Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar Di UPTD Pendidikan Banyumanik Kota Semarang

Muhamad Afandi, Sri Wahyuningsih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi peagogik Guru sekolah Dasar di UPTD Pendidikan Banyumanik Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah 162 guru Sekolah Dasar  yang dipilih dengan teknik random sampling. Intrumen yang digunakan penelitian ini lembar penilaian, Intrumen penelitian terdiri 50 item pernyataan, dan 10 indikator kompetensi peagogik Guru Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator kemampuan guru menguasai karakteristik peserta didik adalah baik (81.8%), kemampuan guru menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik adalah baik (77.1%), kemampuan guru mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu adalah baik (82%), kemampuan guru menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik adalah baik (85.2%), kemampuan guru memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran adalah baik (77.6%), kemampuan guru memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki adalah baik (84.6%), Kemampuan guru berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik adalah baik (87.8%), Kemampuan guru menyelenggarakan penilaian  proses dan hasil belajar adalah baik (82.1%), kemampuan guru memanfaatkan hasil penilaian untuk kepentingan pembelajaran adalah baik (87%), Kemampuan guru melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran adalah cukup baik (74.7%). Secara keseluruhan kompetensi pedagogik guru Sekolah Dasar di UPTD Pendidikan Banyumanik adalah baik (81,3%).

Keywords


Kompetensi Pedagogik, Guru Sekolah Dasar, UPTD Pendidikan Banyumanik

Full Text:

PDF

References


Akhyak, dkk. (2013). Implementation of Teachers Pedagogy Competence to Optimizing Learners Development in Public Primary School in Indonesia. International Journal of Education and Research, 1 (9):1-10

August 2013, Volume: 3 Issue: 3 Article: 12

August 2013, Volume: 3 Issue: 3 Article: 12

Choo, S. S. (2012). Conceptualizing Literature Pedagogy: World, Global, and Cosmopolitan Orientations to Teaching Literature in English, Dissertation, Columbia University

Febrianis I, Muljono P, Susanto D. (2014). Pedagogical competence-based Training Needs Analysis for Natural Science Teachers. Journal of Education and Learning. 8 (2): 144-151

Gewasari, M. (2016). The Effect of Teacher Competence, Principal Pedagogical Leadership, School Spiritual Organizational Culture , Job Satisfaction of Teacher Development, Achievement Motivation toward Teacher Performance of Public Senior High School in Deli Serdang District. Journal of Humanities And Social Science.21(10): 29-38

IN THE WORLD

IN THE WORLD

Irina, A. & Liliana. (20110. Pedagogical Competences – The Key to Efficient Education. International Online Journal of Educational Sciences, 3 (2): 411-423

ISSN: 2146-7463

ISSN: 2146-7463 JOURNAL OF EDUCATIONAL AND INSTRUCTIONAL STUDIES

ISSN: 2146-7463VS JOURNAL OF EDUCATIONAL AND INSTRUCTIONAL STUDIES

Jaedun, A. (2009). Evaluasi kinerja profesional guru, makalah disampaikan pada pelatihan “refleksi profesi guru bersertifikat profesional, ”di kantor Dinas Dikpora Kabupaten Cilacap.

Liakopoulou, M. (2011). Teachers’ Pedagogical Competence as a Prerequisite for Entering the Profession. European Journal of Education, 46 (4): 474..

Nicholas, O.S.& Boadu, K. (2013). Perception of Curriculum Innovation Needs For Pedagogical and Act Competencies among Education Students in University of Cape Coast, Ghana. International Journal of Humanities and Social Science. 3 (8) : 245-255

Olatunji, M. O. (2013). Ensuring and promoting the pedagogical competence of university lecturers in africa. Journal of educational and instructional studies In the world. 3 (3):73-85ssue: 3 Article: 12

Ramnarain, U. & Schuster, D. (2014). The Pedagogical Orientations of South African Physical

Sciences Teachers Towards Inquiry or Direct Instructional Approaches. Res Sci Educ .44: 630.

Sugiyono. (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Surapranata, S. (2016). 7 Provinsi Raih Nilai Terbaik Uji Kompetensi Guru 2015. Available at: https://www.kemdikbud.go.id/main/2016/01/7-provinsi-raih-nilai-terbaik-uji-kompetensi-guru-2015, diakses pada tanggal 20 Maret 2018

Suryawati, E. & dkk. (2014). Analisis Keterampilan Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpck) Guru Biologi Sma Negeri Kota Pekanbaru Jurnal Biogenesis, 11(1):68-72

Ticha, M. & Hospesova, A. (2013). Developing teachers’ subject didactic competence through problem posing. Educ Stud Math. 83: 133–143

Undang-undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Yaumi, M. 2011. Integrasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan. 1 (14): 88-102.

Zakaria, T. (2017). Pembenahan Mutu Guru, Buletin BSNP, Vol. XI/ No. 3. diakses tanggal 15 Januari 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i1.3997

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

indexed by:

http://journal.stainkudus.ac.id/indexing/moraref.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/googlescholar.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/sinta.jpghttp://journal.stainkudus.ac.id/indexing/19.jpg

 

 Creative Commons License

Elementary : Islamic Teacher Journal by Program Studi PGMI Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License