Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Kepribadian Muslim Peserta Didik Boarding School

Aris Syaiful Huda

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui makna pendidikan agama, makna kepribadian muslim peserta didik dan mengetahui pengalaman dan makna pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan kepribadian muslim peserta didik melalui program boarding school di SMK Negeri Jawa Tengah di Pati. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif kategori fenomenologi. Hasil penelitiannya menunjukkan ada 3 klaster tema dari para partisipan. Hasilnya adalah esensi pengalaman digali dari makna yang dilekatkan oleh partisipan atas pengalaman mereka yang mencakup makna tentang kegiatan belajar mengajar pendidikan agama Islam yang menyenangkan, makna kepribadian muslim dengan bertambahnya Iman semakin kuat, dan makna pendidikan agama Islam dalam menumbuhkan kepribadian muslim peserta didik melalui program boarding school dengan selalu beramal shaleh.

The purpose of this study was to determine the meaning of religious education, the meaning of Muslim personality of students and to know the experience and meaning of Islamic religious education in fostering Muslim personality of students through the boarding school program at SMK Negeri Jawa Tengah in Pati. This research is a field research with a qualitative approach to the phenomenological category. The results of his research showed that there were 3 theme clusters of the participants. The result is that the essence of experience is extracted from the meaning attached by the participants to their experience which includes the meaning of fun Islamic religious education teaching and learning activities, the meaning of Muslim personality with increasing faith is getting stronger, and the meaning of Islamic religious education in fostering the Muslim personality of students through the boarding program. school by always doing good deeds.


Keywords


Pendidikan Agama Islam, Kepribadian Muslim, Boarding School

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an dan Terjemahannya. 1971. Departemen Agama RI. Semarang: CV. Toha Putra.

Armansyah. 2010. Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Harnowo. 2007. Menjadi Guru yang Mampu Mengajar Secara Menyenangkan. Bandung: MLC.

https://id.wikipedia.org/wiki/Rukun_Iman dikutip 20 Mei 2020

Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Maksudin,.2008. Pendidikan Nilai Boarding School di SMPIT Yogyakarta, Disertasi UIN Sunan Kalijaga. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Mujib, Abdul dan Yusuf Mudzakir. 2002 Nuansa-Nuansa Psikologi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mujib, Abdul. 2006. Kepribadian dalam Psikologi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Murtadho, 2006. Kumpulan Sinopsis Hasil-hasil Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, (Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik: Badan Litbang dan Diklat Departemen RI).

Najati, M. Utsman. 1985. Al-Qur’an dan Ilmu Jiwa. Bandung: Pustaka.

Rahman, Fathur. 1986. Sistem Pendidikan Versi Al-Ghazali. Bandung: Al-Ma’arif.

Saliyo. 2018. Beragama Rahmatan Lil’alamin: Bersama Madzab Psikologi Transpersonal. Yogyakarta: LKiS.

Salsabilla, S., & Zafi, A. A. (2020). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 35–42. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index

Shihab, Muhammad Quraish. 1997. Tafsir Al-Quran al-Karim: Tafsir Atas Surat- Surat Pendek Berdasarkan Urutan Turunnya Wahyu. Bandung: Pustaka Hidayah.

Silahuddin. 2016. Internalisasi Pendidikan Iman kepada Anak Perspektif Islam, Jurnal didaktika, Vol. 16: 207.

Syamsu, Yusuf. 2009. Mental Hygiene. Bandung: Mastreo.

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun. 2003) dan Peraturan Pelaksanaannya. Jakarta: Sinar Grafika.

Victoria Bull (ed), 2001. Oxford: Learner’s Pocket Dictionary, Fourth Edition. New York: Oxford University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v8i2.8461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.