PERANAN GERAKAN PRAMUKA DALAM MENANAMKAN SIKAP NASIONALISME DI MADRASAH IBTIDAIYAH (Studi Kasus Di MIN Kudus Tahun Pelajaran 2017/2018)

Mufatihatut Taubah, Uswatun Chasanah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perana gerakan pramuka dalam menanamkan sikap nasionalisme di MIN Kudus tahun pelajaran 2017/2018). Jenis penelitian field research ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peranan gerakan pramuka dalam menanamkan sikap nasionalisme di MIN Kudus, yaitu kecintaan pada tanah air, cinta dan bangga terhadap lagu dan bahasa nasional, meneladani para pahlawan, menghargai kebudayaan bangsa, kepedulian terhadap lingkungan,  kebanggaan terhadap identitas dan lambang negara, kewajiban pelajar dalam mengisi kemerdekaan; 2) Program dan materi gerakan pramuka dalam menanamkan sikap nasionalisme di MIN Kudus diberikan menggunakan semi tematik yang berpedoman pada buku Syarat Kecakapan Umum; 3) Faktor pendukungnya adalah jumlah anggota pramuka yang banyak menjadikan sebagaian besar mudah dipacu untuk cepat majunya, adanya dukungan dari pihak madrasah, dan pembina yang berkompeten didalam bidangnya. Faktor penghambat adalah waktu pelaksanaan kegiatan yang kurang, faktor dari lingkungan, dan psikologis anggota pramuka.


Keywords


Gerakan Pramuka, Sikap Nasionalisme

References


Aji, Anggatra Herucakra. 2016. Pendidikan Karakter Dalam Ekstrakulikuler Parmuka Di SMP Negeri 1 Yogjakarta. Jurnal Kebijakan Pendidikan. Vol. V.

Damanik, Saipul Ambri. 2014. Pramuka Ekstrakulikuler Wajib Di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan. Vol. 13. No. 2. Hlm. 16. Diakses Tanggal 8 Februari 2018

Hudiyono. 2012. Membangun Karakter Siswa Melalui Profesionalisme Guru Dan Gerakan Pramuka. Jakarta: Esensi Erlangga Grup.

Jainudin Abdullah. 2015. Peran Guru Dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme Pada Siswa Smp Negeri Bambang Kecamatan Bacan Timur. Jurnal Pendidikan. Vol. 13. No.2. ISSN: 1693-4464.

Kahono. 2010. Bela Negara Dalam Permainan Prmuka. Jakarta: PT Puri Pustaka.

Kahono. 2010. Memecah Kebekuan Dalam Permainan Pramuka. Bandung: PT Puri Pustaka.

Lukman Santosom Az. 2014. Panduan Terlengkap Pramuka. Jogyakarta: Buku Biru.

Muljana, Selamet. 2012. Kesadaran Nasional Dari Kolonialisme Sampai Kemerdekaan. Yogyakarta: PT. LKIS Printing Cemerlang.

Murod , Abdul Choliq. 2011. Nasionalisme Dalam Pespektif Islam. Jurnal Sejarah. Vol. 16. No. 2. ISSN: 45-58.

Nainggolan, Natalia. Peranan Keramukaan Dalam Membina Sikap Nasionalisme Pada Gugus Melati Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi PGSD FKIP Unsyiah. Vol. 1. No.1. 16. ISSN: 88-97.

Noor Yadi S.Pd.I., M.Pd.I. Kepala Sekolah MIN Kudus. Wawancara Pribadi. Pada Tanggal 31 Oktober 2017

Noor Yadi. Wawancara Dengan Kepala Madrasah MIN Kudus. Pada Hari Senin, 21 Mei 2018. Pukul 07.59 Wib. Di Ruang Kepala Madrasah MIN Kudus.

Noor Yadi. Wawancara Dengan Ketua Mabigus MIN Kudus. Pada Hari Senin Tanggal 21 Mei 2018. Pukul 07.59 WIB. Di Ruang Kepala Madrasah MIN Kudus.

Nurani Soyomukti. 2016. Soekarna Dan Nasakom. Jogjakarta: Garasi.

Observasi Di MadrasahMIN Kaliwungu Kudus. Tanggal 31 Oktober 2017. Pukul 11.00 WIB

Rozak, Abdul Dan Wahid Sayuti. 2004. Buku Suplemen Pendidikan Kewargaan (Civic Education) Demokrasi, Hak Asasi Manusia, Dan Masyarakat Madani. Jakarta: Prenada Media.

Saifudin Azwar. 2001. Metode Penelitian. Yogyakarta. Pustakapelajar.

Saiful Amri. Wawancara Dengan Ketua Gudep Di MIN Kudus. Pada Hari 18 Mei 2018. Pukul 10.20 Wib. Di Teras Halaman Madrasah Min Kaliwungu Kudus.

Saiful Amri. Wawancara Dengan Ketua Gudep MIN Kudus. Pada Hari Senin Tanggal 04 Juni 2018. Pukul 09.30 WIB Di Teras Halaman Madrasah MIN Kudus.

Saiful Amri. Wawancara Dengan Ketua Gudep MIN Kudus. Pada Hari Jumat Tanggal 18 Mei 2018. Pukul 09.30 WIB Di Teras Halaman Madrasah MIN Kudus.

Saiful Amri. Wawancara Dengan Ketua Gudep MIN Kudus. Pada Hari Jumat Tanggal 18 Mei 2018. Pukul 09.30 WIB Di Teras Halaman Madrasah MIN Kudus.

Saiful Amri. Wawancara Dengan Ketua Gudep MIN Kudus. Pada Hari jumat Tanggal 18 Mei 2018. Pukul 09.30 WIB Di Teras Halaman Madrasah MIN Kudus.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharso dan Ana Retnoningsih. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Penerbit Widya Karya.

Sumanta, Muhammad dan Fitri Juwita Santi. Seri Lulus Buku Saku Pramuka: Siaga Bantu. Jakarta: Esensi Erlangga Group. 2014.

Supardi, dkk. 2014. Efektifitas Pengembangan Nilai-Nilai Karekter Bangsa Melalui Ekstrakulikuler Pramuka. Jurnal Pendidikan Universitas Indraprasta PGRI. Vol. 1. No.3. Diakses Tanggal 28 Desember 2017

Undang-Undang RI No. 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka. Diakses Tanggal 1 November 2017

Undang-Undang RI No.12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Diakses Tanggal 1 November 2017

Waridah, Siti, Sukardi Dan Sunarto. 2003. Sejarah Nasional Dan Umum 2 Untuk SMU Kelas 2 Semester 1 An Semester 2. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i2.4398

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License