LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGENALKAN KEKUASAAN ALLAH PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI PONDOK PESANTREN AL MAWADDAH KUDUS
Abstract
Abstract
Learning activities are not always in classroom, but can also occur outside the classroom. Empowering the environment as a learning medium is interesting and fun for students, not only learning directly to nature but students are taught how to know the power of Allah SWT, because this is the cultivation of religious values is very important for elementary school children. The method used in this study is descriptive-analytical research. Data collection techniques through observation, interviews and documentation. The results showed that; the concept offered by Al Mawaddah Islamic boarding school to introduce the power of God includes; dragon fruit cultivation, living pharmacy, hydroponics, rabbit garden, garra rafa fish therapy.Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Baharun, Hasan. 2015. Penerapan Pembelajaran Active Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah. Jurnal Pendidikan Vol. 2 No. 2
Baharun, Hasan. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model Assure . Jurnal Cendekia Vol. 14 No. 2.
Chatib, Munif. 2014. Sekolahnya Manusia. Jakarta: Ikapi.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Djamarah, Saiful Bahri. dkk. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fathurrohman, Pupuh dan M. Sobri Sutikno, 2009, Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum dan Konsep Islami. Bandung: P.T Refika Aditama.
Hamalik, Oemar. 2003. Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Hurlock, Elizabeth B. 2009. Psikologi Perkembangaa: suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Bandung: Erlangga.
Ifrianti, Syofnidah. 2016, “Pemanfaatan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar anak kelas III MIN 10 Bandar Lampung”, Terampil, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 3 Nomor 2
LAL, Anshori. 2012. Pendidikan Islam Transformatif. Jakarta : Ikapi.
Monks, F.J. 2014. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mad University Press.
Nata, Abuddin. 2010. Ilmu Pendidika Islam. Jakarta : Prenadamedia Grup.
Pengembangan Wirausaha Santri Di Pondok Pesantren Al-Mawaddah Honggosoco Jekulo Kudus.
Ramadhani, Tahmid Sabri, Siti Halidjah, tt, “Pemanfaatan Media Lingkungan Sekitar Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas V” Artikel Penelitian
Rohmah, Noer. 2015. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Kalimedia
Roso Sugiyanto, 2015, “Pemanfaatan Media Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar Negeri 4 Tanah Putih Kecamatan Telawang Kabupaten Kotawaringin Timur, Jurnal Geotadulako Vol. 3 No. 6
Sadiman, Arief S, R, Raharjo, dkk. 2012. Media Pendidikan (pengertian, pengembangan, dan pemanfaatanya). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2005. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PrenadaMedia Group.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: PrenadaMedia Group.
Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta
Uno, Hamzah B. 2011. Tekhnologi Komunikasi Dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Wiyani, Novan Ardy. 2013. Desain Pembelajaran Peendidikan: tata rancang pembelajaran menuju pencapaian kompetensi. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v6i1.3617
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
indexed by: