Penerapan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Diskusi Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan diskusi peserta didik kelas IX A MTs Raudlatusy Syubban Margoyoso pada mata pelajaran IPS dengan topik globalisasi melalui penerapan metode Snowball Throwing. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari empat tahapan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Snowball Throwing efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan diskusi peserta didik. Pada siklus I, rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis peserta didik adalah 65 dan keterampilan diskusi adalah 68, keduanya masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 80 untuk keterampilan berpikir kritis dan 82 untuk keterampilan diskusi. Keberhasilan ini ditunjukkan dari beberapa indikator, seperti meningkatnya partisipasi aktif peserta didik, kemampuan mengidentifikasi masalah, berpikir analitis, serta kekompakan dan kolaborasi kelompok.Faktor pendukung keberhasilan meliputi antusiasme peserta didik, suasana belajar yang interaktif, dan sarana pembelajaran yang mendukung. Dengan demikian, metode Snowball Throwing dapat diterapkan sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan diskusi pada mata pelajaran IPS.
Full Text:
PDFReferences
Ade Gustomo dan Sudarman. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Kompentensi Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen Sistem Pengoperasian. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 15(2).
Alfarisi, S., & Hasanah, U. (2021). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 6A Melalui Penerapan Metode Snowball Throwing pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 200301 Padangsidimpuan. Cybernetics: Journal Educational Research and Sosial Studies, 2(April), 1–10.
Brookfield. (2012). Teaching for Critical Thinking : Tools and Techniques to Help Students Question Their Assumptions.
David johnson, R. J. (2009). Cooperative Learning : Improving University Instruction by Basing Practice on Validated Theory. Journal on Excellence in College Teaching, 25(3).
Dianto, D. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Di Madarasah Aliyah Muhammadiyah 1 Medan. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 12(1), 34–44. https://doi.org/10.30596/intiqad.v12i1.4012
Ennis. (2011). Critical Thinking : A Streamlined Conception. Teaching Philosophy, 34(1).
Hopeman, T. A., Hidayah, N., & Anggraeni, W. A. (2022). Hakikat, Tujuan Dan Karakteristik Pembelajaran Ips Yang Bermakna Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 141–149. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.25
Jarjani Usman, Mawardi, Husna M Zein, R. (2019). Pengangtar Praktis Penelitian Tindakan Kelas.
Karim, A. (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Lie. (2020). Cooperative Learning : Mempraktikkan Pembelajaran Kooperatif di Ruang-Ruang Kelas. Grasindo.
Mardin. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keterampilan Mengemukakan Pendapat Peserta Didik pada Pembelajaran PKn di Kelas VI SDN 361 Buburan. Journal Education, 2(1), 29–37.
Muplihun, Dantes, & Lasmawan. (2013). Pengaruh Penerapan Metode Diskusi dan Snowball Throwinf Terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau dari Motivasi Belajar Pada Peserta didik Kelas VII SMPN 3 Selong. Jurnal Pendidikan Dasar Ganesha, 3.
Naina Rahma, Nur Indah Oktaviana, Putri Nur Fadhilah, Debi Apriliani, Maey Mulyati, A. M. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Snowball Throwing Dalam Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(12). http://www.nber.org/papers/w16019
Qatrunnada, S., Suharini, E., Geografi, J., Sosial, F. I., Semarang, U. N., & Artikel, I. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Pembelajaran Mitigasi Bencana Banjir Kelas X1 di SMAN 6 Kabupaten Tangerang. 11(1), 62–73.
Rachmawati. (2019). Pengaruh Model Snowball Throwing terhadap kemampuan Identifikasi Masalah pada Mata pelajaran IPS. Jurnal Ilmu Pendidikan.
Suharti. (2020). Snowball Throwing dan Peningkatan Aktivitas Peserta didik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia.
Wulandari, N. D. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta didik pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTsMiftahul Ulum Loram Kulon Kudus.
Yumpap, U., & Deril Alfiance Kaligis. (2022). Penerapan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(2).
Yusran, & Riyadi. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pembelajaran Snowball Throwing. Jurnal Penelitian Pendidikan.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/ji.v8i2.30038
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ijtimaiya Journal by Prodi Tadris IPS IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.