Gaya Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik di MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati

Ahmad Taufik, Mubasyaroh Mubasyaroh, Muhamad Jalil

Abstract


Principal Leadership Style in Improving Student Achievement at MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati. This study examines the leadership style employed by the Principal at MTs Abadiyah Koryokalangan Gabus Pati to enhance student achievement. The research follows a qualitative approach, employing interviews, observations, and documentation for data collection. Data analysis involves reduction, display, and verification. In conclusion, the leadership style of the principal at MTs Abadiyah Koryokalangan Gabus Pati aligns conceptually with the management functions of planning, organizing, actuating, controlling, monitoring, and evaluating. The principal implements four leadership styles: instructive, consultative, participative, and delegative. The leadership of the head of the madrasah in enhancing the achievement of students at MTs Abadiyah Kuryokalangan Pati is consistent with leadership theory. In terms of improving student achievement, there are three supporting factors: facilities and infrastructure, environment, and motivation of those involved, as well as funding. On the other hand, there are also inhibiting factors that include a lack of motivation among the students themselves, personal and environmental challenges, societal and technological factors, as well as issues related to facilities and infrastructure.

Penelitian ini membahas tentang Gaya kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik di MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif. Pengumpumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datanya melalui, reduction, display dan verification. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: 1) Gaya kepemimpinan kepala madrasah di MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati, secara konseptual sudah sesuai dengan fungsi manajemen yaitu planning, organizing, actuating, controlling, monitoring dan evaluating. gaya yang dipakai kepala madrasah MTs Abadiyah Kuryokalangan Gabus Pati sebagai berikut: a) Gaya kepemimpinan kepemimpinan instruktif. b) Gaya kepemimpinan kepemimpinan konsultatif. c) Gaya kepemimpinan kepemimpinan partisipatif atau demokratis d) Gaya kepemimpinan kepemimpinan delegatif. 2. Kepemimpinan kepala madrasah dalam peningkatan prestasi di MTs Abadiyah Kuryokalangan Pati dapat dikatakan sesuai dengan teori kepemimpinan, 3. Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam meningkatkan prestasi peserta didik di MTs Abadiyah Kuryokalangan Pati. a) Faktor pendukung adalah sarana dan prasarana, lingkungan dan diri pelaku yang bersangkutan serta pendanaan b) Faktor penghambat dalam meningkatkan prestasi peserta didik adalah diri pelaku yang malas, problem pribadi dan lingkungan, meliputi masyarakat, teknologi juga faktor sarana dan prasarana.

Keywords


Achievement; Leadership style; Principal.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal, and Nasirudin. 2021. “Pengembangan Bakat dan Minat Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Muna Kesilir Banyuwangi.” EDUCARE: Journal of Primary Education 2(2): 119–34.

Alfatoni, Abdul Hafiz, and Hamzani Aulia Rahman. 2021. “Kebijakan Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di MI NW Lendang Ara.” MANAZHIM: Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan 3: 171–82.

Aulia Diana devi. 2020. “Analisis Mutu dan Kualitas Input-Proses-Output Pendidikan di MAN 1 Tulang Bawang Barat.” ÁL-FÂHIM: 1–13.

Djunaedi, and Rosiana Natalia. 2018. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Kinerja Karyawan.” PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis 3.

E. Mulyasa. 2009. Menjadi Kepala Madrasah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Halbusi, Hussam Al, Thomas Li-ping Tang, Kent A Williams, and T Ramayah. 2022. Asian Journal of Business Ethics Do Ethical Leaders Enhance Employee Ethical Behaviors? Organizational Climate, Justice Perceptions, and Leader Moral Attentiveness: Iraq’s Emerging Market. Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s13520-022-00143-4.

Haryono Sudirmunawar. 2006. Kepemimpinan, Peran Serta dan Produktivitas. Bandung: Mandar Maju.

Hasanudin, Wawan Ahmad Ridwan, A. Syathori. 2017. “Hubungan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Kepedulian Sosial Siswa Kelas XI Madrasah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Darma Desa Cipasung Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan.” Jurnal Al Tarbawi Al Hadits 01.

Hendryadi, Tricahyadinata, I., & Zannati, R. 2019. Metode Penelitian: Pedoman Penelitian Bisnis dan Akademik. Jakarta: LPMP Imperium.

Ianah, Ana, Rena Latifa, Risatianti Kolopaking, dan Muhamad Nanang Suprayogi. 2021. “Kesejahteraan Siswa : Faktor Pendukung dan Penghambatnya.” 3(1): 43–49.

Inge Kadarsih dkk. 2020. “Peran dan Tugas Kepemimpinan Kepala Madrasah di Madrasah Dasar.” Jurnal Ilmu Pendidikan 2.

Iratnawati. 2019. “Manajemen Pembiayaan dalam Peningkatan Prestasi Peserta Didik.” journal.uin-alauddin VIII: 44–54.

Junaris. 2023. Kepemimpinan Kepala Madrasah. Purbalingga. PT Eureka Media Aksara.

Khodijah, Siti, and Mohammad Syahidul Haq. 2021. “Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19.” Inspirasi Manajemen Pendidikan 09(1).

Kuala, Syiah, Sri Banun, and Nasir Usman. 2016. “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada SMP Negeri 2 Unggul.” Jurnal Administrasi Pendidikan 4(1): 137–47.

Latifah, Nor. 2022. “Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan 2(2): 175–83.

Latip, Abdul. 2016. “Faktor-Faktor Pendukung dan Penghambat Pembelajaran Mata Pelajaran Ips di Smp.” 05: 19–27.

Maujud, Fathul. 2015. Manjemen Pembelajaran. Mataram: IAIN Mataram.

Mukhtar. 2015. “Strategi Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMP Negeri di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar.” Jurnal Magister Administrasi Pendidikan 3: 103–17.

Mulyasa, E. 2013. Menjadi Kepala Madrasah Profesional. Bandung: Remaja Rodaskarya.

Nurhuda, Hengki. 2022. “Faktor dan Solusi Yang Ditawarkan National Education Problems, Factors And Solutions.” Disarah: 127–37.

Primadhita, Yuridistya, Susilowati Budiningsih, and Anggraita Primatami. 2018. “Pengaruh Faktor Internal dan Faktor Eksternal.” 20(03): 161–70.

Riedel legi W. Y. Rompas, Msi, and Jericho d. Pombengi. 2017. “Implementasi Pendekatan Bottom up Dalam Perencanaan Pembangunan Desa di Kecamatan Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan.” media.neliti (2).

Rohiat. 2008. Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Madrasah. Bandung: PT. Refika Aditama.

Setiawan, Andre. 2017. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja.” AGORA 5(3): 1–7.

Siteni, La. 2015. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Mengajar Guru, Prestasi Belajar Siswa.” (1): 173–81.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartini, Nina. 2019. “Strategi Manajemen Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Yayasan Perguruan SMP AL-Hidayah.” Management of Education : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 5: 1–10.

Sulhan, Ahmad. 2016. Manajemen Kepemimpinan dan Organisasi Pendidikan Islam. Mataram: IAIN Mataram.

Widayati, Christina Catur, Septy, and Rahardjo. 2016. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Delegatif, Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Bank Mandiri KCP Jakarta Kota.” JRMB 11: 91–101.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v11i2.22010

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.