KOLABORASI GURU KELAS DAN TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN KONSEP DIRI PESERTA DIDIK KELAS ATAS PENGHAFAL AL-QUR’AN DI SDIT BAIK

Nur Hidayat

Abstract


Latar belakang penelitian ini mengungkap ada tidaknya kolaborasi guru
kelas dan guru tahfidz dalam meningkatkan konsep diri peserta didik
penghafal al-Qur’an di SDIT Bina Anak Islam Krapyak. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui bentuk, jenis dan faktor pendukung serta
penghambat dalam pelaksanaan kolaborasi dalam meningkatkan konsep
diri peserta didik di kelas atas penghafal al-Qur’an. Penelitian ini
merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek
penelitian ini yaitu guru kelas, guru tahfidz dan peserta didik kelas atas
penghafal al-Qur’an. Sedangkan objek penelitian ini adalah bentuk, jenis
dan faktor penghambat-pendukung pelaksanaan kolaborasi. Pengumpulan
data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. 

Adapun analisis data yang digunakan yatu analisis deskriptif kualitatif
dengan teknik analisis menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian
menunjukkan: Pertama, Bentuk kolaborasi yang dilakukan oleh guru kelas
dan guru tahfidz adalah bentuk formal dan Informal. Kedua, Jenis
kolaborasi yang dilakukan oleh guru kelas dan guru tahfidz yaitu
kolaborasi sekunder diwujudkan dengan pelaksanaan kolaborasi yang
dilakukan oleh guru kelas dan guru tahfidz dengan cara menjalankan
tugas-tugasnya. Ketiga, Faktor pendukungnya adalah kerjasama yang
baik, adanya program penunjang, dan pembiasaan perilaku baik dan tidak
ada faktor penghambatnya karena dalam pelaksanaan kolaborasi, pihakpihak
guru dapat menjalin hubungan dengan baik.


Keywords


Kolaborasi, Konsep diri, Guru Kelas dan Guru Tahfidz

References


Abdulsyani. 2014. Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.

Elfachmi Amin, Kuneifi. 2016. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif : Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

http://mepnews.id/2018/03/14/perilaku-menyimpang-anak-zaman-sekarang/ diakses pada 30 Maret 2018 pukul 23.30 WIB.

Muhaimin Azzet, Akhmad. 2011. Menjadi Guru Favorit, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Pamuchtia, Yunda dan Nurmala K. Padjaitan. 2010. “ Konsep Diri Anak Jalanan: Kasus Anak Jalanan di Kota Bogor Jawa Barat”, Jurnal Transdisiplin Sosiologi, Komunikasi, dan Ekologi Manusia.

Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan No. 67 Tahun 2013 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum SD/MI.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D), Bandung : Alfabeta.

Undang-Undang Tentang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005. Jakarta: PT. Sinar Grafika. Cetakan ke-1. 2005.

Yusuf, Syamsu. 2011. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.

Bandung:PT.Remaja Rosdakarya.

Hasil wawancara yang dilakukan kepada Bapak Sumiran, S.Pd.I selaku Kepala

Sekolah SD IT BAIK pada Senin 5 Maret 2018 di Ruang Kepala Sekolah pada Pukul 08.30 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i2.4393

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License