MANAJEMEN KELAS UNTUK MENCEGAH PERUNDUNGAN VERBAL DI SD TUMBUH 3 YOGYAKARTA

Andi Prastowo

Abstract


The issue of violent learning in Indonesia, one of them in the Special Province of Yogyakarta, has become a disturbing phenomenon in the last decade. Bullying is believed by some experts to be one of the root of the problem. There are three types of bullying, verbal, relational, and physical, but the most common is verbal abuse. Meanwhile, effective classroom management is one way that is believed to prevent and address the problem. One of the primary schools in Yogyakata city that has been quite successful in implementing this is the Tumbuh 3 Yogyakarta’s Elementary School (ES). This article discusses how the implementation of classroom management to prevent verbal abuse in Tumbuh 3 Yogyakarta’s ES. Through a case study with naturalistic approaches that collected data through in-depth interviews, moderate participant observation, and documentation found that implementation of classroom management to prevent verbal bullying in Tumbuh 3 Yogyakarta’s ES was conducted with an immediate response and a long-term response, anti-harassment with the application of Positive Behavioral Interventions and Supports.


Keywords


Classroom Management, Prevention, Verbal Bullying, Primary School

References


DAFTAR PUSTAKA

Adilla, N. (2009). “Pengaruh Kontrol Sosial terhadap Perilaku Bullying Pelajar di Sekolah Menengah Pertama”, Jurnal Kriminologi Indonesia, Vol.5 No. 1, Februari.

Arends, R. I. (2013).Belajar untuk Mengajar: Edisi 9 Buku 1, Diterj.oleh: Made Frida Yulia.Jakarta: Salemba Humanika,.

de Jong, W. (2017). Pendekatan pedagogik dan Didaktik pada Siswa dengan MAsalah dan Gangguan Perilaku, Diterj.oleh: Julia Maria van Tiei.Jakarta: Prenada.

Fadjar, A. M. (1999). Madrasah dan Tantangan Modernitas, Cet. ke-II.Bandung: YASMIN bekerjasama dengan Mizan,.

Fataruba, R. P., S, dan Wardani, Y. (2009). “Hubungan Pola Asuh Dengan Kejadian Kekerasan Terhadap Anak Usia Sekolah (6-18 Tahun) Di Kelurahan Dufa-Dufa Kecamatan Ternate Utara”, Kes Mas, No. ISSN: 1978-0575.

Hadi, U. (2017). “10 Pelajar Pelaku 'Klitih' Divonis Satu hingga Lima Tahun Penjara” diunggah tanggal 13 Januari 2017 di http://jogja.tribunnews.com/2017/01/13/10-pelajar-pelaku-klitih-divonis-satu-hingga-lima-tahun-penjara.Diunduh tanggal 22 Maret 2017

Hamburg, D.A.,& Hamburg, B.A. (2004). Learning To Live Together: Preventing Hatred And Violence In Child And Adolescence Development. New York: Oxford University Press.

Hertinjung, W. S. (2013). “Bentuk-Bentuk Perilaku Bullying Di Sekolah Dasar”, Prosiding Seminar Nasional Psikologi Parenting: Optimalisasi Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Bangsa, diselenggarakan oleh Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta pada tanggal 1 Juni 2013, diunduh dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/3952 pada Tanggal 25 Maret 2017.

Jones, V. dan Jones, L. (2012).Manajemen Kelas Komprehensif, Edisi ke-9,Diterj.oleh: Intan Irawati.Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

KPAI. (2016). “Rincian Data Kasus Berdasarkan Klaster Perlindungan Anak, 2011-2016”, diunggah tanggal 17 Juli 2016 di http://bankdata.kpai.go.id/tabulasi-data/data-kasus-per-tahun/rincian-data-kasus-berdasarkan-klaster-perlindungan-anak-2011-2016, diunduh tanggal 25 Maret 2017.

Kunandar. (2013).Penilaian Otentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh.Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Kusuma, W. (2017). “Aksi "Klitih" Kembali Terjadi di Yogyakarta, Seorang Pelajar SMP Tewas” diunggah tanggal 13 Maret 2017 di http://regional.kompas.com/read/2017/03/13/17592971/aksi.klitih.kembali.terjadi.di.yogyakarta.seorang.pelajar.smp.tewas, dan diunduh tanggal 22 Maret 2017

Magfirah, U. dan Rachmawati, M. A. (2010). “Hubungan Antara Iklim Sekolah dan Kecenderungan Perilaku Bullying”, Jurnal Psikohumanika.

