Tipe Kepribadian Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kepuasan Kerja Guru Min Mlaten Kecamatan Mijen Kabupaten Demak

Muhammad Abdul Muiz

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui tipe kepribadian, faktor yang mempengaruhi, dan hasilnya dalam meningkatkan kepuasan kerja guru MIN Mlaten Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Mlaten Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, pelaporan data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah: 1) Tipe kepribadian kepala MIN Mlaten Mijen Demak adalah termasuk kepribadian Tipe B, dimana beliau tidak pernah melakukan tekanan, 2) faktor yang mempengaruhi tipe kepribadian kepala madrasah dalam meningkatkan kepuasan kerja guru MIN Mlaten Mijen Demak antara lain adanya  kebersamaan, kesepakatan awal kerja sama, faktor usia, memiliki semagat tinggi, peningkatan karir, tuntutan secara kedalam dan luar, yang terkait adanya outcome, persaingan di dunia pendidikan. 3) Hasil tipe kepribadian kepala madrasah dalam meningkatkan kepuasan kerja guru MIN Mlaten Kecamatan Mijen Kabupaten Demak sangat memuaskan. Hal ini ditunjukan dari berbagai prestasi yang diraih.

 

 


Keywords


Tipe Kepribadian Kepala Madrasah, Kepuasan Kerja Guru

References


Abdul Mujib, Kepribadian dalam Psikologi Islam, Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2006,

Ahmad D. Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Al-Ma'arif, Bandung, 1989,

Ahmad Fauzi, Psikologi Umum, Pustaka Setia, Bandung, 2007, hlm. 121

Ajzen, Icek dan Martin Feisbein, Belief, Attitude, Intention, and Behavior: an Introduction to Theory and Research. Addison- Wesley Manila Publ.CVo.Inc, 1975

As'ad, Muhammad. Psikologi Industri edisi keenam. , Liberty Yogyakarta, Yogyakarta, 2009

E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah PT RemajaRosdakarya, Bandung , 2004

Hasibuan Amir Asyikin, Motivasi Kerja Penelitian Pada Organisasi Penelitian & Pengembangan Pemerintah Di Indonesia. Psikologi Industri dan Organisasi, Fakultas Psikologi UI Jakarta, 2001

Hendra Indy H, Hubungan Kepuasan Kerja Dengan Motivasi Kerja Pada Karyawan Bank BTPN Madiun, Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi Vol. 2 No. 2, 2013

Irvan Adiwinata dan Eddy M. Sutanto, Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Cv. Intaf Lumajang, AGORA Vol. 2, No. 1, 2014

Jansen Sinamo, Etos Kerja Profesional, Institut Darma Mahardika, Jakarta, 2011

Jerry M. Burger, Personality Theory and Research, Wadsworth Publishing Company, California, 1986 hlm.

Kuntjojo, Psikologi Kepribadian, Pendidikan Bimbingan dan Konseling Universitas Nusantara Pgri Kediri, Kediri, 2009

Leny Marlina, Tipe-Tipe Kepemimpinan dalam Manajemen Pendidikan, Ta’dib, Vol. XVIII, No. 02, Palembang, 2013

M. Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif, Prenada Media Group, Jakarta, 2011

Marie-Louise von Franz, Honorary Patron, Personality Types, Jung’s Model of Typology, Inner City Books, Canada, 1987

McNeese-Smith, Donna, Increasing Employee Productivity, Job Satisfaction and Organizational Commitment, Hospital and Healthcare Services Administration, Vol. 41, No. 2 (Summer), 1996

Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, PT. Remaja Rosda Karya, Bandung, 2000.

Norman K. Denzin and Yvonna S. Lincoln, Handbook of Qualitative Research, New Delhi, India, 2000

Pandji Anoraga, Psikologi Kerja, Rineka Cipta, Jakarta 2002

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2007 Tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah

peraturanMenteri Agama Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2014

S. Nasution, Metode Research Penelitian Ilmiah, Bumi Aksara, Jakarta, 2003

Sri Iswati, Pengaruh Komitmen Profesional, Tipe Kepribadian, Gender Terhadap Kepuasan Kerja Akuntan Publik, Jurnal Ekuitas Vol.12 No.1, 2008

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung, 2013

Sutrisno Hadi, Metodologi Research, Andi Offset, Yogyakarta, 2001

Winarsunu, T, 1999, Determinan KepuasanKerja, Jurnal Psikodinamik , Vol . 1

Yusnidar, Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada MAN Model Banda Aceh, Jurnal Ilmiah Didaktika , 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v6i2.5765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.