MANAJEMEN PEMBELAJARAN SISWA PADA PENDIDIKAN LAYANAN KHUSUS (STUDY KASUS DI PLK BIMA SAKTI DEMAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Karakteristikpeserta didik
korban konflik Etnis Papua di PLK Bima Sakti di Desa Cangkring Kecamatan
Karanganyar Kabupaten Demak. 2) Perencanaan pembelajaran siswa korban
konflik Etnis Papuadi PLK Bima Sakti di Desa Cangkring Kecamatan
Karanganyar Kabupaten Demak. 3) Pelaksanaan pembelajaran siswa korban
konflik Etnis Papuadi PLK Bima Sakti di Desa Cangkring Kecamatan
Karanganyar Kabupaten Demak. 4) Evaluasi pembelajaran siswa korban konflik
Etnis Papuadi PLK Bima Sakti di Desa Cangkring Kecamatan Karanganyar
Kabupaten Demak
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field Research) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif.Adapun data informan meliputi: kepala
sekolah, guru, pegawai Dinas Dikpora, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang
digunakan dengan analisis kualitatif.
Perencanaan pembelajaran siswa korban konflik Etnis Papuadi PLK Bima
Sakti di Desa Cangkring Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak dapat
dikatakan cukup baik, karena perencanaan pembelajaran meliputi: tahap
prainstruksional, tahap intruksional dan tahap evaluasi tindak lanjut. Tahap
prainstruksional dilakukan untuk merancang perencanaan pembelajaran. Tahap
intruksional dilakukan untuk merencanakan langkah-langkah dalam pelaksanakan
pembelajaran, dan tahap evaluasi tindak lanjut ini perencanaan tentang bentukbentuk
evaluasi yang digunakan dalam proses pembelajaran.
Pelaksanaan pembelajaran siswa korban konflik Etnis Papuadi PLK Bima
Sakti di Desa Cangkring Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak cukup
baik.hal tersebut dilaksanakan sesuai dengan Permendiknas Nomor 41 Tahun
2007 tentang Standar Proses yang meliputi langkah: pendahuluan, kegiatan inti
yang terdiri dari elaborasi, eksplorasi dan konfirmasi, dan kegiatan evaluasi.
Evaluasi pembelajaran siswa korban konflik Etnis Papuadi PLK Bima Sakti
di Desa Cangkring Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak menggunakan
bentuk tes yaitu tes tertulis terdiri dari pilihan gandan, isian dan uraian, sedangkan
bentuk non tes berupa penilaian sikap atau observasi. Bentuk-bentuk evaluasi
tersebut dilakukan pada penilaian formatif dan sumatif.
Keywords
References
Ahmadi, Abu, Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Rineka Cipta, Jakarta, 2004
Ali, Muhammad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru Algensindo,
Bandung, 2002
A.M., Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali Pers, Jakarta,
Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta,
Badudu & Sutan Mohammad Zain, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta,
Pustaka Sinar Harapan, 2001
Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Rineka
Cipta, Jakarta, 2005
Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Rineka Cipta, Jakarta, 2008
Fatah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung,
Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar, PT Refika
Aditama, Bandung, 2007
Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1997
Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005
Kementerian Pendidikan Nasional, Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan
Layanan Khusus (PLK) Untuk Anak Jalanan, Direktorat Pembinaan
Sekolah Luar Biasa, Jakarta, 2010
Kusrini, Siti, dkk, Keterampilan Dasar Mengajar (PPL 1): Berorientasi Pada
Kurikulum Berbasis Kompetensi, Fakultas Tarbiyah UIN Malang,
Malang, 2005
Martoyo, Susilo, Manajemen Sumber Daya Manusia, BPPFE, Yogyakarta, 1980
Masyhud, M. Sulthon, dkk., Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva
Pustaka, 2003
Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, Cet. ke-4, Remaja Rosda Karya,
Bandung, 1993
Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, Implementasi,
Dan Inovasi, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2005
Mulyasa, E., Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi, dan Implementasi,
Remaja Rosda Karya, Bandung, 2002
Mulyasa, E., Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung,
,
Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan
Nasional
Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah
Purwadarminta, Kamus Lengkap Indonesia-Inggris, Hasta, Jakarta, 1974
Qomar, Mujamil, Manjemen Pendidikan Islam, Strategi Baru Pengelolaan
Pendidikan Islam, Erlangga, Jakarta, 2009
Sanjaya, Wina, Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran, Kencana, Jakarta,
Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar, Sinar Baru Algensindo, Bandung,
Siswanto, Bedjo, Manajemen Modern, Sinar Baru, Bandung, 2006
Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Cet.1, Ciputat Press,
Jakarta, 2005
Syeb Kurdi dan Abdul Aziz, Model pembelajaran efektif pendidikan Agama Islam
di SD dan MI, Pustaka Bani Quraisy, Bandung, 2006
Thoha, Miftah, Kepemimpinan dalam Manajemen, Raja Grafindo Persada,
Jakarta, 1995
Thoha, Chabib, Macam-Macam Tes, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1998
Uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan Islam, Pustaka Setia, Bandung, 2005
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Usman, Moh.Uzer, Menjadi Guru Profesional, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2009
Usman, Husaini, Purnomo Setiady Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, Bumi
Aksara Jakarta, 2006
Winardi, Asas-asas Manajemen, Penerbit Alumni, Bandung, 1983
Yulaelawati, Ella, Kurikulum dan Pembelajaran, Filosofi Teori dan Aplikasi,
Pakar Raya, Jakarta, 2004
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v6i1.5802
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 QUALITY
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.