Marzano, R. J. (2013).Seni dan Ilmu Pengajaran, Diterj.oleh: Rahmat Purwono.Jakarta: Indeks.

Muthmainnah, S. (2017). Guru PAI di SD Tumbuh 3 Yogyakarta, Wawancara, pada Tanggal 16 November 2017.

Nto, “Berkas Perkara Kasus Klitih di Jalan Kenari Yogyakarta Sudah Diserahkan ke JPU”, http://jogja.tribunnews.com/2017/03/21/berkas-perkara-kasus-klitih-di-jalan-kenari-yogyakarta-sudah-diserahkan-ke-jpu diunduh tanggal 22 Maret 2017

Prastowo, A. (2014). “Kebijakan Penilaian Authentik dan Perbaikan Mutu Pendidikan Di Sekolah/Madrasah dalam Kurikulum 2013”, Makalah, Disajikan dalam Diskusi Ilmiah Dosen Tetap UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Tanggal 23 Mei 2014.

Prastowo, A. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian, Cet. III.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Group.

Rosada, A. (2017). Manajer Program CSIE di SD Tumbuh 3, Wawancara, pada hari Kamis Tanggal 16 November 2017.

Saputro, A. (2013). “Hubungan Paparan Kekerasan Dengan Perilaku Bullying Di Sekolah Dasar”, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sidi, I. J. (2003). Menuju Masyarakat Belajar: Menggagas Paradigma Baru Pendidikan Cet. II.Jakarta Selatan: Paramadina bekerjasama dengan Logos Wacana Ilmu.

Smokowski, P. R.,& Kopasz, K. H. (2005).“Bullying In School: An Overview Of Types, Effects, Family Charateristics, And Intervention Strategies”, Children & School Journal, 27 (2), April 2005.

Tim Dapodik Dikdasmen. (t.th). "SD Tumbuh", di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/sekolah/BF004CB5A14DBF506DEA#, diunduh tanggal 29 November 2017.

Tim Dapodik Dikdasmen. (t.th). "Sekolah Kita: SD Tumbuh", di http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/profil/6026cb5c-2ef5-e011-b5b0-93823ad595d2, diunduh tanggal 29 November 2017.

Tim SD Tumbuh 3. (t.th). "Home", di http://sekolahtumbuh.sch.id/, diunduh Tanggal 29 November 2017.

Tim SD Tumbuh 3. (t.th). "Positive Behaviour Interventions and Support", di http://sekolahtumbuh.sch.id/anti-bullying-policy/, diunduh tanggal 29 November 2017.

Tim SD Tumbuh 3, "Tumbuh Primary School 3, di http://sekolahtumbuh.sch.id/tumbuh-primary-school-3/, diunduh tanggal 29 November 2017.

Tim SD Tumbuh. (t.th). "Home", di http://sekolahtumbuh.sch.id/tumbuh-primary-school-1/; http://sekolahtumbuh.sch.id/tumbuh-primary-school-2/; http://sekolahtumbuh.sch.id/tumbuh-primary-school-3/, diunduh tanggal 26 November 2017.

Verlinden, S. H. M. dan Thomas, J. (2000). “Risk Factors In School Shootings”, ClinicalPsychology Review, Vol. 20 No. 1.

Yuniartiningtyas, F. (2012). "Hubungan antara Pola Asuh Orang Tua dan Tipe Kepribadian dengan Perilaku Bullying di Sekolah pada Siswa SMP," Jurnal Universitas Negeri Malang.

Yusuf, H. dan Fahrudin, A. (2012).“ Perilaku Bullying: Asesmen Multidimensi Dan Intervensi Sosial”, Jurnal Psikologi Undip, Vol. 11, No.2, Oktober 2012.

Yuwono, M. (2016). “Korban Pembacokan Siswa SMA Meninggal Dunia”, diunggah tanggal 14 Desember 2016 di http://news.okezone.com/read/2016/12/14/510/1565924/korban-pembacokan-siswa-sma-meninggal-dunia, dan diunduh tanggal 22 Maret 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v5i2.3064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.