Upaya Menyemai Moderasi Beragama Mahasiswa IAIN Kudus melalui Paradigma Ilmu Islam Terapan

Nur Salamah, Muhammad Arief Nugroho, Puspo Nugroho

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Institut Agama Islam Negeri Kudus menyemai moderasi beragama di kalangan mahasiswa dalam menghadapi maraknya radikalisme dan intoleransi. Serta untuk mengetahui paradigma keilmuan seperti apakah yang digunakan dalam menghadapi permasalahan tersebut. Dalam prosesnya penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan studi kepustakaan. Ditemukan adanya tiga langkah strategi penyemaian moderasi beragama berparadigma Islam Terapan di Institut Agama Islam Negeri Kudus diantaranya dengan menjadikan Ilmu Islam Terapan sebagai mata kuliah, membangun Rumah Moderasi, dan  menyelenggarakan Kelas IIT. Hasil yang diperoleh dari kajian ini adalah paradigma Ilmu Islam Terapan merupakan pondasi utama dalam menjalankan setiap program kegiatan. Melalui paradigma Islam Terapan dan ketiga strategi penyemaian moderasi beragama tersebut diharapkan dapat membentuk mahasiswa yang berpikir moderat dan bertoleransi tinggi.

This article aims to determine how State Islamic Institute of Kudus sow religious moderation among students to against radicalism and intolerance. And to determine which paradigm was used to against that problems. This article uses a qualitative approachment. Data collection is done with library riset technique. There is three steps of strategy to sow religious moderation based to applied islam paradigm in State Islamic Institute of Kudus, among others are make Applied IslamScience as subject, build Rumah Moderasi (Moderation House), and organize an IIT Class. The results obtained from this study is Applied Islam paradigm is the main foundation to operating those strategies. Through Applied Islam paradigm and the sowing strategies of religious moderation are expected to form students can have a moderate thought and high tolerance.

Keywords


Islam Terapan, Paradigma Amali, Moderasi Beragama

Full Text:

PDF

References


Akhmadi, A. 2019. Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia Religious Moderation In Indonesia’s Diversity. Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. XIII, No. 2, 45-55.

Baedhowi, B. 2017. Islamologi Terapan Sebagai Gerbang Analog Pengembangan Islamic Studies: Kajian Eksploratif Pemikiran Mohammed Arkoun. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, Vol. XII, No. 2, 347–379.

Darmalaksana, W. 2019. Moderasi Beragama. Diakses Pada Tanggal 19 Mei 2020. https://uinsgd.ac.id/moderasi-beragama/

Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama RI. 2020. Kemenag Siapkan Program Kerja Rumah Moderasi di PTKI. Diakses Pada Tanggal 17 Mei 2020. http://pendis.kemenag.go.id/index.php?a=detil&id=11368

Etikasari, N.W. 2018. Persepsi Mahasiswa Program Studi S1 PPKn Universitas Negeri Surabaya Terhadap Wacana Intoleransi Di Media Sosial. Jurnal Kajian Moral dan Kewarganegaraan, Vol. VI, No. 1, 61-75.

Fhadila, K.D. 2017. Menyikapi Perubahan Perilaku Remaja Jurnal Penelitian Guru Indonesia, Vol. II, No. 2, 17-23.

Hasib, K. 2014. Studi Agama Model Islamologi Terapan Mohammed Arkoun. Jurnal TSAQAFAH, Vol. X, No. 2, 309-324.

Hermanto, M. 2016. Telaah Pemikiran Epistemologi Ilmuan Muslim Kontemporer: Perspektif Intelektual Muslim Indonesia, International Conference On Islamic Epistemology. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 141-149.

Hiqmatunnisa, H. and Zafi, A. A. (2020) ‘Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Islam Dalam Pembelajaran Fiqih Di PTKIN Menggunakan Konsep Problem Basic Learning’, JIPIS. doi: 10.33592/JIPIS.V29I1.546.

Institut Agama Islam Negeri Kudus. 2019. Pedoman Akademik Program Sarjana IAIN Kudus. Kudus: IAIN Kudus.

Kadir, M.A. 2003. Ilmu Islam Terapan (Menggagas Paradigma Amali Dalam Agama Islam). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kadir, M.A. Wawancara Oleh Nur Salamah. Institut Agama Islam Negeri Kudus. Tanggal 18 April 2020.

Kadir, M.A., Ihsan & Muslichan, N. 2019. Kudus Kiblat Bhineka Tunggal Ika. Kudus: Forum Kerukunan Umat Beragama.

Kemenag RI. 2019. Moderasi Beragama. Jakarta: Badan Litbang Dan Diklat Kementrian Agama.

Lajnah Pentashih Mushaf Al-Qur’an Departemen Agama RI. 2012. Al-Qur’an Dan Terjemahannya Mushaf Aisyah. Jakarta: PT Insan Media Pustaka.

Mibtadin, M. 2019. Etika Dalam Diskursus Pemikiran Islam Dari Wacana Menuju Islamologi Terapan. Jurnal Suhuf, Vol. XXXI, No. 1, 89–107.

Mursyid, S. 2016. Konsep Toleransi (Al-Samahah) Antar Umat Beragama Perspektif Islam. Jurnal Aqlam, Vol. II, No. 1, 35-51.

Nugroho, Puspo. 2012. Pendidikan Kerukunan Umat Beragama; Telaah Konsep Kerukunan Umat Beragama Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Mudarrisa, Vol. IV, No. 2, 299-325.

Nugroho, Puspo. 2019. Internalization of Tolerance Values in Islamic Education. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam 12(2): 197–228.

Purwanto, Y., Qowaid, Q., Ma’rifataini, L. & Fauzi, R. 2019. Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, Vol. XVII, No. 2, 110-124.

Sahri, S.. 2016. Radikalisme Islam Perguruan Tinggi Perspektif Politik Islam. Al-Daulah: Jurnal Hukum dan Perundangan Islam, Vol. VI, No. 1, 237-268.

Sutrisno, E. 2019. Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, Vol. XII, No. 1, 323–348.

Yulia, Itsna. Wawancara Oleh Muhammad Arief Nugroho. Institut Agama Islam Negeri Kudus. Tanggal 20 April 2020.

Zafi, A. A. (2020). Penerapan Nilai-nilai Moderasi al-Qur’an dalam Pendidikan Islam. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Qur’an Dan Hadis, 21(1). https://doi.org/10.14421/QH.2020.%X

Zamimah, I. 2018. Moderatisme Islam Dalam Konteks Keindonesiaan. Jurnal Al-Fanar, Vol. I, No. 1, 75–90.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v8i2.7517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.