Implementasi Metode Yanbu'a untuk Meningkatkan Hasil Belajar Baca Al-Qur'an di MI Baitul Huda Kota Semarang Tahun Ajaran 2019/2020

Mohammad Rofiq, Muhammad Abdul Basyid

Abstract


Implementasi Metode Yanbu’a Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Baca Al-Quran Di Mi Baitul Huda Kota Semarang Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Al-quran menggunakan metode Yanbu’a di MI Baitul Huda semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mengikuti analisis model miles dan huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: pertama penerapan metode Yanbu’a di MI Baitul Huda dilakukan dengan beberapa metode yang berbasis pembalajaran aktif, inovetif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. kedua peran metode yanbu’a dalam pembelajaran baca Al-quran di MI Baitul Huda sangat penting dalam meningkatkan hasil belajar baca Al-Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam baca Al-qur’an sesuai dengan makharijul huruf dan tajwid.

Implementation of the Yanbu'a Method to Improve Learning Outcomes of Reading Al-Quran at Mi Baitul Huda Semarang City for the 2019/2020 Academic Year. This study aims to determine the implementation of Al-Quran learning using the Yanbu'a method at MI Baitul Huda Semarang. This type of research is descriptive qualitative research. The data collection technique is done by interview and documentation. The data analysis used follows the Miles and Huberman model analysis, namely data reduction, data presentation and verification. The results of this study indicate that: firstly, the application of the Yanbu'a method at MI Baitul Huda was carried out with several methods based on active, innovative, creative, effective, and fun learning. The second role of the yanbu'a method in learning to read the Al-Quran at MI Baitul Huda is very important in improving learning outcomes to read Al-Qur'an. Based on the research results, it shows that this method is able to improve the students' ability to read Al-quran according to the makharijul letters and tajwid.


Keywords


Metode Yanbu’a, Hasil Belajar, MI Baitul Huda

Full Text:

PDF

References


Al-Qattan, M. K. (2001). Studi Ilmu-ilmu al-Qur’an. terj. Mudzakir AS, Jakarta.

Amalia, I. (2015). Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Yanbu’a di PP. As-Sa’idiyyah. http://indatulamalia.blogspot.co.id/2015/11/pembelajaran-al-quran-dengan-metode

Arwani, U. albab. (2004). Thoriqoh Baca Tulis dan Menghafal Al-Qur’an Yanbu’a.

Best, J. W., Faisal, S., & Waseso, M. G. (1982). Metodologi Penelitian Pendidikan. Usaha Nasional.

Dimyati, M. (2006). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatmawati, N. (2020). "Gaya Hidup Mahasiswa Akibat Adanya Online Shop". Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29 (1): 29-38.

Fatmawati, N., Setyowati, D. L., & Utomo, C. B. (2018). "Outdoor Study Activity by Utilizing Wonosoco Tourism Village as A Learning Resource of Social Studies". Journal of Educational Social Studies, 7 (1): 88-98.

Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran terpadu tematik (Teori, praktik, dan penilaian). Bandung: Alfabeta.

Lexy, J. M. (2002). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Majid, A. (2008). Perencanaan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marianti, L. (2016). Dampak Globalisasi dalam pendidikan. Kompasiana.

Mufarokah, A. (2009). Strategi Belajar Mengajar. In Teras. Teras.

Rohmad, A. (2004). Kapita Selekta Pendidikan, Jakarta: PT. Bina Ilmu.

SAIFUDIN, I. (2017). STRATEGI PEMBELAJARAN YANG DITERAPKAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA MELALUI KEGIATAN DINIYAH DI SMPN 3 TUGU TRENGGALEK.

Salsabilla, S., & Zafi, A. A. (2020). Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 35–42. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/index

Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil belajar proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiono, S. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2009). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Syah, M. (2006). Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zafi, A. A. (2020). Pemahaman dan Penghayatan Peserta Didik tentang Ibadah dalam Pembelajaran Fiqih di MI Manafiul Ulum Gebog Kudus. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 47–58. https://doi.org/10.32332/ELEMENTARY.V6I1.1692




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v8i2.7550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.