PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SUB TEMA PEMANFAATAN ENERGI DI KELAS IV SD

Firman Firman, Hendra Budiono

Abstract


Abstract

The purpose of this study was to obtain valid, practical and efficient teaching materials using the Problem Based Learning model on the sub-theme of energy use in the fourth grade of elementary schools. This research utilized research and development method with a model of development of the 4-D (Four D) consisting of four stages: define, design, development, and the disseminate. The results of this study obtained an average general validation result in 3.38 with very valid categories. The practicality test was seen from the implementation of the Problem Based Learning model in learning with an average of 3.44, the practical category, the student response questionnaire obtained a practical level in 3.49 with the practical category. The effectiveness test seen from student activities during the learning process includes visual, oral, motor, mental, and emotional activities showing an average overall activity of 79.58 in the High category. From this research it can be concluded that the teaching materials developed are valid, practical, and effective.

 

 Abstrak

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bahan ajar yang valid, praktis dan efisien menggunakan model Problem Based Learning pada sub tema pemanfaatan energi di kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) dengan model pengembangan 4-D (Four D) yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian ini didapat rata-rata hasil validasi secara umum 3,38 dengan kategori sangat valid. Uji praktikalitas dilihat dari keterlaksanaan model Problem Based Learning dalam pembelajaran dengan rata-rata 3,44, kategori Praktis, angket respon siswa didapat tingkat kepraktisan 3,49 dengan kategori praktis. Uji efektivitas dilihat dari aktivitas siswa selama proses pembelajaran meliputi aktivitas visual, oral, motor, mental, dan emosional menunjukkan rata-rata aktivitas keseluruhan 79,58 dengan kategori Tinggi. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berada pada kriteria valid, praktis, dan efektif.


Keywords


Bahan Ajar; Problem Base Learning; Pemanfaatan Energi

Full Text:

PDF

References


Fitri, Y., & Octarini, H. (2017). Pengembangan Handout dengan Pendekatan Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 25 Padang. Theorems, 2(1), 0–5.

Karyadi, B. (2016). Pengembangan Model Bahan Ajar Pendidikan Lingkungan Berbasis Masalah Untuk Siswa Sekolah Dasar. IJEEM: Indonesian Journal of Environmental Education and Management, 1(2), 22–35.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurukulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud.

Nasrul, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), 81–92. https://doi.org/10.24036/jippsd.v2i1.100491

Plomp, T. (2007). Educational Design Research: an Introduction. Netherlands Institute for Curriculum Development.

Ronis, D. (2001). Problem Based Learning for Math and Science. Skylight Training and Publishing Inc.

Rusman. (2011). Model-model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenamedia.

Santyadiputra, G. S. (2017). Validasi Bahan Ajar Berbasis Model Project-Based Learning Pada Matakuliah Sistem L. Seminar Nasional Riset Inovatif 2017, 352–359.

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Grafindo Persada.

Sri Handayani, Sefna Rismen, A. M. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Penyajian Data Statistik Untuk Kelas X Sma N 3 Padang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukmadinata. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Grafindo Persada.

Sumarji. (2009). Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Ilmu Statika dan Tegangan Di SMK. Teknologi Dan Kejuruan, 32(2), 129–140.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Kencana Prenada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i2.7622

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License