ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA STAIN KUDUS DALAM PERSPEKTIF ISLAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan khususnya berdasar dimensi kualitas jasa yaitu terdiri dari variabel-variabel: tangible (nyata), reliability (keterandalan), responsiveness (cepat tanggap), assurance (jaminan), empathy (empati) terhadap tingkat kepuasan mahasiswa STAIN Kudusbaik secara parsial maupun berganda.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 70 responden dengan metode probability sampling dengan caracluster random sampling.Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi liniear berganda. Hasil dari penelitian menunjukkan: Pertama, ada pengaruh yang signifikan antara variabel tangible (nyata), reliability (keterandalan), responsiveness (cepat tanggap) danassurance (jaminan), terhadap kepuasan mahasiswa secara parsial. Kedua: ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama kelima variabel independen tersebut terhadap kepuasan mahasiswa pada STAIN Kudus.
Kata Kunci : Kepuasan Mahasiswa, Kualitas Pelayanan, STAINKudus
ANALYSIS OF KUDUS ISLAMIC COLLEGE’S STUDENT SATISFACTION IN ISLAMIC PERSPECTIVE
Abstract
This article is meant to analyze the influence of service quality variables; tangible, reliability, responsiveness, assurance and empathy toward students satisfaction. Samples of this study are 70 students of Kudus State Islamic College taken by probability sampling method and cluster random sampling method. The data are analyzed using multiple linear regressions. Result of this study shows that variable of tangible, reliability, responsiveness, and assurance partially have significant effect toward student satisfactions. Secondly, together, those five variables have significant effects toward student satisfaction.
Keywords: Student Satisfaction, Service Quality, Kudus State Islamic College
Full Text:
PDFReferences
Ishak, Asmai. (2005). Pentingnya Kepuasan Konsumen dan Implementasi Strategi Pemasarannya.Jurnal Siasat Bisnis, Edisi I
Barnes, James G. (2003). Secrets of Customer Relationship Management (Terjemahan Andreas Winardi). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Hendrajana. (2005). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Rawat Jalan di RSUD Dr. Moewardi Surakarta (Tesis). Surakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Kotler, Philip. (2002). Manajemen Pemasaran Global. Edisi Indonesia. Jakarta: Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall.
Kotler, Philip and Keller, Kevin Lanc. (2006). Marketing Management. Twelfth Edition. New Jersey: Upper Saddle River.
Muhaemin. (2005). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan Nasabah PT. Bank BPD Jateng Cabang Surakarta (Tesis). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rais, Abdul Rozaq. (2003). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Rawat Inap: Studi pada Pasien RS. PKU Muhammadiyah (Tesis). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Soetjipto, Budi W. (1997). Service Quality. Jakarta: Manajemen Usahawan – Lembaga Management FE UI.
Sri Hadiati, Sarwi Ruci. (1999). Analisis Kinerja Kualitas Pelayanan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. I
Tjiptono, Fandi dan Candra, Gregorius. (2005). Service, Quality, and Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.
Tjiptono, Fandi. (1998). Strategi Pemasaran. Jakarta : Gramedia.
Sugiyono. (2002). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.
Susanto, Herry. (2001). Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah BPR BKK Karangmalang Kabupaten Sragen (Tesis). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Umar, Husein. (2002). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia.
Wahyuddin, M. dan Muryati, Ambar. (2001). “Faktor-faktor yang mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Klaten”. Jurnal Manajemen Daya Saing, Vol. 2, No. 2, Desember. Program Pascasarjana UMS.
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/iqtishadia.v9i1.950
Copyright (c) 2016 IQTISHADIA
Iqtishadia Journal Indexed by :
Iqtishadia : Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.