Manajemen Kepemimpinan Rasulullah Saw. dalam Menciptakan Manajemen PAUD Berkualitas

Neni Komalasari

Abstract


The Leadership Management of the Rasulullah Pbuh. in Create Quality Early Childhood Education (ECE) Management. A quality Early Childhood Education (ECE) institution is characterised by a leadership and management team that excels in decision-making and communication. To achieve this, the institution must adhere to several management principles, including optimal planning, organisation, leadership, and supervision. By doing so, ECE institutions can effectively manage commitment, work unity, professionalism, and leadership, resulting in high-quality learning and a healthy, robust environment. Effective ECE leadership and management requires democratic, rather than authoritarian, leaders and managers. Rasulullah Pbuh. is an exemplary leader who demonstrated innovative educational practices while also incorporating spiritual values. This research utilises a qualitative method with a case study approach. The study concluded that ECE institutions with democratic leaders and managers who embody the Islamic values of honesty, trustworthiness, intelligence, and open-mindedness are more likely to have quality management. The teachings of the Prophet Pbuh. prioritize deliberation in decision making.
Ciri lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) berkualitas yaitu memiliki manajemen pimpinan dan manajemen pengelolaan yang bisa mengarahkan dan berkomunikasi dengan baik dalam pengambilan keputusan. Oleh karena itu, diperlukan sejumlah prinsip pengelolaan meliputi perencanaan, pengorganisasiaan, kepemimpinan dan pengawasan secara optimal. Dengan optimalitas tersebut bisa menjadikan lembaga PAUD mampu mengelola komitmen, kesatuan kerja, profesionalisme dan kepemimpinan, sehingga menghasilkan pembelajaran yang berkualitas serta terciptanya lingkungan yang sehat dan kuat. Semua itu tidak lepas dari adanya peran pimpinan dan pengelola yang demokratis, tidak otoriter dan absolut. Rasulullah Saw. sebagai tipikal pemimpin yang mampu menciptakan manajemen kepemimpinan PAUD yang berkualitas. memiliki jiwa sebagai pendidik yang inovatif bukan hanya sekedar menerapkan nilai-nilai kerohanian saja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif denagn pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa lembaga PAUD berkualitas dengan manajemen pemimpin dan pengelola yang demokratis. dalam perspektif Islam sesuai yang dicontohkan oleh Rasulullah Saw. yaitu jujur, amanah, dapat dipercaya, cerdas, dan berpikiran terbuka mampu menciptakan pengelolaan manajemen lembaga PAUD berkualitas. Ajaran manajemen pengelolaan Rasulullah Saw. yaitu mengutamakan musyawarah dalam pengambilan keputusan. 

Keywords


Kepemimpinan Rasulullah Saw.; Kualitas; Manajemen; PAUD.

Full Text:

PDF

References


Aminuyati & Mashudi. (2021). “Ekonomi Keluarga Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan”. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, Vol. 12, No 1, pp, 42-50.

Amirul Mukminin. (2011). Bahan Ajar Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Semarang PG-PAUD/FIP/UNNES.

Ardy Wiryani, Novan. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto, Suharsimi. (1988). Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: CV Rajawali.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bustami, Murniati, Cut Zahri Harun. (2012). Manajemen Pendidikan PAUD Al-Fath Sabang. Jurnal Administrasi Pendidikan ISSN 2302-0156 12 pages pp. 1-12.Volume 1, No.2, November 2012.

Daryanto S.S. 1997. Kamus Bahasa Indonesia Lengkap. Surabaya: Apollo

Efendi, N. Januariani. (2023) Konsep Dasar Landasan Manajemen Pendidikan Islam. POJOK GURU: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 111-132.

Erni Tisnawati Sule dan Kurniawan Saefullah. (2008). Pengantar Manajemen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Follet, Mary Parker. (1997). Definition of Management. http://www.blog.re.or.id/definisi-manajemen.htm (diakses tanggal 27 Juni 2022)

Hamka. Pemimpin Dan Pimpinan, Kuala Lumpur: Pustaka Melayu Baru & Pustaka Budaya Agensi, 1973.

