MANAJEMEN PEMBELAJARAN SISWA PADA PENDIDIKAN LAYANAN KHUSUS (STUDY KASUS DI PLK BIMA SAKTI DEMAK

Lusiyanti Lusiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Karakteristikpeserta didik
korban konflik Etnis Papua di PLK Bima Sakti di Desa Cangkring Kecamatan
Karanganyar Kabupaten Demak. 2) Perencanaan pembelajaran siswa korban
konflik Etnis Papuadi PLK Bima Sakti di Desa Cangkring Kecamatan
Karanganyar Kabupaten Demak. 3) Pelaksanaan pembelajaran siswa korban
konflik Etnis Papuadi PLK Bima Sakti di Desa Cangkring Kecamatan
Karanganyar Kabupaten Demak. 4) Evaluasi pembelajaran siswa korban konflik
Etnis Papuadi PLK Bima Sakti di Desa Cangkring Kecamatan Karanganyar
Kabupaten Demak
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field Research) dengan
menggunakan pendekatan kualitatif.Adapun data informan meliputi: kepala
sekolah, guru, pegawai Dinas Dikpora, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang
digunakan: observasi, wawancara dan dokumentasi, dan teknik analisis data yang
digunakan dengan analisis kualitatif.
Perencanaan pembelajaran siswa korban konflik Etnis Papuadi PLK Bima
Sakti di Desa Cangkring Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak dapat
dikatakan cukup baik, karena perencanaan pembelajaran meliputi: tahap
prainstruksional, tahap intruksional dan tahap evaluasi tindak lanjut. Tahap
prainstruksional dilakukan untuk merancang perencanaan pembelajaran. Tahap
intruksional dilakukan untuk merencanakan langkah-langkah dalam pelaksanakan
pembelajaran, dan tahap evaluasi tindak lanjut ini perencanaan tentang bentukbentuk
evaluasi yang digunakan dalam proses pembelajaran.
Pelaksanaan pembelajaran siswa korban konflik Etnis Papuadi PLK Bima
Sakti di Desa Cangkring Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak cukup
baik.hal tersebut dilaksanakan sesuai dengan Permendiknas Nomor 41 Tahun
2007 tentang Standar Proses yang meliputi langkah: pendahuluan, kegiatan inti
yang terdiri dari elaborasi, eksplorasi dan konfirmasi, dan kegiatan evaluasi.
Evaluasi pembelajaran siswa korban konflik Etnis Papuadi PLK Bima Sakti
di Desa Cangkring Kecamatan Karanganyar Kabupaten Demak menggunakan
bentuk tes yaitu tes tertulis terdiri dari pilihan gandan, isian dan uraian, sedangkan
bentuk non tes berupa penilaian sikap atau observasi. Bentuk-bentuk evaluasi
tersebut dilakukan pada penilaian formatif dan sumatif.


Keywords


Manajemen Pembelajaran

References


Ahmadi, Abu, Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Rineka Cipta, Jakarta, 2004

Ali, Muhammad, Guru Dalam Proses Belajar Mengajar, Sinar Baru Algensindo,

Bandung, 2002

A.M., Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Rajawali Pers, Jakarta,

Arikunto, Suharsimi, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Bumi Aksara, Jakarta,

Badudu & Sutan Mohammad Zain, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta,

Pustaka Sinar Harapan, 2001

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Rineka

Cipta, Jakarta, 2005

Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar, Rineka Cipta, Jakarta, 2008

Fatah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, Remaja Rosdakarya, Bandung,

Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikno, Strategi Belajar Mengajar, PT Refika

Aditama, Bandung, 2007

Harjanto, Perencanaan Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 1997

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2005

Kementerian Pendidikan Nasional, Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan

Layanan Khusus (PLK) Untuk Anak Jalanan, Direktorat Pembinaan

Sekolah Luar Biasa, Jakarta, 2010

Kusrini, Siti, dkk, Keterampilan Dasar Mengajar (PPL 1): Berorientasi Pada

Kurikulum Berbasis Kompetensi, Fakultas Tarbiyah UIN Malang,

Malang, 2005

Martoyo, Susilo, Manajemen Sumber Daya Manusia, BPPFE, Yogyakarta, 1980

Masyhud, M. Sulthon, dkk., Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva

Pustaka, 2003

Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, Cet. ke-4, Remaja Rosda Karya,

Bandung, 1993

Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, Implementasi,

Dan Inovasi, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2005

Mulyasa, E., Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi, dan Implementasi,

Remaja Rosda Karya, Bandung, 2002

Mulyasa, E., Menjadi Kepala Sekolah Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung,

,

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Pendidikan

Nasional

Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Satuan

Pendidikan Dasar dan Menengah

Purwadarminta, Kamus Lengkap Indonesia-Inggris, Hasta, Jakarta, 1974

Qomar, Mujamil, Manjemen Pendidikan Islam, Strategi Baru Pengelolaan

Pendidikan Islam, Erlangga, Jakarta, 2009

Sanjaya, Wina, Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran, Kencana, Jakarta,

Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar, Sinar Baru Algensindo, Bandung,

Siswanto, Bedjo, Manajemen Modern, Sinar Baru, Bandung, 2006

Syafaruddin, Manajemen Lembaga Pendidikan Islam, Cet.1, Ciputat Press,

Jakarta, 2005

Syeb Kurdi dan Abdul Aziz, Model pembelajaran efektif pendidikan Agama Islam

di SD dan MI, Pustaka Bani Quraisy, Bandung, 2006

Thoha, Miftah, Kepemimpinan dalam Manajemen, Raja Grafindo Persada,

Jakarta, 1995

Thoha, Chabib, Macam-Macam Tes, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 1998

Uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan Islam, Pustaka Setia, Bandung, 2005

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Usman, Moh.Uzer, Menjadi Guru Profesional, PT Remaja Rosdakarya, Bandung, 2009

Usman, Husaini, Purnomo Setiady Akbar, Metodologi Penelitian Sosial, Bumi

Aksara Jakarta, 2006

Winardi, Asas-asas Manajemen, Penerbit Alumni, Bandung, 1983

Yulaelawati, Ella, Kurikulum dan Pembelajaran, Filosofi Teori dan Aplikasi,

Pakar Raya, Jakarta, 2004




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v6i1.5802

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.