Transformasi Sosial-Ekonomi dan Manajemen Pendidikan Eks-Pekerja Migran Perempuan (PMP) di Sendang Kabupaten Tulungagung

Chusnul Chotimah, Nur Isroatul Khusna

Abstract


Penghasilan rendah dan minimnya lapangan kerja menyebabkan para perempuan di Sendang Kabupaten Tulungagung nekat untuk jadi Pekerja Migran Perempuan (PMP) ke luar negeri. Fenomena demikian sudah terjadi sekian lama dan seolah menjadi bagian dari dinamika kehidupan. Impactnya adalah terjadi transformasi sosial-ekonomi dan pendidikan para eks-PMP pasca kepulangannya dari luar negeri. Dengan menggunakan mix methods, artikel ini menggambarkan perubahan taraf kehidupan para mantan PMP dari sisi social, ekonomi dan manajemen pendidikan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah sekitar 138 orang dengan sampel 100 responden. Analisis tabulasi tunggal dan persentase digunakan peneliti untuk mendapatkan gambaran umum masing-masing variabel. Hasil dari riset ini menunjukkan bahwa transformasi social-ekonomi terjadi ditandai dengan pergeseran jenis pekerjaan PMP dari agraris menjadi non-agraris. Dari pekerjaan buruh tani 13% pasca menjadi PMP berubah menjadi petani dengan lahan sendiri 15% dan 85% lainnya pekerjaan non agraris. Transformasi sosial terlihat dari life style yang berubah sebagai akibat dari meningkatnya penghasilan dari 54% tidak berpenghasilan turun menjadi 17% setelah menjadi PMP. Life style terjadi juga karena infiltrasi nilai dan tujuan hidup yang tidak lagi homogen menjadikan kesadaran kolektif melemah dan terjadiya kelonggaran norma sosial. Adapun transformasi pendidikan ditandai dengan tumbuhnya kesadaran pengelolaan pendidikan dengan menyisihkan anggaran sebesar 20% dari remitensi untuk tabungan pendidikan.

Keywords


Transformasi Sosial-Ekonomi, Manajemen Pendidikan, Pekerja Migran Perempuan

References


Agustini, Rifa, “Karakteristik Tenaga Kerja Wanita Yang Pernah Bekerja di Luar Negeri,” http://jurnal-online.um.ac.id/data/artikel/artikel42A9D8AC833B270C3E0696036BCB26EC.pdf

Albar, Achmad, “Kontribusi Pendapatan Tenaga Kerja Wanita Pada Usaha Pembuatan Tempe Terhadap Pendapatan Keluarga (Studi Kasus:Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Medan Selayang),” https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/viewFile/17499/7434

Arifin, Zainal. (2012). “Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru,” Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. (2006). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,” Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

-----------,. (2006). “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,” Edisi Revisi VI, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Asikin, Zainal, dkk. (1993). “Dasar-Dasar Hukum Perburuhan,” Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Astuti, Sri. (2008). “Remitensi dan Sosial Ekonomi Keluarga Daerah Asal (Suatu Kajian PMP) di Desa Kananga dan Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima NTB,” Malang:Universitas Negeri Malang.

Bandiyono, Suko, “Tinjauan Migrasi Penduduk Desa-Kota, Urbanisasi dan Dampaknya,” (www.ejurnal.kependudukan.lipi.go.id)

Budijanto, dkk. (2004). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pencurahan Waktu Kerja Wanita di Pedesaan Studi Kasus di Desa Tegal Gondo Kecamatan Karang Ploso Kabupaten Malang,” Malang: Lemlit UM.

Budijanto, dkk. (2007). “Peranan PMP Dalam Pengembangan Keluarga Sejahtera di Kotamadya dan Kabupaten Malang,” Malang: Lemlit Universitas Negeri Malang.

Cook, Nancy (ed.). (2007). “Gender Relations in Global Perspective: Essential Readings,” Kanada: Canadian Scholars’ Press Inc.

