Tindak Lanjut Penilaian Kinerja Kepala Sekolah pada Komponen Kualitas Supervisi Pembelajaran

M. Asif Nur Fauzi, Sukamto Sukamto, Janpristiwandi Sidabutar, Yosal Iriantara

Abstract


Follow-up Assessment of Principal Performance on the Quality Component of Learning Supervision. This research is driven by findings concerning the inadequate appraisal of school principals in supervising learning, which is urgent in attaining quality learning. This is attributed to teacher professionalism, affecting the quality of graduates' learning experience. The study aimed to investigate the follow-up procedures of school principals in enhancing the standard of learning supervision encompassing administrative documentation and teacher professionalism. The descriptive research with a qualitative methodology was employed to conduct the study. The data sources consisted of observations, interviews, and document analysis. After analysing the collected data through reduction, presentation, and drawing conclusions, some of the research findings revealed obstacles related to PKKS, occurring due to virtual supervision. These technical obstacles have an impact on holistic constraints. Follow-up actions included action planning, building communication, and setting new standards.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan terkait rendahnya penilaian kinerja kepala sekolah dalam komponen supervisi pembelajaran yang sebenarnya memiliki tingkat urgensi yang harus diperhatikan dalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas. Hal ini karena kualitas pembelajaran dipengaruhi oleh profesionalisme guru dan mempengaruhi kualitas lulusan dalam hal pengalaman belajarnya. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendalami kegiatan tindak lanjut kepala sekolah dalam peningkatan mutu supervisi pembelajaran yang dilakukan, baik dalam pendokumentasian administrasi maupun dalam aspek profesionalisme guru. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sesuai dengan pengumpulan data yang dilakukan, data dianalisis melalui reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan. Beberapa hasil penelitian yang dipaparkan yaitu kendala yang terjadi terkait temuan PKKS karena pengawasan dilakukan secara virtual sehingga menimbulkan kendala teknis yang berdampak pada kendala holistik. Kegiatan tindak lanjut yang dilakukan adalah melalui perencanaan tindakan, membangun komunikasi, dan menetapkan standar baru.

Keywords


Follow-up Activities; Quality of Learning Supervision; School Principal Performance Assessment (PKKS).

Full Text:

PDF

References


Dwikurnaningsih, Y. (2020). Implementasi Supervisi Akademik di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 4(3), 182–190.

Fauzi, M. A. N. (2023). Internalisasi Landasan Teologis, Filosofis, Psikologis, dan Sosiologis dalam Strategic Planning Pendidikan. Foundasia, 14(1), 55–68.

Ginting, R. (2020). Fungsi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 88–93.

Halimi, H. (2021). Pengaruh Supervisi Pengawas Dan Fungsi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Kerja Guru. Edum Journal, 4(2), 1–22.

Jelantik, A. A. K. (2015). Menjadi kepala sekolah yang profesional: Panduan menuju PKKS. Deepublish.

Karyati, R. (2020). Monitoring Dan Evaluasi Supervisi Akademik Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah Binaan Kepengawasan Kota Malang. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(3).

Mariani, M. (2022). Supervisi Edukatif Kolaboratif dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 8(2), 634–649.

Mayanti, S. P. (2022). Tindak Lanjut Supervisi Akademik Kepala Sekolah di Sma Negeri 1 Bulukumba.

Miles, M. B. dan A. M. H. (1992). Qualitative Data Analysis. Terjemahan oleh: Tjetjep Rohendi Rohidi. UI Press.

Moleong, J. L. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. 32–36.

Nahrowi, M. (2021). Urgensi supervisi pendidikan di sekolah. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 61–70.

Padhil, A., & Rauf, N. (2022). Pengendalian dan Penjamin Mutu. Nas Media Pustaka.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (n.d.). kebudayaan Nomor 15 Tahun 2018 Tentang Pemenuhan Tugas Guru. In Kepala Sekolah dan Pengawas.

Rahmi Maulida, H. (2022). Peranan Kepemimpinan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Manajemen Berbasis Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di SDN Pangarangan III Kec. Kota Sumenep Kab. Sumenep. Jurnal Magister, 9(21), 1–9.

Riyanto, M., Sasongko, R. N., Kristiawan, M., Susanto, E., & Anggereni, D. T. (2021). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Melaksanakan Perencanaan, Implementasi, Penilaian Dan Tindak Lanjut Supervisi Akademik. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 4(1), 21–30.

Saputro, A. N. C., Kuswandi, S., Purba, S., Aswan, N., Ermawati, E. A., Yuniwati, I., Kato, I., Yustita, A. D., Rahmawati, I., & Lestari, H. (2022). Manajemen Mutu Terpadu Untuk Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Setyawan, D., & Zuhaery, M. (2022). Penilaian Kinerja Kepala Sekolah dan Guru Muhammadiyah Kecamatan Tempel. Academy of Education Journal, 13(1). https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.893

Sudiana, N. (2019). Implementasi Tindak Lanjut Hasil Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran Berbasis TIK Melalui Pembimbingan dengan Shoping. Journal of Education Action Research, 3(4), 410–417.

Susanti, S. (2023). Analisis Fungsi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Sebagai Supervisor Pendidikan. Iluminasi: Journal of Research in Education, 1(1), 1–10.

White, L. J., Hammer, P. C., & Whisman, A. (2015). 21st Century Community Learning Centers: A Descriptive Evaluation for 2014-2015. West Virginia Department of Education Office of Research, Accountability, and Data Governance.

Yostania, M., & Hariyadi, A. (2023). Analisis Fungsi Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PPKS) Sebagai Supervisor Pendidikan. Equity in Education Journal, 5(1), 59–64.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v11i2.21267

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.