PENERAPAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PROBLEM SOLVER DI SEKOLAH DASAR

Agus Firmansyah, Yumidiana Tya Nugraheni

Abstract


Abstract

Islamic Education teachers predominantly use the lecture method in learning. Provision of teaching materials with one method for one semester or even two semesters makes children become bored. This research is to find out the application of the Quantum Teaching learning model to improve creativity and problem solving skills in Al-Islam subjects. This research is a classroom action research with steps to compile the action plan, action implementation, observation and reflection. This research was conducted at Yogyakarta Muhammadiyah Condongcatur Elementary School with research subjects in grade VI in the 2019- 2020 academic year. The results of research is: can develop students’ abilities in terms of solving problems and increase their creativity and encourage students to be enthusiastic in the learning process. This Quantum Teaching Model can encourage teachers to develop themselves in the learning process. The Quantum Teaching Model, which in the first cycle only gets 6 points. In second cycle the learning process gets 8 points. In first cycle the results of the problem solving value is “lacking” (2.80) and creativity is lacking (2.61). In second cycle the results of the problem solving value are “enough” (3.22) and creativity is “sufficient” (3.21). PAI teachers are advised to apply the Quantum Teaching model in the learning process, so as to increase student creativity and problem solving.

 

Abstrak

Pendidik PAI dominan menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran. Metode ini dianggap paling baik. Pemberian materi ajar dengan satu metode selama satu semester bahkan dua semester membuat anak menjadi jenuh. Penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan kreativitas dan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran Al-Islam. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah menyusun rancangan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta dengan subyek penelitian siswa kelas VI D tahun pelajaran 2019- 2020. Hasil dari penelitian ini, antara lain: dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam hal memecahkan masalah serta meningkatkan kreativitasnya serta mendorong siswa antusias dalam proses pembelajaran. Model Quantum Teaching ini dapat mendorong guru dalam mengembangkan diri dalam proses pembelajaran. Model Quantum Teaching yang pada siklus I yang hanya mendapatkan 6 point yang berarti proses pembelajaran BT (belum terlihat). Pada Siklus II proses pembelajaran mendapatkan 8 point proses pembelajaran MT (mulai terlihat). Pada siklus I hasil nilai pemecahan masalah “kurang” (2,80) dan kreativitas kurang (2,61). Pada siklus II hasil nilai pemecahan masalah “cukup” (3,22) dan kreativitas “cukup” (3,21). Pendidik PAI disarankan menerapkan model Quantum Teaching dalam proses pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan kreativitas dan pemecahan masalah siswa


Keywords


Quantum Teaching, Creativity, Problem Solving, Elementary School.

Full Text:

PDF

References


Abdullah. (2019). Quantum Teaching dalam Pembelajaran Akhlak: Studi Kasus SMP Jati Agung Al Qodiry Islamic Fullday Scholl Sidoarjo. 69-85.

Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Lubis, N. F Siagian, M & Siregar D.A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hadil Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1. Jurnal Education and Development, 7 (2), 10-16.

Malik, A., & Afandi, M. (2020). Peningkatan Disiplin dan Prestasi Belajar PAI Menggunakan Model Quantum Teaching Kelas VII MTs NU Al Ishlah Binabaru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 60-67.

Muhaimin. (Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah). 2004. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasih, A.M., & Cholidah L.N. (2013). Metode dan Teknik Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam . Bandung: Refika Aditama.

Porter, B. d. (2000). Quantum Teaching. Bandung: Mizan.

Ramayulis. (Ilmu Pendidikan Islam). 2011. Jakarta: Kalam Mulia.

Rapani, I. (2019). Pengaruh Model Quantum Teaching Menggunakan Media Realia terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD. Jurnal Pedagogik 1 (1), 1-12.

Sudarsono, B. (2019). Implementasi Metode Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo 14 (01), 75-80.

Sutrisno. (2006). Fazlur Rahman Kajian Terhadap Metode, Epistemologi, dan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7225

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License