Analisis Matematis Pengurangan pada Bilangan Bulat dengan Penggunaan Dekak-Dekak di MI Nurul Huda

nurdyansyah nurdyansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) cara meningkatkan pemahaman konsep pengurangan bilangan bulat melalui penggunaan dekak-dekak peserta didik kelas V MI Nurul Huda, (2) penggunaan dekak-dekak dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep pengurangan bilangan.

Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V sebanyak 23 peserta didik. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi ,tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang dipakai adalah t-tes.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengurangan pada bilangan bulat dengan penggunaan dekak-dekak dilakukan dengan tahap (1) pemahaman konsep, (2) penentuan konsep , dan (3) pemantapan materi. Pada tahap pemahaman konsep peserta didik secara kelompok dibimbing oleh pendidik menggunakan media dekak-dekak, (a) peserta didik membagi manik-manik berwarna merah dan hitam, (b) melakukan pengerjaan pengurangan bilangan bulat dengan memindaahkan manik-manik merah atau hitam pada tempatnya untuk mencari hasil pengurangan bilangan bulat. Penggunaan dekak-dekak dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat peserta didik kelas V MI Nurul Huda dapat dilihat dari nilai t-tes yang menyatakan ada peningkatan pemahaman sebesar 32% dari sebelumnya. Adapun rata-rata nilai tes peserta didik pada siklus I (65,9) dan mengalami peningkatan pada siklus II (83,3).

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan: (1) kepada pendidik dalam kegiatan pembelajaran matematika hendaknya dapat menggunakan media dekak-dekak pada konsep bilangan bulat,(2) kepada pendidik matematika agar dapat melakukan penelitian tindakan yang sama atau mengembangkan penelitian ini pada kelas-kelas yang lain di MI Nurul Huda secara berkesinambungan. 

 


Keywords


Matematis, Dekak-dekak

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2001. Prosedur Penelitian Satuan Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta : Bumi Akasara

Arikunto, S. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan..Yogyakarta : Rineka Cipta

Asyari, A.R, dkk.1998. Pendidikan Matematika I.Jakarta : Proyek PGSD Dirjen Dikti Depdikbud

Dasna, W. I, Fatchan, A.2007. Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Ilmiah. Malang : BSPG Rayon 15 Universitas Negeri Malang.

Depdiknas.2007. Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2006.Jakarta: Depdiknas

Depdiknas. 2007. Pedoman Penilaian Hasil Belajar SD.Jakarta : Depdiknas

Dimyati.2006.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta : Rineka Cipta

Edgar dan kavohak. 1998. Strategies for Teachers:Second Edition.New Yersey : Pentice Hall

Hudaya, H. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Malang : IKIP Malang

Joyce and Will, M.1992. Models of Teaching.Massachussetts : Allyn and Bacon.

Karso, dkk.2004. Pendidikan Matematika I. Jakarta : Universitas Terbuka

Mariana, M.A. 2003. Pembelajaran Remedial. Jakarta : Depdiknas

Murni, S.2005.Analisis Kendala Peserta didik Kelas II SD dan Penerapan Pengoprasian Hitung Dasar Bilangan Cacah. Studi Kasusu.Malang : FKIP.UT

Pitajeng.2006.Pembelajan Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Depdiknas

Prihandoko, C.A. 2006 Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika secara Benar dan Menarik.Jakarta : depdiknas

Ruseffendi, E.T.1992.Materi Pokok Pendidikan Matematika 3. Jakarta : Depdikbud.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian dan pengembangan. Cetakan ke-1. Bandung: PT Alfabeta

Wardhani, dkk. 2006. Strategi Mengoptimalkan Hasil Belajar Calistung di Sekolah Dasar.Yogyakarta: depdiknas




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v7i2.6366

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License