PENGARUH PROFESIONALISME DAN DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR

Ratna Dewi, Sita Husnul Khotimah

Abstract


The purpose of this study was to determine and analyze the effect of professionalism, teacher work discipline, and their interactions in improving the quality of education at SDN 04 Cipedak and MIN 08 Jagakarsa, South Jakarta. The results showed, 1) there is a significant influence between teacher professionalism on the quality of education, teacher professionalism has an effect of 78.5% on the quality of education and the remaining 21.5% is caused by other factors that the authors do not observe. 2) teacher work discipline on the quality of education has an effect of 83.5% and the remaining 16.5% is caused by other factors that are not observed by the authors. 3) the results of the joint analysis between the professionalism and discipline of teacher work on improving the quality of education are positive and the effect is very strong, this is indicated by the R-value of 0.894 and the R square value of 0.799 or 79.9%. Based on the results of this study, what the principal must do is to strive to improve human resources, especially teachers as human educators to be more competent in their profession by providing opportunities to participate in various training both held by the school or from outside the school.

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh profesionalisme, disiplin kerja guru serta interaksi keduanya dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDN 04 Cipedak dan MIN 08 Jagakarsa, Jakarta Selatan. Metode yang digunakan adalah deskriptip dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan teknik analisa data menggunakan analisis regresi ganda. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang guru di SDN 04 Cipedak dan 15 orang guru di MIN 08 Jagakarsa. Hasil penelitian menunjukkan, 1) terdapat pengaruh signifikan antara profesionalisme guru terhadap mutu pendidikan, profesionalisme guru mempunyai pengaruh sebesar 78,5% terhadap mutu pendidikan dan sisanya 21,5% disebabkan oleh factor lain yang tidak diamati penulis. 2) disiplin kerja guru terhadap  mutu pendidikan mempunyai pengaruh sebesar 83,5% dan sisanya sebesar 16,5% disebabkan oleh faktor-faktor lain yang tidak diamati penulis. 3) hasil analisa secara bersama-sama antara profesionalisme dan disiplin kerja guru terhadap peningkatan mutu pendidikan bernilai positif dan pengaruhnya sangat kuat, hal ini ditunjukkan oleh nilai R sebesar 0,894 dan nilai R square 0,799 atau 79,9%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, hal yang harus dilakukan kepala sekolah adalah mengupayakan peningkatan sumberdaya manusia khususnya guru selaku insan pendidik agar lebih kompeten dalam profesinya dengan memberikan kesempatan untuk mengikuti berbagai pelatihan baik yang diadakan oleh pihak sekolah atapun dari luar sekolah.


Keywords


Profesionalisme; disiplin kerja; mutu pendidikan

Full Text:

PDF

References


Armani, A. R., & Margunani, . (2017). Economic Education Analysis Journal PENGARUH PROFESIONALISME GURU, DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SRAGEN Info Artikel. In EEAJ (Vol. 6, Issue 1).

Danim, S. (2007). Dari unit Birokrasi ke Lembaga Akademik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Darmadi, H. (2015). MENJADI GURU PROFESIONAL diperbincangkan , karena guru merupakan sumber kunci keberhasilan pendidikan . didik yang menyangkut berbagai aspek yang bersifat manusiawi yang unik dalam. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.

Dewi, T. A. (2015). PENGARUH PROFESIONALISME GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU EKONOMI SMA SE-KOTA MALANG (Vol. 3, Issue 1).

Haryati, T. (n.d.). PENGARUH PROFESIONALISME GURU, MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN KERJA TERHADAP KONERJA GURU HONORER SEJARAH DI SMA SE-KABUPATEN BIMA.

Juliantoro, M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 5(2), 24–38.

Kunandar, S. P., & Si, M. (2010). Guru profesional implementasi kurikulum satuan pendidikan (KTSP) dan sukses dalam sertifikasi Guru. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Kusnandi. (2018). Konsep Dasar dan Strategi Penjaminan Mutu Pendidikan: Sebagai Review Kebijakan Mutu Pendidikan. Indonesian Journal of Education Management & Administration Review, 2(1), 193–204. https://doi.org/10.4321/IJEMAR.V2I1.1824

Mangkunegara, A. A., & Prabu, A. (2013). Sumber Daya Manusia Perusahaan, Cetakan Kesebelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad, Y. (2016). PROFESIONALISME GURU DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN. In LENTERA PENDIDIKAN (Vol. 19, Issue 1).

Mulatsih, H., Ayu Nyoman, N. M., Egar, N., & di Kabupaten Kendal, G. (2018). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIS KEPALA PAUD DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP MUTU PAUD DI KECAMATAN GEMUH KABUPATEN KENDAL. In JMP Universitas PGRI Semarang (Vol. 7).

RAHMAT SYAIFULLAH, A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) dalam Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK PGRI Sukodadi Lamongan. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 1(01), 1–8.

Sari, C. D. L. (2013). Pengaruh Profesionalisme Guru dan Motivaso Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Batik 2 Surakarta.

Soendari, T. (n.d.). Metode Penelitian Deskriptif.

Turangan, J. K. (2017). Pengaruh Kompetensi, Disiplin Kerja Dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri 1 Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 5(2).

Wijaya, C., Djadjuri, D., & Rusyan, A. T. (1991). Upaya pembaharuan dalam pendidikan dan pengajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Zubaidah, S. (2015). Pengaruh budaya sekolah dan motivasi kerja guru terhadap mutu pendidikan di SMK N 1 Pabelan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,” November, 177–184.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7839

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License