GELIAT PEREMPUAN PENJUAL IKAN DALAM PENGUATAN EKONOMI KELUARGA (STUDI PADA TEMPAT PENJUALAN IKAN BANYUTOWO-PATI)

BAYU TRI CAHYA, Farikatun Nadhifah, SUPARWI SUPARWI

Abstract


nelayan. Profesi penjual ikan adalah pekerjaan yang lazim dilakukan oleh perempuan pesisir, dan juga merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Perempuan secara kodrat berperan sebagai ibu rumah tangga yang mengurus anak dan juga kebutuhan rumah tangga. Pada kenyataannya peran perempuan pesisir tidak boleh lagi di anggap biasa karena sebagian besar memiliki peran ganda sebagai suatu tindakan bagi pemenuhan kebutuhan rumah tangga dan hal inilah yang berusaha diungkap dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data berdasarkan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan pendekatan phenomenology. Tujuan penelitian ini untuk mengungkap perempuan muslim sebagai penjual ikan yang berada di Desa Banyutowo Kabupaten Pati dalam upaya meningkatkan pendapatan ekonomi rumah tangga nelayan. Berdasarkan hasil penelitian mengungkapakan bahwa perempuan muslim bekerja sebagai penjual ikan dilatarbelakangi oleh faktor kemiskinan, pemanfaatan waktu luang dan tersedianya lapangan pekerjaan. Kontribusi perempuan muslim dalam upaya meningkatkan pendapatan ekonomi yaitu adannya pemasukan ekonomi keluarga dan peran domestik perempuan di dalam rumah tangga. Upaya dalam meningkatkan pendapatan ekonomi rumah tangga yaitu sebagai penjual ikan dan buruh pengasapan ikan.

 


Keywords


Perempuan Muslim; Penjual Ikan; Penguatan Ekonomi

References


Badu, Margaretha.’’ Peranan Perempuan dalam Meningkatkan Kesejahtraan Keluraga Nelayan di Desa Boyantongo Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong’’, Jurnal Administratie,1 no.4 (2015)

Cahya, B.T., Salahuddin, M.S., dam Baihaqi, J. Meretas Peran Ganda Istri Nelayan Dalam Household Economy Empowerment, Jurnal Harkat : Media Komunikasi Gender, 15(1), 2019.

Damsiki, Nuraini A. ‘’ Peranan Perempuan dalam Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Nelayan di Desa Maitara’’, Jurnal Ilmiah Wawasan Pendidikan, 4 no.3 (2018).

Fakih, Mansour. Analisis Gender dan Transformasi Sosial, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Firdaus, Maulana., Rahadian, Rikrik. ‘’Peran Istri Nelayan dalam Meningkatkan PendapataanRumah Tangga ( studi kasus di Desa Penjajab, Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas,’’ Jurnal Sosek KP, 10 no. 2 ( 2015).

Gilarso, T., Pengantar Ilmu Ekonomi Makro, Yogyakarta: Kanisius, 2004).

Isnada, Perspktif Peran Perempuan dalam Menembus Ruang dan Waktu, Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, 2018..

Kebudayaan dan Departemen Pendidikan , Kamus Besar Bahasa Indonesia , Jakarta: Balai Pustaka,1998.

Maradou, Polaria., Aling, Djuwita R.R, Londong, Folrence V. ’’Peran Perempuan Penjual Ikan Keliling dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Kelurahan Tumumpa Dua Kecamatan Tuminting Kota Manado’’, Jounal Akulturasi, 5 no. 10 ( 2017).

Marbun, BN, Kamus Manajemen, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2003.

Muhibbin, Zainul. ‘’ Wanita dalam Islam’’, Jurnal Sosial Humoniora, 4 no. 2 (2011).

Parawansa, Khafifah Indar, Mengukur Paradigma Menembus Tradisi, Jakarta : Pustaka LP3ES Indonesia, 2006..

Resksoprayitno, Sistem Ekonomi Islam dan Demokrasi Ekonomi Jakarta: Bina Grafika, 2004..

Rizki Muhartono, Nurlaili. ‘’ Peran Perempuan Nelayan dalam Usaha Perikanan Tangkap dan Peningkatan Ekonomi Rumah Tangga Pesisir Teluk Jakarta’’, Jurnal Sosek KP, 12 no. 2 ( 2017).

Roadah. ‘’ Peranan Isteri Nelayan dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga di Kelurahan Lapulu Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara’’, Jurnal Al-Qalam, 19 no. 2 ( 2013)..

Setyawati, Novita Wahyu. ‘’ Potensi Peran Wanita Dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga Nelayan,’’ Jurnal Fame, 1 no. 1 (2018).

Sholahuddin, M, Asas-Asas Ekonomi Islam. Jakarta : PT Raja Grafindo Perseda, 2017.

Tasbichah, Ummi Luthfiyatut. ‘’ Partisipasi Istri Nelayan Pandega Sebagai Pengupas Rajungan Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Keluarga’’, Economics Development Analysis Journal, 4 no. 4 ( 2015).

Wibowo, Dwi Edi.’’ Peran Ganda Perempuan dan Kesetaraan gender,’’ Jurnal Muwazah, 3 no.1 ( 2011).

Yaqub , Hamzah, Etos Kerja Islam, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1992.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/palastren.v14i2.10007

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PALASTREN Jurnal Studi Gender

Creative Commons License
Palastren : Jurnal Studi Gender by Pusat Studi Gender STAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.