SUPERVISI PEMBELAJARAN TEMATIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi
pembelajaran tematik di MI NU Baitul Mukminin Getas Pejaten Jati
Kudus Tahun Pelajaran 2017-2018. Jenis penelitian field research
ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan dengan model Miles-Huberman dengan
tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa supervisi pembelajaran tematik di MI NU
Baitul Mukminin dapat dikategorikan baik dan sesuai dengan
prosedur supervisi pembelajaran tematik. Hal ini dapat dilihat dari
pelaksanaan supervisi pembelajaran tematik yang dilakukan kepala
madrasah kepada guru dan siswa. Prosedur tersebut mulai dari
tujuan dan fungsi penerapan supervisi pembelajaran tematik.
Prinsip yang dijadikan pedoman diantaranya adalah prinsip
kekeluargaan, program yang direncanakan, serta teknik yang
dilakukan sesuai situasi dan kondisi yang tepat untuk menilai
kinerja guru, khususnya dalam pembelajaran tematik di kelas IVA
dan kelas IVB.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ali, N. 2014. Supervisi Pembelajaran Kepala Madrasah dalam Pelaksanaan
Kurikulum 2013 dengan Multiple Intelligences dan Emotional
Intelligence pada Madrasah Ibtidaiyah. Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan. Vol.7. No.1.
Asmani, J. M. 2012. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
Asmani, J.M. 2012. Tips Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jogjakarta: Diva Press.
Dadang, S. 2014. Supervisi Profesional (Layanan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Era Otonomi Daerah). Bandung: Alfabeta.
Daryanto dan Rahmawati, T. 2015. Supervisi Pembelajaran (Inpeksi meliputi:Controling, Correcting, Judging, Directing, Demonstration).
Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Daryanto. 1998. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Renika Cipta.
Ginawati, S. 2014. Supervisi Akademik Berbasis Open Class dalam
Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Penelitian Tindakan
Sekolah dan Kepengawasan. Vol. 1. No. 1
Imron, A. 2012. Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta:bumi aksara.
Kasmad. 2015. Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Tematik
Terpadu Melalui Kegiatan In House Training (IHT) bagi Guru
Kelas I SD. Jurnal Konseling GUSJIGANG. Vol.1. No.2.
Kompri. 2015. Manajemen Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kristiantari, R. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam
Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif
Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.
No. 2.
Millah, D. dan Syah, M., N., S. 2017. Implementasi Pembelajaran Tematik Integratif Kelas I Sekolah Dasar Negeri 2 Barongan Kudus. Jurnal Ilmu Elementary. Vl. 5. No. 2.
Mukhtar dan Iskandar. 2013. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta: Referensi (Gaung Persada Press Grup).
Nurhamidah, S., Dantes, N., Lasmawan, W. 2014. Upaya Peningkatan Pengelolaan Proses Pembelajaran Melalui Pendampingan pada Implementasi Kurikulum 2013 terhadap Guru–Guru kelas I dan
Kelas IV, e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan
Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar, Vol. 4.
Rahayuningsih, L.E. 2011. Supervisi Pembelajaran Tematik pada Guru di SD Negeri Dadapsari Semarang. Tesis.
Rahmayanti, Khairuddin & Usman, N. 2014. Kemampuan Kepala Sekolah dalam Pelaksanaan Supervisi Pengajaran di SD Negeri 24 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika. 14 (2).
Riyanto, T. 2015 Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Tematik Melalui Supervisi Klinis bagi Guru Kelas I, II, dan III SD Negeri Karangturi Kecamatan Lasem. Didaktika PGRI. Vol.1. No.2.
Roemintoyo. 2013. Supervisi Pengajaran untuk Meningkatkan
Profesionalisme Guru di Sekolah Dasar (Studi Multikasus di SD
laboratorium sumber ilmu, SDN Sekar Arum I, SDK Sang Surya,
San SON Madukoro VI, Malang). JIPTEK. Vol. VI No.1.
Sagala, S. 2010. Supervisi Pembelajaran (dalam profesi pendidikan).
Bandung: Alfabeta.
Sahertian, P. A. 2010. Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan (Dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia). Jakarta: Rineka Cipta.
Salimudin. 2010. Supervisi Klinis sebagai Alternatif untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Kelas III dalam Pembelajaran Tematik di Gugus Cut Nyak Dien Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes.
Sulthon. 2011. Ilmu Pendidikan. Nora Media Enterprise. Kudus.
Suwadi. 2017. Peningkatkan Kemampuan dan Kreatifitas Guru Kelas IV Dalam Pelaksanaan Implementasi Pendekatan Pembelajaran
Saintifik Kurikulum 2013 Melalui Supervisi Akademik Di SD
Negeri 01 Nglebak Tahun Pelajaran 2016/2017. Indonesian
Journal on Education and Research. Vol. 2. No 2.
Tatang, S. 2016. Supervisi Pendidikan. Bandung: . Pustaka Setia
Wangid, M.N., Mustadi, A., Erviana, V. Y., Arifin, A. Kesiapan Guru SD dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik-Integratif pada Kurikulum
di DIY, Jurnal Prima Edukasia, Vol.2, No. 2.
Wanto. 2012. Supervisi Pembelajaran Tematik pada Guru di SD Negeri
Donorojo Pacitan, Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 7. No. 1.
Zuhriyah, I. A. 2010. Implementasi Pendekatan Supervisi Pembelajaran Direktif dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MI/SD. Madrasah. Vol.3. No.1.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i1.4380
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
indexed by: