Pengaruh Hidden Curriculum Berbasis Pesantren Terhadap Pembentukan Akhlaqul Karimah Siswa di SMK Cordova Kajen Tahun 2019

Nur Laila Syarifah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan hidden curriculum berbasis pesantren dan pembentukan akhlaqul karimah siswa di SMK Cordova Kajen tahun 2019, (2)  seberapa besar pengaruh hidden curriculum berbasis pesantren terhadap pembentukan karakter akhlaqul karimah siswa di SMK Cordova Kajen Tahun 2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Penentuan sampel menggunakan random sampling, yang diambil 20% dari jumlah populasi 312 siswa kelas X SMK Cordova Kajen, didapatkan sampel sebanyak 62 siswa. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan observasi. Sedangkan analisis yang dilakukan dengan mengggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hidden curriculum berbasis pesantren dan pembentukan akhlaqul karimah siswa di SMK Cordova Kajen tahun 2019 dalam kategori baik, dengan nilai 89,77, dan cukup baik, dengan nilai 85,56  serta (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara hidden curriculum berbasis pesantren dengan pembentukan karakter akhlaqul karimah siswa di SMK Cordova Kajen tahun 2019, di mana apabila hidden curriculum meningkat sebesar 1 satuan maka akhlaqul karimah siswa akan meningkat sebesar 0,439. Sehingga hidden curriculum berbasis pesantren memiliki pengaruh sebesar 19,27% terhadap pembentukan karakter akhlaqul karimah siswa di SMK Cordova Kajen tahun 2019.

This study aimed to describe: (1) the implementation of the hidden curriculum  pesantren based and noble character building of student at SMK Cordova Kajen in 2019, (2) how big the effect of hidden curriculum pesantren based against noble character building of student at SMK Cordova Kajen in 2019. The research uses a quantitative method, and this research includes the study of field research. The samples using random sampling, was taken of 20% of population 312 student X grade of SMK Cordova at Kajen, obtained a sample of 62 student. The technique of collecting data through interview, questionnaire, and observation. While the analysis is done by simple linier regression. The results showed that: (1) the hidden curriculum pesantren based and noble character building  of student at SMK Cordova Kajen in 2019 in the category good at 89,77 and good enough at 85,65, and (2) there is a positive and significant influence of hidden curriculum pesantren based against noble character building of student at SMK Cordova Kajen in 2019, as if the score of hidden curriculum increased by 1 unit, the noble character of student will increase by 0,439. So the hidden curriculum of pesantren based contributes 19,27% of the noble character of student at SMK Cordova Kajen in 2019.


Keywords


Hidden Curriculum; Pesantren; Akhlaqul Karimah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Azizy, A. Qodri A. 2003. Pendidikan (Agama) dalam Membangun Etik Sosial. Semarang: Aneka Ilmu.

Barnawi dan M. Arifin. 2013. Strategi dan Kebijakan, Pembelajaran Pendidikan Karakter. Sleman: Ar-Ruzz Media.

Caswita. 2013. The Hidden Curriculum. Yogyakarta: Leotikaprio.

Dakir. 2010. Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Deswita. 2010. Akhlak Tasawuf. Batusangkar : STAIN Batusangkar Press.

Echols, John M. dan Hasan Shadily. 2005. Kamus Inggris-Indonesia, cet XXVI, Jakarta: Gramedia.

Fathoni, Abdurrahmat. 2006. Metodologi Penelitian dan Tehnik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fatmawati, N., Setyowati, D. L., & Utomo, C. B. 2018. "Outdoor Study Activity by Utilizing Wonosoco Tourism Village as A Learning Resource of Social Studies". Journal of Educational Social Studies, 7 (1): 88-98.

Firdaus. 2017. “Membentuk Pribadi Berakhlakul Karimah Secara Psikologis”. Al-Dzikra, 11 (1): 55-88.

Halid, Ahmad. 2019. “Hidden Curriculum Pesantren: Urgensi, Keberadaan dan Capaiannya”. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12 (2): 140-150.

Hasan, Ali, & Mukti Ali. 2009. Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Hidayat, Rakhmat. 2011. Pengantar Sosiologi Kurikulum. Jakarta: Rajawali Pers.

Mulyasana, Dedi. 2012. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mustaghfiroh, Hikmatul. 2014. “Hidden Curriculum Dalam Pembelajaran PAI”, Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9 (1): 147-162.

Nisa, Kahirun. 2009. “Hidden Curriculum: Upaya Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa”. Jurnal Lentera Pendidikan, 12 (1): 84.

Pratiwi, Esti Rahma. 2017. “Pengaruh Kurikulum Tersembunyi (Hidden Curriculum) Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Di SMP IT Masjid Syuhada’ Kotabaru Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19 (2): 233-248.

Rosyada, Dede. 2004. Paradigma Pendidikan Denokratis: Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Menyelenggarakan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v8i2.8169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.