Implementasi Blended Learning Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Comunication Skill dan Collaboration Skill Mahasiswa di Era Industri 4.0

Pamungkas Stiya Mulyani, Salis Irvan Fuadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dampak penerapan Blended Learning berbasis Guided Inquiry dalam usaha meningkatkan Communication Skill Dan Collaboration Skill Mahasiswa untuk menjawab tantangan dan tuntutan Era Industri 4.0. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah sebuah informasi dan rekomendasi penyempurnaan blended learning berbasis guided inquiry untuk meningkatkan skill yang dibutuhkan mahasiswa dalam menjawab tantangan era industri 4.0. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, mengadopsi model yang diintrodusir oleh McKernan. Penelitian menggunakan penggabungan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan Communication Skill Dan Collaboration Skill Mahasiswa sebesar 0,48% sebagai bekal mereka untuk menjawab tantangan di Era Industri 4.0.

The purpose of this study was to determine the impact of implementing Guided Inquiry-based Blended Learning in an effort to improve Student Communication Skills and Collaboration Skills to answer the challenges and demands of the Industrial Era 4.0. The long-term objective of this study is to provide information and recommendations for improving guided inquiry-based blended learning to improve the skills students need in responding to the challenges of the industrial era 4.0. This research is a classroom action research, adopting the model introduced by McKernan. This research uses a combination of quantitative and qualitative methods. The results showed an increase in Student Communication Skills and Collaboration Skills by 0.48% as their provision to answer challenges in the Industrial Era 4.0.


Keywords


Blended Learning, Guided Inquiry, Communication Skill, Collaboration Skill, Era Industri 4.0

Full Text:

PDF

References


Andriani, N. I. Husaini,& L. Nurliyah. 2011. Efektifitas Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Cahayadi Kelas VIII SMP Negeri 2 Muara Padang.Prosiding Simposium Nasional Inovasi Pembelajaran & Sains 22-23 Juni, Bandung.

Ayu. C.D. 2013. Pengaruh Blended Learning Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa IKIP Mataram Pada Materi Pencemaran Lingkungan, Jurnal Prisma, Vol.1, No.1

Banar, D.R. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Pandangan Ki Hadjar Dewantara Untuk Menumbuhkan Kompetensi Unggul Di SMP. Jurnal PPKM. Vol 03, No.01. Hal. 30-38

Crawford, P. S. Lang,R. Dalton, W. Fink,&L. Fielitz. 2011. Comparative Analysis of Soft Skills: What is important for New graduates. What soft skill are employers looking for in new graduates.Michigan: Michigan State University.

Fatmawati, N., Setyowati, D. L., & Utomo, C. B. 2018. "Outdoor Study Activity by Utilizing Wonosoco Tourism Village as A Learning Resource of Social Studies". Journal of Educational Social Studies, 7 (1): 88-98.

Husamah. 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Jakarta : Prestasi Pustaka Pers.

Jufri, W. 2013.Belajar & Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta

Jusuf & Heni. 2016. Pengembangan Blended Learning Untuk Memotivasi Peserta Didik Dalam Memahami Materi Ajar. Jurnal Ilmu Teknologi Informasi Terapan, Vol. 3 No. 1 Hal 28–36.

Kusamah & Dwitagama. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks

Maya, B & C, Fadel. 2015. Skills for the 21st Century: What Should Students Learn?., Massachusetts: Center for Curriculum Redesign Boston

Muhammad, Erwin, & Irvan. 2017. Strategi Evaluasi Program Perkuliahan Biologi Berbasis Blended Learning, Jurnal Bioedukatika, Vol. 5, No. 2

Muhammad, Y. 2018. Era Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang Perkembangan Pendidikan Kejuruan Indonesia. Makalah disampakan pada Sidang Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Negeri Makassar Tanggal 14 Maret 2018

Paulina, P. 2018. Mempersiapkan SDM Indonesia di Era Industri 4.0. Makalah dipresentasikan pada Seminar Era Industri 4.0, Kemenristek Dikti Jakarta

Penulisan Dwiyogo. 2016. Pembelajaran Berbasis Learning (Model Pembelajaran). Malang: Wineka Media..

Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali

Schwab, K. (2017). The fourth industrial revolution. Crown Business Press.

Slamet. R, 2018. Revolusi Industri 4.0: Peluang dan Tantangan Bagi Alumi Universitas Terbuka. Disampaikan dalam Pidato Akademik Wisuda. Unsoed

Wardoyo, S. M. 2013. Pembelajaran Berbasis Riset. Jakarta: Akademia Permata

Widodo, W. 2014. Tinjauan tentang Keterampilan Generik. Tersedia di vahonov.files.wordpress.com/.../tinjauan-tentang-keterampilan-generik.pdf [diakses 20/07/2019].




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v8i2.8384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.