Creswell, J., (2012). “Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research,” (4thed.) Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.

Direktorat Jenderal PPTKLN, (2006). “Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi R.I. Nomor: PER. 19/MEN/V/2006,” Jakarta: Direktorat jenderal PPTKLN.

Dwi Narwoko, & Bagong Sunyoto, (2006). “Sosiologi Teks dan Pengantar Terapan,” Jakarta: Kencana.

Fadhilla, arfa, (2017). “Analisis Transformasi Sosial Ekonomi Wilayah Peri Urban Di Kabupaten Kampar (Studi Kasus Desa Tarai Bangun Kecamatan Tambang)”, dalam JOM Fekon, Vol. 4 No.1 (Februari)

Fakih, Mansour, (2013). “Analisis Gender dan Transformasi Sosial”, Cet. XV, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Harjito, (2018). “Memoar Buruh Migran Perempuan Dan Media Perlawanan” dalam Palastren, Vol. 10 No 1, Juni.

Kumalasari, Luluk Dwi, (2011). “Keharmonisan Keluarga TKW dalam Perspektif Gender (Studi di Donomulyo Malang)”. dalam Humanity, Vol 6, No. 2.

Kuncoro, Bagas, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Menjadi Tenaga Kerja Indonesia: Studi Kasus di Kabupaten Grobogan,” http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edaj

Lexy J Moleong, (2005). “Metodologi Penelitian Kualitatif,” Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mantra, I.B. (2000). “Demografi Umum,” Yoyakarta: Pustaka Pelajar.

March, Candida, Smyth, and Mukhopadhya. (1999). “A Guide to Gender-Analysis Frameworks”, UK: Oxfam GB.

Mc Connel, C.R. dan S.R. Brue. (1995). “Mobility, Migration and Efficiency In Contemporary Labour Economics 4th ed,” New York: McGraw-Hill.

Mukhadis, Amat, (2013). Sosok Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter dalam Bidang Teknologi Sebagai Tuntutan Hidup di Era Globalisasi. (online), (http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1434)

Munanda, Aris, Karakteristik, “Faktor Pendorong dan Dampak Perempuan menjadi PMP Luar Negeri di Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak,” http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/FIS.

Puspita, Ria. (2009). “Motivasi Pekerja Migran Perempuan Bekerja ke Luar Negeri dan Dampak Remitensi Terhadap Keluarga PMP di Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi,” Malang: Universitas Negeri Malang

Todaro, Michael. P dan Stephen C. Smith. (2008). Pembangunan Ekonomi Jilid I Edisi Kesembilan. Erlangga: Jakarta

Undang-Undang Keimigrasian Republik Indonesia. (2005). Jakarta: PT. Armas Duta Jaya.

Widowati, Evi., dan Cahyati, Widya Hary. (2019). Kejadian kekerasan Terhadap Anak Tenaga Kerja Indonesia Di Kabupaten Kendal. PALASTREN, 12(1). http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Palastren/article/view/3149/3688

Wijaya, Etistika Yuni, dkk. (2016). “Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 ~ Universitas Kanjuruhan Malang.

Wilkes, Chris. (2005). “Kelas Menurut Bourdieu” dalam Harker, Richard. Cheelen Mahar dan Chris Wilkes. Tt. in (Habitus x Modal) + ranah = Praktik, Terjemahan by Pipit Maizier. Jogyakarta: Jalasutra.

Wulan, Tyas Retno, dkk. (2018). “Ayah Tangguh, Keluarga Utuh: Pola Asuh Ayah pada Keluarga Buruh Migran Perempuan di Kabupaten Banyumas,” Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, Vol. 11, No. 2.

Yunus, Hadi Sabari. (2008). Dinamika Wilayah Peri-Urban Determinan Masa Depan Kota. Pustaka Pelajar: Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/palastren.v13i1.7137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PALASTREN Jurnal Studi Gender

Creative Commons License
Palastren : Jurnal Studi Gender by Pusat Studi Gender STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.