Evaluasi Program Tahfidz Excellent di Pondok Pesantren Al-Irsyad Bulaan Kamba

Ilian Ikhsan, Zuqriva Hayati, Supratman Zakir, Iswantir M, Zulfani Sesmiarni

Abstract


Evaluation of the Excellent Tahfidz Programme at Pondok Pesantren Al-Irsyad Bulaan Kamba in Improving Santri's Memorisation. This study aims to assess the effects of context, input, process and product resulting from the implementation of the Excellent Tahfidz programme. The description of these effects is important for the determination of the programme's compatibility with the needs of Islamic boarding schools within the community. This research uses the CIPP approach to evaluation research. The findings of this study reveal that: 1) The tahfidz excellent programme is in line with the needs of the students, parents, the vision and mission of the institution and the educational goals. 2) Tahfidz excellent is implemented four times a week. 3) The learning process of the tahfidz programme is expertly conducted by the teachers. 4) The equipment and infrastructure supported the memorisation process. This is evidenced by the fact that 88% of the students have been successful in the memorisation of 2 juz in the odd semester. In addition, 85% of the students were optimistic about the achievement of the memorisation target within one year.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil Context, Input, Proses, dan Product dari pelaksanaan program Tahfidz Excellent di Pondok Pesantren Al-Irsyad Bulaan Kamba. Hal ini menarik untuk diuraikan agar dapat melihat sejauh mana kesesuaian antara program (tahfidz excellent) dengan kebutuhan pesantren di masyarakat. Tulisan ini termasuk kedalam jenis penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan CIPP (Context, Input, Process dan Product) dari Stufflebeam & Shinkfield. Adapun instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program tahfidz excellent ini sudah sesuai dengan kebutuhan santri, orang tua, visi dan misi, serta tujuan lembaga pendidikan, 2) Pelaksanaan tahfidz excellent ini dilakukan empat kali dalam seminggu, 3) Guru sudah melaksanakan proses pembelajaran program Tahfidz dengan sangat baik, 4) Sarana dan prasarana sudah membantu dalam proses menghafal, 5) Program tahfidz Excellent sudah berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari sebanyak 88% santri telah dapat mencapai target hafalan sebanyak 2 juz pada semester ganjil. Selain itu sebanyak 85% santri dengan optimis mampu menyelesaikan target hafalan dalam waktu satu tahun.


Keywords


CIPP Model; Evaluation; Tahfidz Program.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Abdul Kadir. 2018. “Dimensi Pengenalan Siswa SLTP Terhadap Alquran.” Al-Qalam 8(2).

Anonim. 2022. “Wali Kota Resmikan Rumah Tahfidz Dan Unit Usaha FPRM Di Rumbai.” Pekanbaru.go.id. https://www.pekanbaru.go.id/p/news/wali-kota-resmikan-rumah-tahfidz-dan-unit-usaha-fprm-di-rumbai (December 8, 2022).

Asari, Slamet et al. 2021. “Paikem (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif Dan Menyenangkan).” DedikasiMU: Journal of Community Service 3(4): 1139–48.

Astutik, Mardi. 2016. “Pengaruh Disiplin Kerja Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Jombang.” JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan) 2(2): 141–59.

Aziz, Jamil Abdul. 2017. “Pengaruh Menghafal Al-Quran Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Roudhotul Atfal (RA) Jamiatul Qurra Cimahi.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 2(1): 1–15. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/goldenage/article/view/1357.

Basyir, Saihul. 2021. Kun Bil Qur’ani Najman. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Faizin, Imam. 2021. “Evaluasi Program Tahfidzul Qur’an Dengan Model CIPP.” Al-Miskawaih: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2(2): 99–118. https://www.journal.stitpemalang.ac.id/index.php/al-miskawaih/article/view/362.

Fitri, Retna, Supratman Zakir, Sarwo Derta, and Gusnita Darmawati. 2020. “Penggunaan CIPP Model Dalam Mengevaluasi Pelaksanaan Tahfiz Qur’an Di Pondok Pesantren.” Journal Educative : Journal of Educational Studies 5(1): 1.

Hartati, Yumi. 2018. “Evaluasi Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran IPS.” Jurnal Sosial Humaniora 9(1): 80–89. https://ojs.unida.ac.id/index.php/JSH/article/view/482.

Junanto, Subar. 2018. “Evaluasi Program Standar Kompetensi Lulusan Al Qurâ€TM an (SKL Al Qurâ€TM an) Di Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, IAIN Surakarta, Tahun 2017.” At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam 3(1): 1–11. https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/at-tarbawi/article/view/1152.

Maghfiroh, Warda. 2022. “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Teknologi Informasi Di MI Miftahul Ulum Bago Pasirian.” Jurnal Petisi (Pendidikan Teknologi Informasi) 3(1): 20–28.

Mahmudi, Ihwan. 2011. “CIPP: Suatu Model Evaluasi Program Pendidikan.” Jurnal At-Ta’dib 6(1): 111–25.

Mufid, Muhammad. 2020. “Evaluasi Model Context, Input, Process and Product (CIPP) Program Baca Tulis Al-Qur’an Di Institut Agama Islam Negeri Pekalongan.” Quality 8(1): 1–14.

Raharjo, Sabar Budi. 2013. “Evaluasi Trend Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 16(2): 511–32. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/1129.

Rahman, Irfan. 2015. Metode Al-Jawarih. 1st ed. Mujahid Grafis.

Ritonga, Fitriani Mardiah, and Lahmuddin Lubis. 2018. “Peran Guru Dalam Memotivasi Siswa Menghafal Alquran Di SDIT Al-Ikhlas Konggo.” Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan 3(1): 56–65. https://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad/article/view/470/460.

Saputra, Hendra Dani, Faisal Ismet, and Andrizal Andrizal. 2018. “Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK.” INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi 18(1): 25–30.

Sesmiarni, Zulfani, Junaidi Junaidi, Darul Ilmi, and Wedra Aprison. 2018. “The Islamic Education Strategies Inlocal Culture Perspective Of West Sumatera Society.” Jurnal Educative: Journal of Educational Studies 3(1): 30–38.

Sugiyono, Prof.Dr. 2015. Metode Penelitian Dan Pengembangan (Research and Development/R&D). ed. Sofia Yustiani Suryandari. Bandung: Alfabeta.

Tobari. 2022. “Bupati Agam Upayakan Peningkatan Kualitas SDM Melalui Rumah Tahfidz.” InfoPublik. https://infopublik.id/kategori/nusantara/669397/bupati-agam-upayakan-peningkatan-kualitas-sdm-melalui-rumah-tahfidz?show=# (December 8, 2022).

Tria, Agustina. 2022. “PROFIL Naja Hafiz Cilik Asal Mataram, Alami Kelumpuhan Mampu Hafal 30 Juz Hanya Dalam Waktu 10 Bulan.” SRIPOKU.COM. https://palembang.tribunnews.com/2022/09/09/profil-naja-hafiz-cilik-asal-mataram-alami-kelumpuhan-mampu-hafal-30-juz-hanya-dalam-waktu-10-bulan (December 9, 2022).

Ulum, Moh Syaeful, and Iip Ropikoh. 2018. “Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak Melalui Metode One Day One Hadits Pada Anak Usia TK.” WALADUNA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(2): 58–73. http://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/86.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v11i2.22029

Refbacks



Copyright (c) 2023 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.