PENINGKATAN COUNSELOR COMPETENCE BAGI CALON GURU KELAS MI dan SD DI ERA INDUSTRI 4.0
Abstract
Abstract
Counselor competence is the ability that must be possessed by someone to help others who have problems so the problem is clear. It becomes very important if a prospective class teacher in MI / SD must be able to have this competency. This research focuses on the study of enhancement counselor competence for prospective class teachers in MI and Elementary Schools in the industrial revolution era 4.0 which is a program created bby universities that have been granted admission to elementary schools. The method of this study a literature-based research. The results of study indicate that the Directorate of Islamic Education at the Ministry of Religion has presented all competencies that must be achieved by prospective class teachers. Managerial competence and general skills that must be possessed by prospective teachers in MI / SD classes are in accordance with the needs of a teacher in the industrial revolution era 4.0, namely counselor competence, so that prospective teachers of classes at MI / SD from Islamic tertiary institutions can be said to be able to become suitable class teachers with the industrial revolution era 4.0.
Abstrak
Kompetensi konselor merupakan kemampuan yang harus dimiliki seseorang untuk membantu orang lain yang mempunyai permasalahan, sehingga permasalahan dapat terselesaikan. Menjadi sangat penting jika seorang calon guru kelas di MI/SD harus memiliki kompetensi ini. Penelitian ini memiliki fokus pada kajian tentang peningkatan counselor competence bagi calon guru kelas di MI dan SD di era revolusi industri 4.0 yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi yang membuka program pendidikan dasar. Metode dalam penelitian ini adalah metode berbasis pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Direktorat Pendidikan Islam Kementerian Agama telah menyajikan semua kompetensi yang harus dicapai oleh calon guru kelas. Kompetensi manajerial dan keterampilan umum yang harus dimiliki calon guru kelas MI/SD tersebut sesuai dengan kebutuhan seorang guru di era revolusi industri 4.0 yaitu kompetensi konselor, sehingga calon guru kelas MI/SD yang berasal dari perguruan tinggi keislaman mampu menjadi guru kelas yang sesuai dengan era revolusi industri 4.0.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdikbud. Penataan Pendidikan Profesional Konselor Dan Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal, 2008
Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama Islam Republik Indonesia. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Jenjang Sarjana Pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Dan Fakultas Agama Islam (FAI) Pada Perguruan Tinggi, 2018
Erlina, N., & Fitri, L. A. Penggunaan Layanan Konseling Individu dengan Pendekatan Behavioral untuk Mengurangi Prilaku Membolos Peserta Didik Kelas VIII MTs Miftahul Ulum Merabung Iii Kecamatan Pugung Kabupaten Tanggamus. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 2016
Fitriyah, R. N. Pengembangan Kompetensi Guru di Era Revolusi Industri 4.0 melalui Pendidikan dan Pelatihan. Prosiding Sendi, 2019
Ghufron, M. A. Revolusi industri 4.0: Tantangan, Peluang dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2018
Ibda, H. PENGUATAN LITERASI BARU PADA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM MENJAWAB TANTANGAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(education), 1–21. https://doi.org/10.24260/jrtie.v1i1.1064, 2018
Ibda, H., & Rahmadi, E. Penguatan Literasi Baru pada Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 2018
Ilyas, K. Indonesia Lawyers Club, 2019
Iskandar, Agung, D. Mengembangkan Profesionalitas Guru Upaya Meningkatkan Kompetensi Dan Profesionalisme Kinerja Guru. Bae Media Pustaka, 2014
Kementrian Pendidikan Nasional. 7 Provinsi Raih Nilai Terbaik Uji Kompetensi Guru 2015. https://www.kemdikbud.go.id/Main/Blog/2016/01/7-Provinsi-Raih-Nilai-Terbaik-Uji-Kompetensi-Guru-2015, 2015
Komalasari, Gantina, D. Teori dan Teknik Konseling. Indeks, 2011
Krjogja. Guru Era 4.0. http://krjogja.com/Web/News/Read/59981/Guru_Era_4_0, 2018
Lase, D. Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. SUNDERMANN Jurnal Ilmiah Teologi Pendidikan Sains Humaniora Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.36588/sundermann.v1i1.18, 2019
Ma’mur Asmani, J. 7 Kompetensi Guru Menyenangkan Dan Profesional. Power Books (Ihdina), 2009
Nazir. Metode Penelitian. Metode Penelitian, 2004
Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Sekretariat Negara, 2005
Salahudin, A. Bimbingan dan Konseling. Pustaka Setia, 2010
Shelley, M., & Krippendorff, K. Content Analysis: An Introduction to its Methodology. Journal of the American Statistical Association. https://doi.org/10.2307/2288384, 1984
Sukri Syamsuri, A. D. I. (n.d.). Guru, Generasi Z, Dan Pembelajaran Abad 21. http://www.unismuh.ac.id/Wp-Content/Uploads/2018/05/Tantangan-Guru-Generasi-Z-Dan-Pembelajaran-Abad-21.Pdf
UU No 14 Tahun 2005, R.. Undang-undang Guru dan Dosen. Produk Hukum. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1016/S0167-2991(08)63816-1Wahyuni, D. (2018). Peningkatan Kompetensi Guru Menuju Era Revolusi Industri 4.0. Info Singkat (Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis) Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI 2018, 2005
Yunus, S. Mengkritisi Kompetensi Guru. Detik.Com. https://news.detik.com/Kolom/D-3741162/Mengkritisi-Kompetensi-Guru, 2018
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6926
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
indexed by: