MANAJEMEN PENGASUHAN ANAK BERBASIS SOFT SKILL (Studi Kasus Di Panti Darul Hadlonah Demak)

Sri Utaminingsih, Richma Hidayati

Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian yaitu 1).  untuk  mendiskripsikan pengasuhan  anak pada Panti Asuhan Darul Hadlonah Demak; 2) mendiskripsikan soft skill yang dikembangkan  di Panti Asuhan  Darul Hadlonah Demak. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara dengan peneliti sebagai instrumen utama. Keabsahan data melalui triangulasi  metode dan sumber. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, mulai dari display, reduksi. dan pengambilan kesimpulan.  Sumber data sebagai informan dipilih terdiri dari: pengurus yayasana, pimpinan panti, pengasuh, serta anak-anak panti berjumlah 42  anak. Hasil penelitian  menunjukan bahwa  dalam pengelolaan panti mempunyai  struktur organisasi yang jelas,  visi, misi, program kerja dan  koordinasi dan evaluasi setip bulan dan akhir tahun. Pola  pengasuhan anak menggunakan sistim grup dan pola kakak adik, dalam kegiatan sehari –hari anak senoir diberi tanggungjawab pada anak yunior, sedangkan pola asuh pendidikan, anak diwajibkan menempuh pendidikan  formal berbasis  tanggungjawab  yaitu anak diberi kebebasan memilih pendidikan  SD sampai perguruan tinggi. Dalam pengasuhan dikembangkan  soft skill yaitu kemampuan bersikap amanah, tanggung jawab, kerjasama, komunikasi yang memperkokoh nilai jujur dan mandiri berdasarkan  nilai-nilai relegius.  

Kata Kunci:  manajemen, pengasuhan, anak, soft skill


Keywords


Kata Kunci: manajemen, pengasuhan, anak, soft skill

References


Brookfield, Stephen. 2002. Understanding and Facilitating Adult Learning. Josey Bass Publisher: San Fransisco

Fatimah, E. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: CV Pustaka Setia

Gibson, dkk, 2003. Organizations: Behavior, Strukture, Processes.11 Edition. New York

Goleman, Daniel. 2000. Emotional lntellegence . Alih bahasa: T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Moin, Rukhsar and Biswal, Smrutihara. 2012. Soft Skill in Status Quo. Internasional Journal of Physical and Social Sciences Vol 2 Issues 5 ISSN : 2249-5894. http://www.ijmra.us. Diakses pada tanggal 27 September 2016.

Q.S. Ad Dhuha ayat 9 juz 30

Santrock, John W. 2001. Life-Span Development Jilid 1 edisi kelima. Jakarta : Erlangga.

Sharma, A. 2009 Professional Development for Teachers. Diakses pada tanggal 27 September 2016 dari http://schoolofeducators.com/2009/02/importance-of-soft-skills development- in-education

Skinner, B.F. 1938. The Behavior of Organisms: An Experimental Analysis. Cambridge, Massachusetts: B.F.Skinner Foundation.

Slavin, Robert E. 2008. Psikologi Pendidikan Jilid 1 Edisi keenam. Jakarta : Erlangga .

Samani Muchlas, 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Sucipta, I Nyoman. (2009). Holistik Soft Skills. Denpasar: Udayana University Press

Sugiono, 2006. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Yogyakarta

Setyawan, Yudhi, 2009. Peranan Soft skill dalam Dunia Kerja. Marketing. 12/IX/Desember 2009.

Putra, Ichsan S dan Aryani Pratiwi, 2005. Sukses Dengan Soft Skills. Direktorat Pendidikan Institut Tehnologi Bandung, Bandung

Usman Husaini, 2008. Manajemen, Teori Praktek & Riset Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta.

Utaminingsih, Sri, Sucipto. 2015. Finacial Literacy Devolopment For Increasing Entrepreneurship for Elementry Students. Journal IOSR-JRME,vol5, issue5, tahun 2015

Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak

Waggoner and Cashell. 1991. The Impact of Time Pressure on Auditor’s. CPA Journal. . http://wx.nysscp.org. Diakses pada tanggal 27 September 2016

Wikipedia, 2010. Soft Skills. http://en.wikipedia.org/wiki/Soft_skills. Diakses pada Tanggal 27 September 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/palastren.v9i2.1812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PALASTREN Jurnal Studi Gender

Creative Commons License
Palastren : Jurnal Studi Gender by Pusat Studi Gender STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.