Mengembangkan Critical Thinking Peserta Didik Pada Pembelajaran Sosiologi

Lailatur Robihah

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang model problem based learning untuk mengembangkan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana PBL dapat mengembangkan berpikir kritis. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan jenis penelitian field research.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sosiologi dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning di MA Darussalam Demak terlaksana dengan baik. Hal tersebut terlihat pada peserta didik yang dapat menjelaskan dengan sederhana, membangun keterampilan dasar, menafsirkan serta menyimpulkan informasi yang diperoleh, membuat penjelasan lebih lanjut, strategi serta taktik. respon peserta didik dalam bertanya, menanggapi, menyanggah, dan menambahi jawaban yang sangat aktif ketika pembelajaran yang menggunakan PBL dibandingkan dengan sebelum menggunakan PBL

Full Text:

PDF

References


Ambarwati. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. pati: CV. Al Qalam Media Lestari.

Anggraini, Winda Nirwana, Agus Purwanto, and Anwari Adi Nugroho. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bulu Sukoharjo.” 2(1): 55–62.

Arina. 2022. “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN 010 Tembilahan Hulu.” pendididkan guru sekolah dasar 11(1): 122.

Cahyo, agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori Belajar Mengajar. jogjakarta: diva press.

Dr. Ahdar Djamaluddin, S.Ag., S.Sos., M.Pd.i dan Dr.Wardana, M.Pd.I. 2019. Belajar Dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center.

ika lenaini. 2021. “Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling.” jurnal kajian, penelitian & pengembangan pendidikan sejarah.

Ionita, Fani. 2020. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Sma Negeri 13 Medan.” jurnal biolokus 3(1): 245–51.

Johnson, Elaine B. 2008. CTL (Contextual Teaching & Learning) Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan Dan Bermakna. Jakarta: kaifa learning.

Kalsum, Umi. 2021. “Problem Based Learning Motivasi Belajar Fisika.” In Lombok Tengah: pusat pengembangan pendidikan dan penelitian indonesia.

Khoerunnisa, Putri, Syifa Masyhuril Aqwal, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2020. “Analisis Model-Model Pembelajaran.” 4: 3.

Linda Zakiah, M.Pd, Dr.Ika Lestari, S.Pd, M.Si. 2019. Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.

Malang, Siswa Mtsn, and Ricki Galih Pranata. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Pemahaman Siswa MTSN 3 Malang.”

Mulyana, Dedy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigm Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosiologi Lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nosich, gerald M. Learning to Think Things through a Guide to Critical Thinking across the Curriculum. new jersey: pearson prentice hall.

Nurkhairo, Hidayati. 2019. Model Problem Based Learning Digital Mind Maps. malang: media Nusa Creative.

Pelajaran, Mata, Fiqih Di, and M A N Sragen. 2023. “Implementasi Model Problem Learning (PBL) Dalam Menciptakan Daya Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MAN 1 Sragen Tahun Pelajaran 2022/2023.”

Praswoto, Andi. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian.

Sosial, Fakultas Ilmu, and Universitas Negeri Yogyakarta. 2016. “Pengantar Sosiologi.” : 7. https://staffnew.uny.ac.id/upload/198608172014042001/pendididkanbahan-ajar-add-sosiologi.pdf.

Suardi, Moh. 2018. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tazkirah. 2018. “Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Mengembangkan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Palu.”

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Jakarta:Kencana.

Yuafian, Reza dan Astuti Suhandi. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).” jurnal riset pendidikan dasar 03(April): 17–24.

Yusuf Falaq. 2021. Metodologi Penelitian Pendidikan IPS. kudus: MASEIFA Jendela Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.21043/ji.v8i2.29160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

Ijtimaiya Journal by Prodi Tadris IPS IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.