Hamka. Tafsîr Al-Azhâr, Singapura: Pustaka Nasional, Jilid. 2, Cet. 3, 1999.

Hapidin. (2003). Manajemen Penyelenggaraan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Pusdiani Press.

Hasan, Maimunah. (2009). Pendidikan anak usia dini. Jogjakarta: Diva Press.

Heldrianto, Beni. (2013). “Pengaruh Prestasi Akademik dan Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Kesiapan Calon Guru”. Sociologique Jurnal S-1 Ilmu Sosiologi.Vol. 1 No 1.

Ikhawan . A. (2019). Sistem Kepemimpinan Islami: Instrumen Inti Pengambil Keputusan Pada Lembaga Pendidikan Islam. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, (3(2), 111-154.

Ikhwan, A. (2019). Sistem Kepemimpinan Islami: Instrumen Inti Pengambil Keputusan pada Lembaga Pendidikan Islam. Istana: Jurnal Pendidikan Islam, 3 (2),111-154.

Ishimine, K., & Tayler., C. (2014). Assessing quality in early childhood education and care. European Journal of Education, 49 (2), 272-290.

M. Manulung. (1990). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Galia Indonesia.

Marlina. (2013). Tipe-Tipe Kepemimpinan Dalam Manajemen Pendidikan. Jurnal Ta’dib. XVIII (02) November. http://jurnal.radanfatah.ac.id/index.php/tadib/article/view/47

Marthan, Lay Kekeh. (2007). Manajemen Pendidikan Inklusi. Jakarta : Dirjen Dikti.

Molla, S., Rumallang, A., & Nurdin, N. (2023). Peran Remaja Masjid dalam Penerapan Nilai-Nilai Al-Islam Melalui Pelatihan Dasar Kepemimpinan. Madaniya, 4(2), 621-628.

Muhibbin Syah. (2007). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2003). Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muntatsiroh, A., & Bustamam, R. (2023). KRITERIA DAN AKHLAQ PEMIMPIN YANG BAIK DALAM ISLAM. Jurnal Economic Edu, 4(1), 1-10.

Nurhayati, E., Nuraeni, T., Adrian, K. B., & Aeni, A. N. (2023). Pengembangan Website POLARAS (Politik ala Rasulullah) untuk Mengenalkan Keteladanan Politik Nabi Muhammad SAW di Sekolah Dasar. AS-SABIQUN, 5(3), 781-792.

https://doi.org/10.36088/assabiqun.v5i3.3318

PADU. (2004). Buletin PADU Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014

R. Terry, George. (1997). Manajemen Dakwah Islam. Jakarta: Bulan Bintang

Rahayu, F., Rahmi, U., Yunita, L., & Pratama, A. R. (2024). Strategi Pembelajaran Guru Akidah Akhlak dalam Membina Karakter Siswa di MtsS Yati Kamang Mudik. Al-Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 60-69.

Rivai, Veithzal dan Sylviana Murni. 2009. Education Management Analisis Teori dan Praktik. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Rosli, A. S. B., Zahid, N. A. B., Othman, N. B., & bin Syed Hassan, S. N. (2023). Rasulullah sebagai Ikon Al-Qawwam.

Subhan, M. (2014). Kepemimpinan Islami dalam Peningkatan Mutu lembaga Pendidikan Islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam. 8 (1).

Suparlan, Parsudi. 1993.

Suryadi, Didih. (2011). Promosi Efektif “Menggugah Minat dan Loyalitas Pelanggan”. Jakarta : PT. Suka Buku

Tahang, T., & Jamrizal, J. (2023). Kepemimpinan Rasulullah SAW. Madinatul Iman, 2(1), 30-38.

https://doi.org/10.24239/jimpe.v2i1.1864

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v11i2.15659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 QUALITY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License


Quality Journal by Pascasarjana IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.