MANAJEMEN BIMBINGAN DAN KONSELING BERBASIS BIMBINGAN KARIR DI SMP 1 GEBOG KUDUS

Idrus Aqibudin

Abstract


Sejak awal karir perlu dipersiapkan para remaja, dan perlu dibantu dalam menyusun perencanannya, memutuskan pilihan karirnya baik berupa studi lanjut ataupun pekerjaan dengan harapan hari depannya lebih baik. Salah satu lingkungan yang bisa membantu para remaja berada di lingkungan sekolah dalam hal ini bimbingan dan konseling yang merupakan salah satu media kedekatan dan kepercayaan bagi remaja (peserta didik). Pertanyaannya sejauhmana peran guru bimbingan dan konseling sekolah mengelola layanan bimbingan dan konseling dari segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Untuk mengetahui hal itu, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan kualitatif naturalistik yang dilakukan pada kondisi alamiah. Informan penelitian berjumlah 10 orang terdiri dari Kepala Sekolah, Wakasek, Koord Guru BK, Guru BK, dan 6 siswa. Teknik pengumpulan data Manajemen, Bimbingan, Konseling, Karirmenggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.Analisis data berpedoman pada teknik analisis interaktif Miles dan Hubberman.Untuk lokasi penelitiannya di SMP 1 Gebog Kudus.Hasil temuan; 1)Perencanaan terlaksana dengan baik hal ini ditunjukkan dengan adanya program BK. Namun manajemen BK belum bisa mengelola anggarannya secara mandiri. 2)Pengorganisasian terlaksana baik dan sesuai dengan aturan permendiknas Nomor 27 Tahun 2008. Penilaian kinerja guru BK pada pasal 22 ayat 5 Permendiknas dan BKN Nomor 14 Tahun 2010 sudah sesuai.Namun untuk koordinasi antara guru BK kurang maksimal, hal ini terlihat tidak berjalannya MGBK sekolah. 3)Pelaksanaan BK berlangsung baik. Namun belum bisa meminimalisir anggapan peserta didik bahwa BK sebagai “polisi sekolah”. 4)Evaluasi BK.Evaluasi secara proses berjalan, namun evaluasi hasil yang menggambarkan keefektifan layanan BK dan berapa banyak masalah yang berhasil ditangani BK belum ditemukan. 5)Bimbingan karir setiap kelas sudah terencana.Namun dalam pengevaluasian tidak adanya data yang berkaitan dengan out put peserta didik.


Keywords


Manajemen, Bimbingan, Konseling, Karir

References


Agus Wibowo, Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah (Konsep dan Praktik Implementasi, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2013.

Al-Qur’an dan Terjemahannya. Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir Al-Qur’an, DEPAG. dengan SK No.26 Tahun 1967.

Anas Salahudin, Bimbingan dan Konseling, Pustaka Setia, Bandung, 2010.

Arusma Linda S, Suwarjo (2013), “Manajemen Bimbingan dan Konseling di SMA N 4 Yogyakarta”, Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Volume 1, Nomor 2.

Bimo Wagito, Bimbingan dan Konseling (Studi dan Karir), Andi Offset, Yogyakarta, tt.

Depdiknas, Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta; BP Cipta, 2008.

_________. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta, 2000.

_________. Permendiknas Nomor 27, Tahun 2008, tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.

_________. Permendiknas Nomor 39 tahun 2009 Pasal 1 ayat 6.

_________. Permendiknas Nomor 39, tahun 2009, tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan.

Dewa Ketut Sukardi, Bimbingan Karir di Sekolah-sekolah, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1987.

Dewa Ketut Sukardi, Dasar-dasar Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Usaha Nasional, Surabaya, 1983.

Dian Fitrianingrum (2015), “Pengelolaan program Musyawarah Guru Mata Pelajaran IPA Tingkat SMP di Kabupaten Bantul”, Jurnal Manajemen Pendidikan.

George R. Terry, Prinsip-prinsip Manajemen, Alih Bahasa J. Smith D.F.M., Bumi Aksara, Jakarta, 2006.

Hallen. A, Bimbingan dan Konseling, Ciputat Press, Cet. I, Jakarta, 2002.

Handoko, T. Hani, Manajemen, BPFE, Yogyakarta, 2004

Hikmat, Manajemen Pendidikan, Pustaka Setia, Bandung, 2011.

http://www.smp1gebog.sch.id/html/profil.php?id=profil&kode=12&profil=sejarah%20. Diunduh pada tanggal 17 November 2016 pukul 22.40 wib.

Lexy J, Moloeng, Metode Penelitian Kualitatif, Rosdakarya, Bandung, 2004.

Onisimus Amtu, Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah (Konsep, Strategi, dan Implementasi), Bandung, Alfabeta, tt.

Prayitno dan Erman Amti, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Rineka Cipta, Jakarta, 2001.

Robert L. Gibson, Marianne H Mitchell, “Bimbingan dan Konseling (edisi Indonesia)”, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2013.

Saidah (2014), “Implementasi Manajemen Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah”, Jurnal Al-Fikrah Vol. 5.

Sucipto, Bahan Ajar Pendidikan dan latihan profesi Guru (PLPG) Sertifikasi guru dalam Jabatan, IKIP PGRI, 1998.

Sugiyo, Manajemen dan Konseling di Sekolah, Widya Karya, Semarang, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung, 2000.

Suharsimi, Arikunto, Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta, 1998.

Syamsu Yusuf dan Juantika Nurihsan, Landasan Bimbingan dan Konseling, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, 2006.

_________. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Rineka Cipta, Jakarta, 2000.

Tim Dosen Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, “Manajemen Pendidikan”, Alfabeta, Bandung, 2013

Tohirin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah, PT Raja Grafindo, Jakarta, 2004.

W.S Winkel, Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Gramedia, Jakarta, 1991.

www.smp1gebog.sch.id/html/profil.php?id=profil&kode=12&profil=sejarah%20 singkat. dilihat pada tanggal 17 November 2016 pukul 22.50 wib.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v6i1.5763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.