MENEJEMEN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM SENSITIF BENCANA (Tuntutan Inovasi dan Kontekstualisasi)
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dewey, J. (2004). Experience and Education; Pendidikan Berbasis Pengalaman. Sudarminta (terj.). Bandung. Teraju.
Fullan, M.G. (1991), The Meaning Of Education Change, Theacher Collage Columbia University, New York.2 edition. ISBN 0-7744-0357-8
Hasan, S.H. (tt) Kurikulum Dan Tujuan Pendidikan. http://pk.sps.upi.edu/nd artikel_hamid.html (on line 22 Pebruari 2009)
Hasan, S.H. “Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan”, dalam Ali, M., dkk. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung. Pedagogiana Press.
Hayati, S.H. “Pendidikan Lingkungan Hidup” dalam Ali, M., dkk. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung. Pedagogiana Press.
Husein, M. “Manusia dan Tugas Kosmiknya menurut Islam”, dalam Mangunjaya, M, dkk. Eds. (2007). Menanam Sebelum Kiamat; Islam, Ekologi dan Gerakan Lingkungan Hidup. Jakarta.ICAS. Ibrahim. (1988). Inovasi Pendidikan. Jakarta. Depdikbud.
Kartadinata, S. Terapi dan Pemulihan Pendidikan, (Bandung: UPI Press, 2009).
Oliva, P.F. (1992). Developing the Curriculum. 4th edition. New York: Longman.
Paresti, S., dkk. (2008). Pengembangan Model-Model Kurikulum Pendidikan Layanan Khusus Pendidikan Non Formal Program Paket A Untuk Daerah Bencana Alam. Jakarta. Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan
Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.
Pranyono, F.E. (2009). Trauma Healing Pasca Gempa Bumi Sumatra Barat dalam http://fauziep.blogdetik.com/2009/10/03/trauma-healing-pascagempa-bumi-sumatra-barat/
(on line 8 Oktober 2009)
Print, M. (1993). Curriculum Development and Design. St. Leonard: Allen & Unwin Pty, Ltd.
Rogers, E.M. (1983). Diffusion of Innovation. London: The Free Press.
Rubaidi. (2010). “Bencana dalam Konstruksi Pemikiran Fiqh Kyai.” Dalam
Konferensi Hibah Penelitian Interpretasi dan Respons atas Bencana Alam.. Program Studi Agama dan Lintas Budaya, Sekolah Pascasarja UGM Yogyakarta, 11 Maret 2010.
Rudduck, J. (1991), Innovation and Change, Philadelphia. Open University Press ISBN 0-335-09580-1
Said, N. (2010). “Stretegi Saminisme dalam Membendung Bencana Alam; Perlawanan Sedulur Sikep terhadap Rencana Pembangunan Pabrik Semen di Sukolilo Pati.” Dalam Konferensi Hibah Penelitian Interpretasi dan Respons atas Bencana Alam. Program Studi Agama dan Lintas Budaya, Sekolah Pascasarja UGM Yogyakarta, 11 Maret 2010.
Said, N. (2010). Jejak Perjuangan Sunan Kudus dalam Membangun Karakter Bangsa. Bandung. Brillian Media Utama.
Schiraldi, G.R. (2000). Post-Traumatic Stress Disorder Sourcebook: A Guide to Healing, Recovery and Growth (Sourcebooks). (Paperback)
Sommers, M. (2003). “The Education Imperative: Supporting Education in Emergencies.” Washington, DC: Academy for Educational Development, and New York: Women’s Commission for Refugee Women and Children,dalam www.aed.org/ToolsandPublications/upload/EducationImperative.
pdf (on line 8 Oktober 2009).
Tilaar, H.A.R.(1985). Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta. Unruh, G.G. & Unruh, A. (1984). Curriculum Development: Problems, Processes, and Progress. Berkeley, California: McCutchan Publishing Corporation
Woodhouse, J.L. & Knapp, C. E. Place-Based Curriculum and Instruction: Outdoor and Environmental Education Approaches, 2000; http://www. ericdigests.org/2001-3/place.htm (online, 10 September 2008)
“11 Kab/Kota Terapkan Kurikulum Bencana” (2 Pebruari 2011) dalam http://aceh.
tribunnews.com/news/view/45931/11-kab-kota-terapkan-kurikulumbencana
(diakses 1 Pebruari 2011).
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v1i1.193
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.