Mengembangkan Critical Thinking Peserta Didik Pada Pembelajaran Sosiologi
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Ambarwati. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. pati: CV. Al Qalam Media Lestari.
Anggraini, Winda Nirwana, Agus Purwanto, and Anwari Adi Nugroho. 2020. “Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi Melalui Problem Based Learning Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bulu Sukoharjo.” 2(1): 55–62.
Arina. 2022. “Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SDN 010 Tembilahan Hulu.” pendididkan guru sekolah dasar 11(1): 122.
Cahyo, agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori Belajar Mengajar. jogjakarta: diva press.
Dr. Ahdar Djamaluddin, S.Ag., S.Sos., M.Pd.i dan Dr.Wardana, M.Pd.I. 2019. Belajar Dan Pembelajaran. Sulawesi Selatan: CV Kaaffah Learning Center.
ika lenaini. 2021. “Teknik Pengambilan Sampel Purposive Dan Snowball Sampling.” jurnal kajian, penelitian & pengembangan pendidikan sejarah.
Ionita, Fani. 2020. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Pencemaran Lingkungan Siswa Sma Negeri 13 Medan.” jurnal biolokus 3(1): 245–51.
Johnson, Elaine B. 2008. CTL (Contextual Teaching & Learning) Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikan Dan Bermakna. Jakarta: kaifa learning.
Kalsum, Umi. 2021. “Problem Based Learning Motivasi Belajar Fisika.” In Lombok Tengah: pusat pengembangan pendidikan dan penelitian indonesia.
Khoerunnisa, Putri, Syifa Masyhuril Aqwal, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2020. “Analisis Model-Model Pembelajaran.” 4: 3.
Linda Zakiah, M.Pd, Dr.Ika Lestari, S.Pd, M.Si. 2019. Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.
Malang, Siswa Mtsn, and Ricki Galih Pranata. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Pemahaman Siswa MTSN 3 Malang.”
Mulyana, Dedy. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigm Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosiologi Lainnya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nosich, gerald M. Learning to Think Things through a Guide to Critical Thinking across the Curriculum. new jersey: pearson prentice hall.
Nurkhairo, Hidayati. 2019. Model Problem Based Learning Digital Mind Maps. malang: media Nusa Creative.
Pelajaran, Mata, Fiqih Di, and M A N Sragen. 2023. “Implementasi Model Problem Learning (PBL) Dalam Menciptakan Daya Berfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MAN 1 Sragen Tahun Pelajaran 2022/2023.”
Praswoto, Andi. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian.
Sosial, Fakultas Ilmu, and Universitas Negeri Yogyakarta. 2016. “Pengantar Sosiologi.” : 7. https://staffnew.uny.ac.id/upload/198608172014042001/pendididkanbahan-ajar-add-sosiologi.pdf.
Suardi, Moh. 2018. Belajar Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Budi Utama.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Tazkirah. 2018. “Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Mengembangkan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Palu.”
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Jakarta:Kencana.
Yuafian, Reza dan Astuti Suhandi. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).” jurnal riset pendidikan dasar 03(April): 17–24.
Yusuf Falaq. 2021. Metodologi Penelitian Pendidikan IPS. kudus: MASEIFA Jendela Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/ji.v8i2.29160
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ijtimaiya Journal by Prodi Tadris IPS IAIN Kudus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.