Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an dalam Penanaman Karakter Islami

Muhammad Shobirin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pendidikan karakter melalui program Tahfidz Al Qur’an SD I Nurul Qur’an Semarang, untuk mengidentifikasi karakter Islami siswa SD I Nurul Qur’an Semarang melalui program Tahfidz Al Qur’an. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriftif kualitatif dengan teknik analisis triagulasi data. Untuk mendapatkan informasi peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi dengan subjek guru dan kepala sekolah. Berdasarkan hasil didapatkan: Langkah-langkah pendidikan karakter Islami melalui pembelajaran Tahfidz Al Qur’an SD I Nurul Qur’an Semarang; SD I Nurul Qur’an Semarang telah memberikan salah satu bentuk dan pola pendidikan karakter Islami dalam pembelajaran Tahfidz Al Qur’an yang memasukan 5 karakter yaitu: Religius, bersih, istiqomah, disiplin, dan sabar dalam pembelajaranya.Tujuan penelitian ini adalah 1.Untuk mengetahui langkah-langkah pendidikan karakter Islami dalam pembelajaran Tahfidz Al Qur’an. 2. Untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter Islami dalam pembelajaran Tahfidz Al Qur’an

Keywords


Pembelarajan Tahfidz, Karakter Islami.

Full Text:

PDF

References


Al-Qur’an, 2013. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Departemen Agama RI. Darus Sunnah.

Aulia, Listya Rani, 2016.“Implementasi Nilai Religius dalam Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar Juara Yogyakarta”, Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 3 Vol. 5 (2016): 314-323.

Al-Qattan, 2001. Manna Khalil. Studi Ilmu-Ilmu Qur'an. Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa.

Abdul Aziz, Abdul Rauf. 2004. Kiat Sukses Menjadi Hafidz Qur’an Da’iyah. Bandung : PT.Syamil Cipta Media.

Akhmad Muhaimin Azzet, 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Barnawi, M. Arifin. 2013. Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Furqon, Hidayatullah. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yumna Pusaka.

Ibrahim Bin Ubbu Al-Hasaniy Asy-Syinqithiy. 2017. Rihlah Tahfiz: Metode Pendidikanan Menghafal Al-Qur’an Ala Ulama Syinqith. Kediri: Lirboyo Press.

Listya Rani Aulia, 2016. “Implementasi Nilai Religius dalam Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar Juara Yogyakarta”, Jurnal Kebijakan Pendidikan Edisi 3 Vol. 5 : 321

Nasrudin Razak, 1997. Dienul Islam. Bandung: PT. Al Maarif.

QUALITY

Volume 6, Nomor 1, 2018: 16-30

Mustaqim, Muhammad. 2015. “Model Pendidikan Karakter Terintegrasi pada Pembelajaran di Pendidikan Dasar” Elementary Vo. 3 No. 1 : 156-169.

Musyanto, 2016. “Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an di SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu” Jurnal Al-Bahtsu Vol.1 No.1 : 3-15.

Muchlas, Samani, 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad Fadlillah, Lilif Mualifatu Khorida. 2014. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep & Aplikasinya dalam PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sjarkawi, 2006. Pembentukan Kepribadian Anak; Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati diri, Jakarta: Bumi Aksara.

Syafaah, Mukaromah, wawancara oleh Shobirin Muhammad. Sekolah Tinggi Agama Negeri Islam Kudus. Tanggal 9 Mei 2017.

Siswanto, 2013. “Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Religius”, Jurnal Tadris Vol. 8 No. 1.

Umar, 2017. “Implementasi Pembelajaran Tahfiz Al-Qur‟An di SMP Luqman Al- Hakim”, Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam Vol. 6, No. 1 : 1-20.

Ulil Amri Syafri, 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur’an (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 125-140.

Zubaedi, 2013. Pendidikan Karakter Melalui Pola Pembelajaran Integralistik, Makalah Seminar Internasional di Pascasarjana IAIN Bengkulu.

Zulfitria, 2017. “Peranan Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar”, Jurnal Naturalistic Vol.1 No.2 : 125-134




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v6i1.5966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.