12.

RI, M. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School 7, 7(2), 297–302.

Risalah, A., Ibad, W., Maghfiroh, L., Azza, M. I., Cahyani, S. A., & Ulfayati, Z. A. (2020). DAMPAK PANDEMI COVID-19 TERHADAP KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI MI / SD ( Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru Dan Siswa ). 1(1), 10–16.

Rusdiana, E. dan A. N. (2020). Respon pada Pembelajaran Daring bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia. Integralistik, 31(1), 1–12.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sue, S. (2002). Inclusive Education Where There Are Few Resources. Diterjemahkan Oleh: Susi Sepraviana R.

Sukesiha, Usmanb, Budi, S., & Sari, D. N. A. (2020). PENGETAHUAN DAN SIKAP MAHASISWA KESEHATAN TENTANG PENCEGAHAN COVID-19 DI INDONESIA. 11(2), 258–264.

Sukmadinata, S. N. (2005). Metode Penelitian. PT Remaja Rosdakarya.

Supit, D. (2020). Hubungan Media Pembelajaran Video dan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Advent Tikala. 6(1), 73–82.

Thorik, S. H. (2020). Efektivitas Pembatasan Sosial Berskala Besar Di Indonesia Dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19. 4, 115–120.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i2.8040

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License